Tips Memenangkan Beasiswa IELSP

Assalamu’alaikum wr. wb.

Dear sobat-sobatku se-tanah air. Terima kasih kalian telah bertandang ke istana dunia mayaku. Menurutku, kekuatan mimpi untuk bisa ke Amerika lah yang mengantarkan kalian semua hingga pada tulisan yang amat sederhana ini (HayoOoo ngaku? Pengen banget bisa ke luar negeri kan? atau pengen banget mau ketemu Barack Obama? hmmm atau mungkin pengen ketemu artis dan aktor di sana? :))

Dear sobat-sobatku yang sungguh luar biasa… keberanianku untuk menulis artikel ini yaitu, bukannya karena aku pernah jadi alumninya, tapi aku punya sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara memenangkan beasiswa IELSP atau kandidat seperti apa yang penyelenggara inginkan. Honestly, aku gak pantes bahas tulisan soal beasiswa ini, wong aku bukan alumni beasiswa IELSP, Hehehe🙂 but wish me luck to be the next candidate of  IELSP. Amin…

Berdasarkan pengalaman, atau informasi-informasi yang kudapatkan dari blog-blog para alumni IELSP, dan juga dari hasil interview (cieee… so jadi peneliti ini ceritanya), mahasiswa yang berpeluang besar dalam memenangkan beasiswa ini yaitu mahasiswa yang kuliahnya gak hanya sekedar DATANG, DUDUK, DIAM, DENGAR, dan PERGI-PULANG NGAMPUS di bidang akademik (aktivitas umum perkuliahan) saja. Tapi yang lolos pada beasiswa ini adalah mahasiswa yang AKTIF bahkan super aktif (maaf bukan hiper aktif ya kayak anak autis :)) baik di bidang akademik maupun non akademik. Ingat bahwa, memiliki IPK TINGGI bukanlah satu-satunya penentuan beasiswa ini, tapi tetap IPK standar yang mereka patok yaitu sama/lebih dari 3,00 . Malahan ada beberapa statement dari para alumni bahwa katanya terkadang penyelenggara tidak terlalu berpatok pada nilai IPK kalian yang terlanjur amat tinggi, TAPI bagaimana kalian kuliah itu bisa bergelut atau ikut aktif pada bidang-bidang lain. Misalnya;

  1. Selain melakukan aktivitas perkuliahan seperti biasanya yang dilakukan di kelas, kalian juga aktif di organisasi baik itu intra maupun ekstra kampus. (Pada poin ini, penyelenggara melihat apakah kalian memiliki potensi sebagai seorang pemimpin atau tidak, sebagai orang yang dapat dipercaya dan bertanggungjawab atau tidak )
  2. Selain melakukan aktivitas perkuliahan seperti biasanya yang dilakukan di kelas, kalian juga aktif pada event atau lomba-lomba yang mana dapat meningkatkan potensi yang dimiliki. Seperti ikut lomba karya tulis, lomba melukis, dll. (Pada poin ini, penyelenggara ingin mengetahui potensi WAH apa yang kalian miliki untuk memajukan negeri ini. Kreativitas apa yang dapat kalian ciptakan untuk ke depannya)
  3. Selain melakukan aktivitas perkuliahan seperti biasanya yang dilakukan di kelas, kalian memiliki kerjaan sampingan, entah itu usaha mandiri ataupun jadi karyawan. (Pada poin ini, penyelenggara ingin mengetahui apakah kita adalah pribadi-pribadi yang mandiri? Ih, kan malu! masa udah kuliah gak pernah usaha sendiri dulu. Bisanya hanya mengadahkan tangan ke ortu. Ma/pa minta uang🙂 Hmmm memalukan! hehe..)

Pada ketiga poin di atas, bukan berarti kalian harus berada pada ketiga-ketiganya. Akan tetapi diharapkan kalian berada pada salah satu poin di atas. Pada poin ketiga di atas, penyelenggara beasiswa IELSP pengen mengetahui bahwa kalian tidak hanya EGOIS pada DIRI PRIBADI SAJA, dalam artian egois mengembangkan kemampuan PRIBADI doang aja! Tapi yang diharapakan ADALAH KALIAN BISA MENYEIMBANGKAN, MENJADI PRIBADI YANG UNGGUL DALAM BIDANG PERKULIAHAN (AKADEMIK) dan JUGA DI BIDANG NON AKADEMIK. Sumbangsih apa sih yang bisa kalian lakukan/berikan untuk orang lain semasa kalian kuliah??? Kadang juga, “SIFAT KREATIVITAS” yang kita miliki MENJADI POIN PENTING dalam memenangkan beasiswa ini. Yah mungkin kalau digabung sih, alangkah baiknya begini; “CERDAS+AKTIF+KREATIF++SIFAT-SIFAT KEPEMIMPINAN LAINNYA”

Setahui penulis, beberapa beasiswa yang ada itu memeliki berbagai tujuan, tergantung dari penyelenggaranya. Ada yang mengutamakan nilai-nilai kepemimpinan, ada juga yang lebih mengutamakan kemampuan kecerdasan/daya nalarnya saja, dll. TAPI pada beasiswa IELSP ini, penyelenggara meng-hunting PRIBADI-PRIBADI YANG MEMILIKI NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN YANG BAIK, tapi tanpa menduakan juga kemampuan akademik di kampus. Itu terbukti bahwa yang lolos IELSP itu rata-rata aktivis organisasi+peserta lomba, namun baik juga IPK-nya ya minimal 3,00.

