MOZAIK-MOZAIK KEHIDUPANKU DI TAHUN 2011

Mimpi adalah kunci

Untuk kita menaklukan dunia

Berlarilah, tanpa lelah

Sampai engkau meraihnya…

(Laskar Pelangi, by Nidji)


Kalau mendengarkan lagu ini, bawaanku menjadi sangat bersemangat. Senyum sumringah pun muncul untuk menatap masa depan yang lebih cerah. Yakin banget deh kalau apa yang aku inginkan bisa tercapai. Mimpi itu seolah-olah ada di tanganku, dan terus tergenggam erat, hingga aku berazzam bahwa mimpi itu akan terwujud. Saat itu pun juga aku berkata dalam hati, “AKU YAKIN 100%, AKU PASTI SUKSES!”

Memasuki tahun 2011, tentunya aku harus mempunyai bekal yang bagus untuk persiapan dalam menjalani kehidupanku. Tahun 2011 adalah mozaik kehidupanku untuk melakukan suatu perubahan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Di tahun ini, aku kudu mengubah hal-hal yang buruk menjadi hal yang lebih baik, memperbaiki sesuatu yang ‘biasa’ menjadi ‘sangat luar biasa’, dan menyusun desain kehidupan yang lebih baik. Namun, itu semua tak semudah ‘membalikkan telapak tangan’! Banyak suka dan duka, serta pengorbanan yang akan dilalui untuk menggapai mimpi-mimpi itu. Hmmm, tapi bukan ‘Pujiati Sari’ namanya! Kalau mudah pantang menyerah begitu. Wah, bukannya aku sombong, tapi sifat ketidak mudah putus asa ini pun muncul berkat kata-kata mutiara Pak Mario Teguh, yang sering kali aku baca. Bagiku, kata-kata beliau, seakan mempunyai magnet atau energi positif yang akan tersalurkan kepada siapa saja yang membacanya. Kata mutiara yang selalu memotivasi aku untuk selalu semangat bermimpi atau berkarya yaitu diantaranya sebagai berikut.

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.

Jangan takut gagal, tapi takutlah untuk tidak pernah mencoba. Yang penting bukan berapa kali kamu gagal, tapi berapa kali kamu bangkit dari kegagalan.

Bicara soal revolusi di tahun 2011 ini, tentunya aku ingin semuanya terlaksana dengan baik. Perubahan-perubahan yang akan aku lakukan yaitu

  1. Menjadi hamba Allah SWT yang konsisten menjalankan perintah-Nya dan menjahui larangan-Nya, serta lebih banyak beramal lagi
  2. Menjadi anak yang lebih menuruti perintah dan menyayangi kedua orang tua
  3. Menjadi pemudi yang lebih dewasa, baik dalam perkataan maupun perbuatan
  4. Menjadi Mahasiswa yang berprestasi, baik secara akademik maupun non akademik
  5. Menjadi mahasiswa berwirausaha mandiri
  6. Menjadi Mahasiswa yang aktif di organisasi bidang keagamaan dan kepenulisan
  7. Menjadi mahasiswa yang gemar menyalurkan pengetahuan atau wawasan kepada keluarga, teman, dan masyarakat
  8. Menjadi pemudi yang lebih mencintai kebudayaan dan tanah air Indonesia
  9. Menjadi pemudi yang disiplin, kreatif, inovaif, kritis, aktif, bertenggang rasa dan bertanggung jawab
  10. Menjadi pemudi yang sabar, ikhlas, dan gemar menolong
  11. Menjadi pemudi yang konsisten dalam menjaga lingkungan sekitar
  12. 2011, tahun penguasaan bahasa
  13. 2011, tahun penuh karya tulis yang akan disalurkan di blog pribadi dan kompetisi menulis bergengsi
  14. 2011, tahun aku lulus TOEFL dengan skor ≥ 450 untuk persiapan belajar bahasa Inggris di Amerika via beasiswa IELSP
  15. 2011, tahun persiapan untuk hunting scholarship S2 di luar negeri

Agar daftar perubahan di atas bisa menjadi terwujud, tentunya aku harus menyiapkan  “Action Power”. Maksud action power di sini yaitu  kekuatan untuk beraksi, mengerjakan semua ilmu yang dimiliki, dan menuliskan perencanaan matang mengenai step-step konkret yang akan dilakukan. Hal yang paling urgen dalam action power yaitu, pentingnya aku mempunyai target-target yang akan dicapai, baik itu target bulanan maupun target pekanan. Hal ini penting, agar segala revolusi terlihat nampak jelas arahnya.

Itulah daftar perubahanku di tahun 2011 ini. Semoga apa yang diharapkan bisa berjalan dengan baik. Semuanya aku serahkan kepada Allah SWT. Biarlah Allah yang menentukan cita mana yang terbaik buatku. Aku mempunyai rencana, Allah mempunyai rencana pula untukku. Tugasku hanyalah berencana, berdoa, dan berikhtiar agar rencanaNya selajan dengan rencanaku. Jika tidak, biarlah Allah yang akan meluruskannya. Karena Dia yang paling tahu mana yang terbaik untukku.

Perubahan yang lebih baik, tentunya berawal dari diri pribadiku sendiri. Olehnya itu, aku perlu bersahabat dengan KOMITMEN, dan bersenang-senang dengan KONSISTEN. Karena mereka berdua adalah teman yang akan mengantarkanku meraih CITA dan CINTA. Semoga…

 

2 thoughts on “MOZAIK-MOZAIK KEHIDUPANKU DI TAHUN 2011

Mari berceloteh :)

