Impian Lanjut S2 di Luar Negeri

Mimpi saya saat duduk di bangku SMP kelas III yaitu saya bisa lanjut sekolah di luar Kota Palu. Tapi, itu hanya sekedar mimpi. Tak pernah jadi kenyataan. Karena pada kenyataannya saya sekolah di SMAN 5 Palu. Ketika duduk di kelas XII SMA saya pun berimajinasi kembali agar saya bisa kuliah di luar negeri, atau paling tidak bisa kuliah di Universitas ternama di Indonesia, seperti UI, ITB, IPB, dan UGM. Mimpi hanya lah sebuah mimpi, dan harapan hanya tetap menjadi sebuah harapan, tak pernah jadi kenyataan tentang mimpi-mimpi bisa kuliah di luar. Akhirnya saya pun kuliah di Universitas Tadulako, Palu. Tapi, Alhamdulillah saya bisa kuliah di UNTAD dengan GRATIS karena saya mendapatkan beasiswa Eka Tjipta Foundation (ETF) selama 4 tahun.

Suatu kebanggaan dan kesyukuran bagi saya. Mungkin inilah cara-Nya melimpahkan rizki kepada saya. Daripada jauh-jauh kuliah di luar dan gak gratis, mendingan kuliah di Palu. Saat itu pun, saya belum banyak tahu soal beasiswa kuliah gratis di luar negeri, soalnya saat itu internet belum menjamur di Palu, tidak seperti sekarang ini.

Mimpi keluar negeri pun semakin menjadi-jadi saat saya menonton film laskar pelangi dan sang pemimpi. Film itu benar-benar membangkitkan semangat saya untuk kembali bermimpi kalau suatu saat saya bisa keluar negeri. Jujur, saya nggak tahan lagi tuk bisa jalan-jalan ke sana. Rindu pengen pegang salju, rindu pengen silaturrahim ke masjid-masjid yang ada di sana, rindu pengen ketemu saudara-saudari muslim di sana, rindu pokoknya dengan semuanya. Meski memang kebudayaan barat itu nggak semua ada bagusnya, tapi ada beberapa hal positif yang bias kita ambil, seperti dalam hal kefokusan. Orang-orang barat itu sangat fokus dengan aktivitas yang mereka lakukan. Kalau datang waktunya untuk party, mereka akan menghabiskan semalaman untuk party, dan jika datang waktu untuk belajar, mereka akan serius dan fokus menjalankan akivitas itu. Bukannya saya menyukai cara party mereka, tapi yang patut dicontoh dari mereka yaitu keseriusan dan kefokusan mereka dalam melakukan sesuatu. Itu yang patut orang Indonesia contoh. Hmmm masih banyak lagi hal positif lainnya.

Saat ini, saya kuliah udah di smester 6. Nggak lama lagi akan lulus kuliah. Targetnya sih Juli 2012, dan paling lama Desember 2012. Sempat sejenak merenungkan nasib saya selanjutnya. Apakah saya akan langsung kerja atau lanjut S2 dulu? Setelah melakukan beberapa pertimbangan, akhirnya saya lebih memilih untuk lanjut S2 ( hehehe… ini mimpi saya). Hmmm, moga aja tercapai. Meski saya rasa itu sangatlah impossible. Kadang saya berpikir, darimana saya akan membiayai kuliah  S2 saya nantinya? Apalagi saya berangan-angan agar bias lanjut S2 di luar negeri, tapi tentunya dengan bantuan beasiswa. Mimpi-mimpi itulah yang selalu memotivasi saya untuk selalu aktif, berkarya, dan kreatif dalam mengembangkan pengetahuan serta ketrampilan penting lainnya.

Terkadang, ketika saya lagi down atau merasa malas dalam beraktivitas, saya selalu memotivasi diri saya sendiri, supaya tetap menjadi anak yang kreatif, rajin, dan lain-lain, karena itu semua demi cita-cita saya selanjutnya. Saya tidak ingin mimpi itu hanya merupakan sebuah khayalan dan tersimpan sebagai mimpi yang kusam seperti buku yang terletak di dalam gudang. Saya ingin mimpi itu bisa menjadi kenyataan. Saya percaya, kalau kita yakin kita bisa, pasti mimpi itu akan tercapai. Begitulah kekuatan mimpi! Mimpi adalah nyawa dari sebuah raga. Mimpi lah yang menghidupkan raga-raga kita. Mimpilah yang memberikan kehidupan pada raga-raga kita. Karena mimpilah sehingga saya bisa hidup selama 20 tahun ini. Masya Allah… betapa dahsyatnya kekuatan mimpi. So, ayo lah bermimpi. Kemudian rubahlah mimpi itu menjadi sebuah kenyataan, jangan hanya ngimpi, kayak mimpi di siang bolong :p hehe…

Ya Allah, semoga hamba bisa lanjut S2 di luar negeri. Amin… Targetnya sih di negara-negara yang bersalju. Berharap sekali bisa menjadi inspirator bagi teman-teman dan adik-adik muslim lainnya. Yakinlah… Allah SWT itu mengikuti prasangka hamba-Nya. Kalau saya yakin bisa menggapai mimpi itu, insya Allah akan menjadi kenyataan. Kun fayakun!

4 thoughts on “Impian Lanjut S2 di Luar Negeri

Mari berceloteh :)

