Tips Beasiswa IELSP (Part 1 Versi Nurona ^_^)

Tips beasiswa IELSP versi Nurona Ceria😀
Sobat-sobat sekalian para pemburu beasiswa, Alhamdulillah setelah  membujuk rayu sobat fb saya yang bernama Nurona  untuk menuliskan tips-tips beasiswa IELSP, akhirnya dia mau juga berbagi informasi mengenai beasiswa itu. Kalo mau jujur sih, hanya satu dua orang saja yang mau berbagi pengalamannya. Padahal kan, dengan semakin banyaknya tips-tips, malah bisa membuka lebar kesempatan, supaya semakin banyak yang diterima di beasiswa tersebut. Saya yakin pula, setiap alumni punya versi masing-masing, seputar pengalaman saat mengurus berkas-berkas beasiswa, tes TOEFL yang membutuhkan ekstra perjuangan, ketika harus memilih antara mau buat essay atau ngerjain tugas kampus/ UAS. Olalaaaaaaaaa, pastinya penuh perjuangan dan pengorbanan🙂

Berikut nih tips-tips versinya Nurona🙂 yang saya kopas dari blognya; http://nurona89.blogspot.com/

1. 1 step baca profil IELSP yang lengkap, ketentuannya, dan kira-kira “cari” bagaimana kita bias buat nilai tambah-nya

2. 2. Download document-nya. Isi keseluruhan. Tulis urgensitas-nya dari most urgent, more urgent, average urgent, less urgent

3. 3 Menurut penulis yang paling urgent à test TOEFL ITP (lihat di) karena biasanya bias dilakukan jika sudah terkumpul 10 orang-lebih dengan biaya per oranh 300 ribu-350 ribu. Hasil bias diambil sedikitnya 2 minggu setelah test – biasanya 2 minggu lebih 3 hari. ITP adalah test TOEFL yang diakui di dunia^^, biasanya bertahan 1-2 tahun terserah keinginan scholarship ownernya

4. 4. Belajar TOEFL yang sungguh sungguh. Jika waktu deadline masih panjang focus saja di TOEFL, jika tidak fokuslah ke dua-duanya. Saya belajar TOEFL Cuma 1 hari, jadi hasilnya juga kurang satisfaction.

5. 5. Wajib ‘ain mengorbankan beberapa ratus ribu buat beli buku toefl/ kalo saya waktu itu “pinjem di perpus” heheh. Di dalam buku toefl pasti ada kiat-kiatnya. Saya salah satu orang yang menggunakannya berhubung I’m not enough good in English

*pada saat saya apply beasiswa ini, jujur saya mengajak beberapa orang, tapi mereka semua mundur/ hanya saya seorang gara-garanya “harus bayar dan mereka udah piker ‘iya kalo diterima’, GAK SIAP (kalo gitu paksa saja, kapan mau siapnya hayo, ambil resiko. Kata Pak Purdi E Chandra: Buat DUlU baru DIPIKIR).

6. 6. Setelah TOEFL, atau saat belajar TOEFL, buatlah surat aktif dan legalisirlah KHS-nya. Kebanyakan anak-anak khan pake system kebut. Nah untuk IELSP sangat tidak disarankan system kebut itu, 95% Anda bias gagal/ jika berhasil dan saya sangat berharap demikian karena ada sekitar 3000an lebih applicant disana. Kalo administrasi Anda hanya average bagi mereka siap-siap saja… so prepare well.

7. 7. Then, cari dosen-guru kursus-orang berpengaruh yang bergelar ajaklah buat jadi reference letter, isilah reference letter-nya 3-5 orang, jangan 1!!!!!!!! Oke…saya waktu itu 5 dosen; 1 dosen bahasa inggris, 4 dosen dari jurusan saya/saya dari jurusan Keperawatan. Jangan pernah malu buat minta ke mereka-karena kalian adalah calon grantee-kalo malu, mana mau IELSP ke kita..okey^^ IELSP untuk orang yang berpikiran luas, semangat tinggi, percaya diri^^ oke, belajarlah bersyukur okok. Diam tapi emas-lah^^

8. 8. Kalo reference letter, toefl, KHS, surat aktif udah…wahhh tahap berikutnya lebih berat kawan. Anda harus mengisi semua deskripsi tentang Anda – Haloooo ada 3000an lebih disana, bagaimana Anda menjadi bagian dari 72 orang itu!!!!! BUATLAH SEUNIK MUNGKIN, INGAT: SEMUA ORANG UNIK!!! INGAT ITU. jangan yang biasa-biasa saja, cari cari apa kelebihanmu.

