Persiapan yang Matang Go To Amerika Gratis Via IELSP

Allah SWT belum ngizinin aku untuk ikut IELSP cohort 8 dan 9. Soalnya pas aku mau ikut, eh susah banget ngedapetin tempat tes TOEFL yang dadakan (Hmmm, begitu lah kalau persiapannya gak dari dulu). Insya Allah aku akan membuat persiapan yang matang kalau ada cohort 10 atau pun yang ke 11-nya. Ya Allah, May I am to be the next candidate for IELSP from Palu-Central Sulawesi. Soalnya persiapannya 1 tahun nih! (DEMI!!!).

Rencananya aku baru mau ambil toefl institional nanti bulan Juni 2011 ini. Ya Allah semoga gak sia-sia ikut tes TOEFL. Amin…Semoga aja bisa dapet skor melebihi 450. Pokoknya aku harus bisa kejar target skor itu. Alhamdulillah ikut prediksi tesnya udah pernah mencapai 410 dan 430. Setidaknya nanti bisa melebihi 450 lah, malahan aku berharap bisa mencapai 475, bcoz buat persiapan beasiswa S2 nanti.

Sedikit share buat teman-teman yang lagi hunting beasiswa IELSP. Nih ada sedikit info yang kudapatkan dari teman2 yang udah berpengalaman pergi ke Amerika.

Hmmm, alumni IELPS yang ng-share info IELSP atau sharing tentang beasiswa gratis ke Amerika itu sedikit banget. Entah karena mereka sibuk, atau tidak mempunyai kemampuan menulis, atau mungkin maaf  ‘pelit’ membagikan ilmunya ke orang lain. Tapi aku salut sama teman2 alumni yang meluangkan waktu tuk berbagi info di blognya mengenai program IELSP. The most person who had shared much info about IELSP, he is Bang Haeril Halim. Blognya: http://www.haerilhalim.wordpress.com (makasih Bang ALi,,, yang udah share info seputar IELSP).  Dari sekian banyak alumni IELSP, Bang Ali lah yang paling banyak berkontribusi membagikan ilmunya setelah mengikuti program IELPS. Patut dicontoh tuh sama alumni yang lain!!! Karena semestinya, mereka berkewajiban untuk sharing ilmu sepulangnya ke tanah Air. Jangan hanya sibuk dengan urusan sendiri.

Oke, kembali ke program IELSP. Masih dipertanyakan, apakah akan ada batch 10-nya atau tidak. Pokoknya tunggu-tunggu aja deh! (Ya Allah semoga program itu berlanjut. Amin). Aku pengen banget bisa jalan-jalan ke LN terlebih ke Amerika. Ya Allah help me please…Tinggal setahun lagi nih aku kuliah. Setidaknya ada nice experience sebeLum lulus.

O iya untuk mengetahui info tentang ILESP, bisa teman-teman dapatkan di website IIEF (www.iief.or.id). Tapi sedikit info akan aku kasih tahu buat teman-teman semua. Beasiswa IELSP merupakan beasiswa yang disponsori penuh oleh U.S. Department of State alias GRATIS-TIS!!!. Dan di organisasikan oleh IIEF (The Indonesian International Education Foundation), Jakarta.

 

>Persyaratan Program Beasiswa IELSP adalah:

Peserta harus berumur 19-24 tahun.

Aktif sebagai mahasiswa S1 minimal tahun ketiga (semester 5) dan belum dinyatakan lulus atau sedang menempuh sidang kelulusan.

Nilai TOEFL ITP atau TOEFL International minimal 450.

Memiliki prestasi akademik yang baik dan menguasai komputer.

Memiliki sifat-sifat aktif, mandiri, bertanggung jawab, percaya diri, dan berpikiran luas.

