Training Motivasi Nasional

Peserta Training Tersihir oleh Tim STC

Berawal dari sebuah mimpi para Aktivis Dakwah Kampus (ADK) Unit Pengkajian Islam Mahasiswa (UPIM) Universitas Tadulako Palu, akhirnya kegiatan training motivasi Nasional bersama Setia Furqon Kholid dapat berjalan sangat LUAR BIASA. Mengapa saya katakan sangat luar biasa? Karena sebenarnya kami dari UPIM pada awalnya belum yakin bisa melaksanakan training yang sangat luar biasa tersebut. Di awal kepengurusan kami, sebenarnya kami berencana akan mengundang Asma Nadia/Helvy Tiana Rosa (Penulis Emas Indonesia yang sangat produktif), dengan sebuah program kerja berupa kegiatan pelatihan menulis buat pelajar/mahasiswa Kota Palu. Namun, ketika beberapa anggota UPIM (termasuk saya sendiri) mengikuti kegiatan Forum Studi Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN) yang ke XV, kami terinspirasi untuk mengundang Setia Furqon Kholid untuk memberikan training di Palu. Kami sangat yakin sekali jika kegiatan training dapat dilaksanakan di Palu, pastinya akan berjalan sukses. O iya, teman-teman sempat bertanya-tanya, “Kenapa gak ngundang Mba Asma Nadia atau Helvy Tiana Rosa aja? Kan dua kakak beradik itu lebih dikenal banyak orang, dibanding dengan Furqon?” Hmmm, kami memilih Furqon karena beliau hadir bukan hanya sebagai seorang penulis aja seperti dua kakak beradik itu, tetapi Furqon hadir sebagai seorang multi talenta, yaitu sebagai penulis, motivator, entrepreneur/bussinessman, teacher, dan lain-lain. Alhamdulillah, impian pengurus UPIM untuk mengundang Furqon bukanlah hanya sekedar angan-angan belaka, akhirnya kegiatan Training Motivasi Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2011 dapat berjalan dengan sangat RUAR BIASA.

Training yang dilaksanakan di Gedung Aula SMK 2 Palu (Jalan Setia Budi, Palu) ini, kalau menurut penulis dan beberapa rekan lainnya merupakan training motivasi nasional pertama yang diadakan di Kota Palu. Karena menurut pengalaman serta pengamatan saya selama saya tinggal di Palu, belum pernah ada satu pun yang mengadakan training motivasi dalam hal belajar, menjadi pelajar/mahasiswa sukses paripurna. Rata-rata yang pernah dilaksanakan di Palu itu hanya berupa training bisnis multi level. O iya pernah juga sih, Asma Nadia datang ke Palu, tapi cuma mengadakan training menulis tingkat SMA se-Kota Palu di Balai Bahasa Palu. Alhamdulillah saya adalah salah satu pesertanya (kalau gak salah di tahun 2007, waktu saya kelas 2 SMA :D).

Kembali kita bicarakan tentang training motivasi nasional. Alhamdulillah, kegiatan training dapat dimulai sekitar pukul 09.00 pagi. Waktu yang sangat cocok sekali dalam memulai sebuah acara.  Hal ini dikarenakan panitia telah mengimingi para peserta bahwa akan ada dorprize yang akan diberikan kepada 10 orang peserta yang datang lebih awal di kegiatan. Dorprize tersebut berupa buku bestseller “Jangan Kuliah Kalau Gak Sukses”. (Wah lumayan tuh dapet buku gratis. Sayangnya saya panitia! hehehe). Alhasil banyak peserta yang datang cepat supaya bisa mendapatkan buku JKKGS secara gratis.

Berbicara tentang seorang motivator di Indonesia, mungkin teman-teman semua lebih mengenai Pak Mario Teguh, atau Bong Chandra. Kita mengenal mereka berdua karena sering dilihat di TV atau di internet. Akan tetapi kalau Setia Furqon Kholid banyak teman-teman di Kota Palu yang belum mengenal beliau. Rata-rata yang mengenal beliau adalah anak-anak ADK saja. Alhasil, kegiatan yang dibentuk kepanitiannya selama kurang lebih sebulan ini, hanya bisa menghadirkan peserta sekitar 400-an orang. Tetapi kami dari UPIM tidak pesimis begitu saja, karena niat awal kami mengadakan training di Kota Palu yaitu bukan hanya mencari kuantitas semata saja. Tapi yang kami inginkan yaitu kualitasnya. Jadi meskipun pesertanya tidak terlalu banyak, yang penting harapan kami yaitu peserta training nantinya bisa menjadi pribadi yang berkualitas setelah mengikuti training motivasi tersebut.

Pelaksanaan training begitu khidmat terlaksana. Seluruh mata memperhatikan Kang Furqon saat memaparkan materinya. Begitu sangat menyenangkan kegiatan ini. Hal itu terlihat dari raut wajah para peserta, karena selama training Kang Furqon sering menyelipkan games2 seru saat training berlangsung. Ada juga Kak Komri, temannya Kang Furqon, yang sering menyelipkan games2 unik sebelum materi utama dipaparkan oleh Kang Furqon. Satu juga tak ketingggalan yaitu penampilan nasyid dari Tim Nasyid Mizan Voice (MIVO) yang membawakan beberapa nasyid keren. Pokoknya semua peserta training terhibur deh. Nggak ada yang bete sedikitpun, karena peserta selalu disuguhkan dengan hal-hal yang jarang mereka dengar dan rasakan (Palu gitoe loh!)

Satu pesan penting yang disampaikan oleh Kang Furqon yaitu, jadilah pribadi yang mandiri. Dalam artian yaitu jangan lah kita menjadi anak yang tergantung minta uang sama orang tua terus, sekali-kali kerja mencari penghasilan sendiri. Berupaya untuk bisa membayar uang sekolah dengan hasil keringat sendiri, karena sesungguhnya tangan di atas itu lebih baik daripada tangan di bawah. Bahwasanya memberi itu lebih Allah SWT sukai dari pada meminta layaknya seorang pengemis. Dengan memahami dan melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu 5 SETIA, maka bukanlah menjadi suatu hal yang mustahil bagi kita untuk menjadi seorang pribadi yang mandiri. Kelima SETIA tersebut yaitu, Spiritual Power (Kekuatan spiritual) yang membuatnya tetap berada di Puncak kesuksesan sejati, Emotional Power (Kekuatan emosional) yang menjadikannya mampu beradaptasi dengan diri dan lingkungannya, Financial Power (Kekuatan financial) yang mempertahankan ‘izzah atau kehormatan dirinya, Intellectual Power (Kekuatan Intelektual) yang mendasari setiap keputusannya, dan yang terakhir yaitu Action Power (Kekuatan aksi) yang menjadikannya seorang pemenang bukan pecundang, pemimpin bukan pemimpi.

Bagi teman-teman yang belum diizinkan oleh Allah SWT untuk mengikuti training tersebut, jangan kecil hati yah karena Insya Allah UPIM akan melaksanakan kembali training/seminar yang gak kalah kerennya dengan seminar motivasi nasional ini. Karena Insya Allah pada bulan Juni nanti UPIM akan mengundang kembali Kang Furqon untuk membedah bukunya yang berjudul “Jangan Jatuh Cinta tapi Bangun Cinta”. Don’t miss it ya teman-teman! See ya :D….

5 thoughts on “Training Motivasi Nasional

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s