Delegasi Untad dalam Great Meeting NYL

DSC00879Untuk pertama kalinya organisasi Nusantara Young Leaders (NYL) melaksanakan pertemuan akbar (great meeting) pada 24 s.d. 27 Januari 2014 bertempat di Yogyakarta. Saat itu, Debi Ahyard Rinaldi menjadi satu-satunya delegasi Universitas Tadulako yang tergabung dalam organisasi berlevel se-ASEAN tersebut.

NYL merupakan organisasi mahasiswa yang bersifat non-profit, independen dan non-politik yang bergerak di dalam bidang kepemimpinan kaum muda dan pengabdian sosial. Organisasi ini diproyeksikan sebagai organisasi mahasiswa terbesar se-Asia Tenggara. Tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Untad ketika mahasiswanya  menjadi bagian dalam organisasi internasional itu. Di organisasi ini, sekiranya mahasiswa Untad dapat turut andil dalam menyuarakan dan berkontribusi menjadi agen perubahan negeri.

Menurut Debi untuk menjadi anggota NYL, ia perlu melewati serangkaian seleksi yang sangat ketat. Menurutnya ada 2 seleksi yaitu seleksi berkas dan wawancara. Seleksi berkas dilakukan secara online, sedangkan seleksi wawancara dilakukan via telepon. Setelah melewati serangkaian tes tersebut, tak disangka-sangka ia dinyatakan lolos dengan menyisihkan ratusan pendaftar dari berbagai daerah dan negara.

Dalam struktur organisasi NYL terdapat 5 departemen utama yaitu  Human Resources Development (23 orang), academic (22 orang), funding (15 orang), public relations (36 orang), dan media (22 orang). Kelima departemen ini menempatkan mahasiswa dari berbagai kampus yang sesuai kompetensinya masing-masing. Dalam struktur, Debi diposisikan menjadi anggota di departemen public relations.

Selama 4 hari di Jogjakarta, agenda utama mereka yaitu seminar, penyusunan program kerja (working meeting) selama satu periode ke depan, dan berwisata (field trip). Saat diwawancara oleh MT, Debi mengakui sangat bersyukur bisa mengikuti great meeting NYL. Menurut Debi, banyak informasi berharga yang diperoleh, diantaranya saat ia mengikuti rangkaian seminar. Ia memperoleh wawasan bagaimana menjadi pemuda masa depan yang siap menghadapi ASEAN Economy Community 2015. Ia diajarkan bagaimana menjadi penulis buku, dan mahir dalam membuat motivation letter serta curriculum vitae. Bagi Debi, semua materi yang diperolehnya sangat bermanfaat buat karirnya di masa yang akan datang.

“Sepulang dari forum ini, tentunya saya akan berbagi informasi kepada teman-teman di Untad, dan melaksanakan project yang telah diprogramkan dalam NYL,” Kata mahasiswa jurusan Teknik Elektro angkatan 2010 ini. Pnq

18 thoughts on “Delegasi Untad dalam Great Meeting NYL

  1. Benar Mbak… saya buka ko, nggak bisa juga… alhamdulillah Koneksi internet saya cepat ko… kenapa ya????

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s