(Lebih lengkapnya ada di formulir)

Beasiswa ini meliputi:

1. Tiket Perjalanan PP Indonesia-USA

2. Akomodasi

3. Kuliah Bahasa Inggris (2 Months Short Course), juga terbuka lebar kesempatan untuk mengembangkan link di Master Degree sesuai prodi masing2

4. Cultural Program, bersama mahasiswa dari negara lain such as jepang,china,UEA,amerika,afrika,negara2 eropa, dll.

5. Keg Rekreasi atau Kunjungan ke tempat-tempat ternama di United States.

6. Uang saku selama dua bulan

7. Kartu mahasiswa yg bisa mengakses semua fasilitas kampus “free”, antara lain: makan di dining hall kampus, fasilitas olahraga, dll

8. Menjadi wakil indonesia dalam ceremony yg diadakan di sana.

9. Merasakan tinggal dan bersosialisasi di apartment dan lingk kampus yg nyaman dgn warga Amerika, imigran, dan warga mexico ^,^

Setiap tahun sekitar 2000 lebih berkas yang masuk sebagai pendaftar. Karena persaingan cukup ketat maka hanya sekitar 60 mahasiswa yang diterima.

Kalao pengalaman Batch 7 tahun kemarin, ada 3 universitas yang ditawarkan :

1.Ohio University

2.University of Arizona

3.University of South Carolina

Nah, pendaftaran biasanya dibuka pada bulan Januari atau Oktober (Biasanya 2 kali dalam setahun)

oya, karena banyak teman2 yg menanyakan,
untuk masalah nilai TOEFL, yg diakui hanya INTERNATIONAL TOEFL ATAU ITP (bisa salah 1),, jadi kalo bisa jangan pake prediction test ato ELPT

Pengumuman dan Formulir bisa di download di http://www.iief.or.id

(Aku udah download dari sekarang, dan ancang2 memang segala persiapannya. Pokoknya harus matang! jangan setengah-setengah)

AMERIKA, I WILL BE COMING. INSYA ALLAH😀

(Biar aja tinggi mimpiku. Karena mimpi akan memotivasi kita untuk menggapai apa yang kita inginkan)

Ingat, bahwa Allah SWT mengikuti prasangka hamba-hambanya.

15 thoughts on “Persiapan yang Matang Go To Amerika Gratis Via IELSP

    • Hai juga. Salam kenal… Iya lagi hunting scholarship nih… Hmmm mengenai tips kiat-kiat TOEFL nanti kalo saya udah bisa ngedapetin TOEFL di atas 450. Hehe… Kan saya beLum berpengalaman kalo sekarang. Baru rencana ambil tes TOEFL bulan Juni mendatang.

  1. sari, ak grantee cohort 9, kmrn blum tes toefl tp gpapa kog, asal notifikasi iief, smp skrg aj ak blum kirim tes toefl nya, iief kn yg nylenggarain smua tes toefl, so mgkn dah tw dr sna..semngat ya😉

      • mas,klo nyerahin hasil toeflnya itu boleh selang brp lama dari nyerahin berkas ?
        soalnya aku ikut tes toefl kmren tpy ga yakin sama hasilnya,jadi rencananya mau tes tofl lgy gtu..tapi mang toefl harus bener2 bolehnya 1 bulan hanya sekali ya?

  2. Nah itu dia…Di kotaku lama banget ngadain tes TOEFLx… Saya tgl di Palu- Sulawesi tengah….
    IYa,, saya berharap banget bs lolos di batch 10 atau 11 nya…Amin

    • Iya semangat ya. Kita berjuang sama2…
      dan persiapkan sebaik mungkin….
      Kalo pengalaman2 kakak tgkat sy, rata2 mreka mendptkn beasiswa ini ketika mendaftar 2 kali bahkan lebih…Sepertinya pihak penyelenggara melihat kegigihan kita dlm mengikuti beasiswa ini. Krn kegigihan adalah salah satu ciri-ciri seorang leadership…

  3. hai sari! aku juga nyoba cohort X kemaren tapi gagal ehehehe. kamu semester berapa sekarang? kira2 cohort XI nya kapan ya?

    tetap smangat ^^

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s