LCTM 2009, Ukir Prestasi Siswa!

Pembantu Dekan III FKIP UNTAD saat menyerahkan trophy kepada sang jawara

Pendidikan Matematika (HIMAPTIKA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Palu, sukses menggelar Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM) tingkat SMA/MA se-Kota Palu dan sekitarnya hingga ke babak Grand-Final. Kegiataan ini mulai berlangsung pada tanggal 2 Mei dan berakhir pada tanggal 11 Mei, yang dilaksanakan di Gedung Kesatuan Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Palu.

Kegiatan LCTM ini merupakan salah satu program kerja terbesar yang dilakukan setiap tahunnya oleh HIMAPTIKA. Hampir seluruh sekolah di Kota Palu ikut berpartisipasi dalam ajang bergengsi LCTM ini. Berdasarkan arsip panitia pelaksana kegiatan, telah terdaftar 15 sekolah, baik SMA/Madrasah Aliyah se-Kota Palu dan sekitarnya. Ada beberapa sekolah yang mengutus 2 team untuk perwakilan dari sekolahnya, sehingga total team secara keseluruhannya yaitu berjumlah 22 team. Ini sudah membuktikan bahwa, begitu antusiasnya pihak sekolah dan para siswa di Kota Palu ini, untuk mengasah kemampuannya dalam ajang LCTM di tahun ini seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Proses lomba terasa begitu menegangkan bagi para peserta lomba. Persaingan semakin terasa ketat dengan sikap heboh yang dilakukan para supporter di setiap tahapnya. Semuanya heboh, apalagi di babak Grand-Final, peserta lomba seolah-olah tidak ada yang mau kalah, selalu mencoba unjuk kebolehannya di dalam ilmu pasti ini.

Setelah melewati tahap kualifikasi serta tahap semi-Final, akhirnya empat team terbaik yang akan menuju ke tahap Grand-Final yaitu perwakilan dari SMAN 2 Palu, SMAN 4 Palu, serta SMAN Model Terpadu Palu team A dan team B.Detik demi detik pun berlalu, baik peserta, dewan juri, para pengamat dari masing-masing sekolah maupun para supporter pun semakin tambah heboh dan menegangkan, apalagi di babak rebutan pada tahap Grand-Final dilaksanakan di Lantai II Gedung KNPI itu. Pada hari itu juga sekaligus akan ditutupnya kegiatan LCTM tersebut yang dirangkaikan dengan pemberian hadiah untuk masing-masing pemenang.

Pelaksanaan lomba pun akhirnya tiba pada puncaknya yaitu di Grand-Final. Akhirnya, empat sekolah yang menjadi pemenang pada lomba ini yaitu SMAN Model Terpadu Madani Palu team B sebagai jawara, lalu SMAN 2 Palu di posisi runner up, dan SMAN 4 Palu sebagai juara tiga, serta SMAN Model Terpadu Madani Palu team A sebagai juara keempat.“Tentu saja saya sangat senang sekali. Kemenangan ini tentunya juga tidak lepas dari bimbingan guru kami dan dukungan dari semua pihak,” Ungkap Uswatun Hasanah, juru bicara dari SMAN Model Terpadu Madani team B, yang berhasil mengantongi poin tertinggi di Tahap Grand-Final. ”Harapan saya, semoga kegiatan seperti ini akan rutin diadakan setiap tahunnya,” Tambahnya lagi.Rio F. Pasandaran selaku ketua panitia LCTM 2009, mengaku bahwa kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar berkat dukungan dari semua pihak. “Salut dan bangga buat para panitia atas kerja kerasnya selama kegiatan, dan terima kasih yang mendalam juga dihaturkan kepada Bapak Drs.Baharuddin, M.Si selaku ketua prodi Matematika, serta segenap dosen yang telah memberikan arahan dan bimbingannya,” Ungkap Mahasiswa yang tengah kuliah di semester 4 itu.

Harapan terbesar Rio melalui kegiatan LCTM ini, agar mahasiswa matematika dapat menumbuhkan kembali nilai-nilai moral pendidikan yang pernah dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara. Terdapat teori Trikon yang meliputi, kolaborasi, berkepribadian, dan mandiri yang sudah seharusnya ditanamkan dalam benak siswa pada khususnya dan kita sebagai insan pendidikan harus memberi perhatian yang lebih pada dunia pendidikan saat ini. Harapannya lagi semoga LCTM tahun ini, mampu melahirkan matematikawan-matematikawan muda. Generasi saintis yang berakhlak dan berbudaya. Dengan Matematika, ayo kita ukir prestasi guna merumuskan masa depan bangsa!

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s