a. Jika bisa kawan, semua kolom diisi jangan sampai ada yang kosong kecuali yang jelek2/ missal pernah g dikeluarkan atau ada keluarga disana. Oh ya, aku pernah dengar IELSP lebih dikususkan bagi orang yang belum pernah ke luar negeri atau pernah ke luar negeri tapi dalam jangka waktu sebentar/ teman-teman ada beberapa yang keluar negeri tapi sebentar^^

b. Kalo saya, berhubung saya organisatoris, ada beberapa prestasi. Nah isi semuanya. Dan kepanitiannya, beuhhhhhh meskipun itu kegiatan kecil, isi semua.. coba coba ingat kalo ada yang lupa oke. Oh ya sertifikat di fotokopi saja g pake legalisir, itu aku dulu^^

c. Deskripsi anda JANGAN DIREMEHKAN yak. Biasanya IELSP suka orang berwawasan luas, keliatan dari isinya ntar. IELSP biasanya suka ke applicant yang kurang mampu, ada kelemahan yang buat dia semangat. Intinya kelemahannya dijadikan kekuatan dia bukan dijadikan alas an untuk mundur. Dan yang paling penting, isi yang bagian hubungan IELSP dengan jurusanmu. Jangan hanya untuk pekerjaan, untuk melanjutkan studi, Beeeeeee semua gitu jawabannya..buat keunikan lain..cari cari cari di internet…gugling kawan. Sebenarnya apa sih hubungan English or America with ur study.

d. Isilah sebanyak yang kamu bisa. Jika hanya ada 10 lembar form, saya mengisinya dengan 25 lembar… isi selengkap-lengkapnya karena itu kunci anda ke tahap interview. Banyak applicant hanya lolos tahap 1/ dari 3000 ada 366 an yang lolos tahap satu dan hanya 72 lolos tahap 2. Nah karena apa? Itu karena jawaban mereka tidak sesuai or kurang dijelaskan/diangkat dalam tahap administrasi anda (ntar saya jelasin untuk tahap 2 yak)

9. 9. HALOOOOOOOO……..Guys ada 3000an lebih pelamar, apa yang harus Anda lakukan untuk semakin menarik 4 JURIES????????? Ya ya ya, buatlah “eyecatching” buatlah dokumen Anda seperti bunga mawar merah diantara ribuan putih atau SAPI UNGU!!!!!^^ hiasilah dokumen Anda seperti saat Anda membuat proposal ke perusahaan!!! Jujur saya untuk mendapatkannya, butuh kira2 waktu 3 mingguan/ 1 bulanan lah untuk dapat ini. Anda harus tahu jika saya ikut cohort 8 dan saya gagal di tahap 2. Jadinya saya semakin matang, So, sedikitnya saya benar-benar mempersiapkannya dalam waktu 2-3bulan!!! Tapi sudah ada ini guys, anda bisa membuatnya dalam waktu 1-2 mingguan^^.

10. 10. Jilidlah memakai spiral, modifikasilah dokumen Anda tanpa MERUBAH sedikitpun susunan atau format dokumen sebelumnya. Buatlah daftar isi sendiri^^

11. 11. Oh ya, untuk foto nih, ka nada ribuan orang tuh..nah gimana caranya para PURIES udah tertarik pada pandangan pertama? Yayayayya….pilih foto yang terunik, foto saya waktu itu lagi ‘bergila’ dengan teman-teman saya, tapi gambar mereka saya blur-grey color hanya saya saja yang warnanya mencolok^^

12. 12. Udah deh dikirim^^ oh ya, kalo ada pertanyaan, guyssssss Tanya saja ke saya yak.

13. 13. Kalo ngirim yang kilat yak, oh ya, deadline ini bukan cap pos lohhh…so jika deadlinenya 1 november 2011, anda setidaknya harus ngirim 3 hari sebelum deadline…tapi saya saranin, 1 minggu sebelum deadline yak…kalo saya dulu 3 hari sebelum deadline inshaAllah. Hehhehe. But dun worry jika mepet banget, 2 hari sebelum g papa/ ih nekat banget nih anak. Tapi berdasar testing anak2, banyak juga ko yang H-1…hiiiiiiii jangan guys……pilih aman yak…ada ribuan applicant disana.