JIKA SOBAT-SOBAT SEKALIAN BERADA PADA ZONA DI ATAS, MAKA JANGAN RAGU-RAGU MENCOBA BEASISWA IELSP!!! Karena kalian lah yang dinanti-nanti oleh penyelenggara. Maka persiapkan lah sebaik mungkin apa-apa yang dibutuhkan (Hihihi…padahal aku juga baru nyoba *Tuing…)

Jika kalian telah memenuhi syarat-syarat dalam mengikuti beasiswa ini, maka SATU HAL lain yang tidak kalah penting adalah “KEKUATAN ESSAY kalian” yang ada dalam aplikasi beasiswa tersebut. Karena melalui essay lah, penyelenggara dapat mengetahui serta memahami siapa kalian sebenarnya. Olehnya itu, KEMASLAH DENGAN SEBAIK MUNGKIN Essay sobat-sobat sekalian. Mengemas essay dengan baik, bukan berarti kalian diminta untuk membuatnya dengan perfect, Tapi tidak juga dibuat berantakan. Namun hendaknya dibuat secara lugas dan mudah dipahami. Ingat di sini, penilaiannya bukan hanya pada kemampuan bahas inggris kalian, tapi pada ISI/konten essay kalian tersebut. Buat semenarik mungkin Essay anda. Paparkan apa yang ada pada diri sobat-sobat. Istilahnya, apanya yang “WAH” dari kalian yang tidak/jarang dimiliki oleh orang lain. Hingga penyelenggara tertarik untuk memanggil kalian untuk mengikuti tahap selanjutnya (wawancara).

Oke sekian dulu. Mungkin hanya itu yang bisa kusampaikan. Tulisan ini mungkin ada sambungannya. Soalnya aku belum memberikn tips-tips pada tahap wawancaranya (mau nanya-naya dulu sama yang berpengalaman :D). Maaf  ya jika ada kata-kata yang kurang berkenan…Melalui beasiswa ini, kita berjuang sama-sama sobat! Semoga aku bisa memenangkan beasiswa IELSP, dan semoga kalian juga demikian, supaya kita dapat berjumpa di Amerika nantinya (Hihihi…:D)

Oke see you later in Amerika😀

Selamat berjumpa pada puncak kesuksesan….Keep spirit!

25 thoughts on “Tips Memenangkan Beasiswa IELSP

    • Wah, bearti tgl selangkah lagi dong..Ayo semangat, tetap mencoba…dan persiapkan sebaik mungkin….
      Kalo pengalaman2 kakak tgkat sy, rata2 mreka mendptkn beasiswa ini ketika mendaftar 2 kali bahkan lebih…Seperti pihak penyelenggara melihat kegigihan kita dlm mengikuti beasiswa ini. Krn kegigihan adalah salah satu ciri-ciri seorang leadership…

  1. haloo mbak…
    duhh,,telat nii baca info tentang beasiswa ielsp,,padahal belum sempert memperbaharui sertifikat toefl,,kalo terakhir ikut toefl SMA kelas 3 gimana yaa,,masih berlaku engga????😦

    • TOEFL SMA kelas 3 waahhh udh ga berlaku lg dong!
      Kan masa berlaku toefl itu kan 2 tahun. Jd mba mesti tes lagi…:)
      Blm terlambat kok, deadline beasiswa ini smpe 18 nov

  2. mkasihhh mbakkk jazakillah khoir ya ukht………. sempet mau mundur setlah bc tulisan2 mbk….jd
    semgatttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt……sukron ukht…..

  3. Salam,,,
    Kak,,, syaratnya harus punya kemampuan B.Inggris dg baik ya ????
    Kalo bhs inggrisnya pas-pasan kek mana, kak ?? Apa bisa ?

    Tq atas jwbnnya.

  4. .emmmm….makin menggebu nieh keinginan untuk pergi kluar neger(dapet beasiswa)
    .ksi info k e-mailQ ya ukhti, low da info beasiswa 2012..
    .thaks alot….:)

  5. Kak pujiiiiii infonya bermanfaat sekaliiiiii ☺ oya ielsp ini sama gak ya dgn yg namanya program belajar Aiesc??? Terus program ini,free sampe akhir kah,maksutnya include sama tiket penerbangan PP ya kan.. Hihi..

  6. makasih info’a kak, sangat bermanfaat. oh ya, kalau cuma punya kelebihan di bidang wirausahawan apa termasuk memenuhi syarat? sedangkan pengalaman organisasi tidak ada.

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s