14. 14. Masukkan semua yang bisa kamu masukkan tanpa membuat orang itu mual,

15. 15. Oh ya untuk toefl, meskipun lowest gradenya 450… dan jika hasilnya kurang dari itu, teteplah coba apply… menurut saya meskipun itu wajib itu hanyalah untuk kewajiban saja buat nantinya diserahkan ke Amerikanya-buat ditentuin kelas Anda bung…kelas A B or C, average, high or super^^… bisa dijelasin di deskripsi Anda napa TOEFL anda jeblok dengan tetap memerlihatkan kelebihan English Anda….oke oke. Misal saya dulu gini: realy, I like reading journals. So burdening even though interesting, why? Absolutely because to understanding/ not just know I need at least 1 hours to read 5 pages only!!! Nah kan keren tuh alasannya. Heheh

16. 16. Berdoa, ikhtiar, dan guyssssssss SEDEKAHLAH… udah deh SEDEKAH… manjur inshaAllah setelah dibarengi usaha keras anda… semangat terus semangat yak

17. 17. ISI DENGAN ENGLISH !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

18. 18. Huummm, sedikit lupa pengumumannya kapan…inshaAllah 2 minggu apa 1 bulan setelah apply…lebih baik Tanya ke CP yak..ato ntar saya posting lagi^^ ntar anda dihubungi CP IELSP isilnya “SELAMAT” hohohohoho…langsung chest stabbing sujud syukur^^

16 thoughts on “Tips Beasiswa IELSP (Part 1 Versi Nurona ^_^)

  1. assalamu’alaikum..
    kalo saya gk pernah ikut organisasi gto gmn?
    alesannya bukan gk bisa sosialisasi, cuma krn gk pengen kuliah terganggu..
    selain itu yang published article gto bisa kita isi apa yah?
    tlg bantuannya ya? bener2 ada niat buat nyoba..
    makasih🙂

    • Wa’alaikumsalam…
      Sebenarnya aktif di organisasi mrpakan slh satu penilaian yg sgt berpengaruh dlm beasiswa ini. Biar cuma satu nggak ada mba? atau pengalaman kerja juga bisa.
      Sebenarnya, kuliah dan organisasi bs jalan berbarengan manakala kita mampu memenejnya dgn baik, shg kuliah nggak terbengkalai.
      Apalagi dlm beasiswa ini , hal2 yg mjdi penilaian kpibadian yaitu leadership, aktif, PD, bertanggung jawab, dewasa, opened mind, dll..dan penilaian2 sperti inilah yg paling byk ada pd keorganisasian.
      Tapi byk kriteria yg dinilai, punya byk prestasi akademik n non akademik jg slh satu pnilaian yg urjen.

      Malahan ketika pas aq ikut sosialisasi ielsp, tim ielsp dr jkt bilang “kita tdk memilih seseorang yg kutu buku, yg hanya unggul dlm IPKnya aja,” yang jelas punya IPK yg gak jeblok, bolehlah IPK skitar >2,5

      Publish article bisa juga tulisan2 yg kita bikin pas kuliah. Tulisan sperti makalah yg kita buat untk tgs kampus, tapi ringkasannya yg dikumpul. Pokoknya smua tulisan yg kita buat sndri, yg ada di blog juga boleh…

      Dicoba aja sist,… aq jg baru nyoba kok. Aq cuma punya pengetahuan aja yg beginian cz udh byk sharing2 dgn para alumnix…
      wish us luck…btw dr kampus mana? smester brp? jurusan apa?🙂

  2. Assalamu’alaikum wr.wb
    ada yang punya contoh form aplikasi dari alumni ngaak butuh buat refrensi ngisi formnya. ? ada yang punya share yah please😥

  3. wah, berguna banget tipsnya. makasih ya …
    tapi tau gak, aku baru tau ada beasiswa IELSP ini kemaren. sebelumnya aku belum pernah ikut tes TOEFL, aku langsung daftar buat ikut tes hari minggu ini. Sempet ada pikiran ragu soalnya waktunya mepet banget, gak sampe 1 minggu deadlinenya. tapi aku pengen tetep usaha dulu. Kamu ikutan beasiswa ini juga ya??
    Di bagian yang Personal Statement dan Family Statement itu baiknya kita nulis pake bahasa kita sendiri yang gak terlalu baku tapi menarik, atau perlu bahasa inggris yang baku??

  4. oh iya toefl itpnya gak usah dilegalisirkan? deadlinenya tgl 18 november 2011 nih, saya mau kirim hari rabu ini😦 bagaimana mnurut mbak? apa tidak apa2?
    high school transcript report itu nilai ujian dari kelas 1 SMA ya?

  5. Jazakillah khair loh mba tips’a..
    saya mahsiswi HI Smt 1
    berminat bgt ikut IELSP tapi bru bisa d smt 5 ya??
    tak apalah..berarti punya byk wktu utk mmprsiapknnya..
    tips2nya brmnfaat bgt.
    InsyaAllah akan aku lgsg matangkn persiapan,, ^^

Mari berceloteh :)

