Mozaik Kehidupan Seorang Pemimpi (Part II)

Hari ini tanggal 4 desember 2011. Tepat pada pukul 7 pagi, saya dikejutkan oleh sebuah info yang terpampang di website IIEF. Huaaaa…ternyata pengumuman peserta yang lolos seleksi berkas untuk IELSP cohort X ini telah diumumkan. Dengan secepat kilat, saya pun mengklik tulisan berwarna merah yang ada di layar laptop. Secara seksama, saya perhatikan nama-nama yang gol. Subhanallah ada 800 orang yang lolos selksi berkas. Dalam hatipun saya berkata “APa nama saya ada? Apa Pujiati Sari ada? Siapa-siapa aja yang gol dari palu? Huahhh seambrek pertanyaan muncul. Secepat kilat, saya pun menekan tombol ctrl+F untuk memunculkan kolom pencarian. Langsung saja, saya mengetik nama saya. Memastikan apa nama saya berada dalam 800 orang itu. Hikkkkkkkkk ternyata gak ada😦

Rasa kecewa, pastinya ada. Tapi itu ga pantes buat saya! Apa itu namanya seorang pemimpi? Oh tentu itu bukan! Seorang pemimpi mesti punya nyali yang besar untuk menerima kegagalan. Gak ada kata menyerah bagi seorang pemimpi. Oke lah saya terima kalo saya nggak gol seleksi berkas. Tapi yang jadi pertanyaan besar buat saya adalah “sebenarnya apa yang menjadi alas pihak IIEF sehingga berkasku ditolak? Apa karena ada beberapa dokumen yang kurang lengkap, atau karena esai saya yang kurang nendang, atau prestasi/penghargaan saya yang masih sedikit, atau karena hasil toefl saya yang rendah, mentok di 450, atau karena keterlambatan saya ikut tes toefl???? Dari pagi hingga siang pikiran saya sungguh ga tenang. Saya pun mencari tahu dengan cara bertanya kepada alumni ielsp. Jawaban mereka bermacam-macam. Hingga perasaan galau itu tak kunjung juga reda. Selang ketika sore hari, ada seorang teman yang mengatakan kalau tanggal terakhir tes toefl yang diterima oleh pihak IIEF yaitu tanggal 23 november, sedangkan saya ngambil tesnya tanggal 26 november. ALHASIL SUDAH DIPASTIKAN ITU ADALAH KESALAHAN TERBESAR SAYA!!! Gak Tanya-tanya pihak IIEF terlebih dahulu. Sebelumnya, saya hanya dapat referensi dari alumni ielsp, kata beliau, dia pernah ikut tes toefl setelah 10 hari dari tanggal deadline berkas. Dan dia Alhamdulillah lulus. Tapi wallahu alam, mungkin aja seleksi cohort kali ini lebih ketat ya dibanding sebelumnya.

Dari jawaban teman saya mengenai kesalahan terbesar saya di atas tadi, perasaan saya pun menjadi plongggg! Alhamdulillah leganya! Akhirnya terjawab sudah. Itulah yang menyebabkan berkas saya ga gol. Jujur sih, sepertinya esai saya udah bagus. Makanya ga percaya aja kok berkas saya dibuang begitu saja. Padahal saya tahu kok, kalo pihak IIEF itu pastinya professional. Bisa memilih mana yang berkualitas dan tidak.

Alhamdulillah permasalahan selesai. Kini saatnya saya belajar dari kesalahan dan pengalaman. Biarlah ini semua saya alami. Saya yakin, di balik ini semua, ada rencana Allah yang jauh lebih indah untuk saya. Saya pun selalu optimis untuk mencoba IELSP cohort XI. Never give up bagi seorang pemimpi. Insya Allah Amerika akan kusembrangi di tahun 2012. Aamiin…. J

Detik ini, saat saya mengetik tulisan ini pada penghujung tulisan. Hati saya merasa lebih plong karena semua rasa telah saya tumpahkan dalam sebuah tulisan ini. Semoga bisa dijadikan inspirasi buat kita semua. Di tahun 2011, iya memang benar saya ga bisa ke Amerika, tapi Alhamdulillah bisa jalan-jalan ke Singapura berkat menang kompetisi Marina. Dan saya berharap 2012 saya bisa mewujudkan dan melanjutkan perjalanan saya selanjutnya, yaitu ke negeri paman sam. Semoga saja….

10 thoughts on “Mozaik Kehidupan Seorang Pemimpi (Part II)

  1. Assalamu Aliakum…..Alhamdulillah, bisa bertemu dengan tulisan2 Anda. Jujur saja, ini semua sangat membantu. Saya semakin yakin bahwa ternyata saya tidak sendiri. Amerika menjadi negara target impian sya. Sekarang saya baru mau masuk semester 4, dan sudah mulai berbenah untuk bisa apply IELSP di semester 5 nanti. Semangat Anda punya nilai tersendiri. Mungkin sedikit gila, tapi Semoga kita bisa bertemu suatu saat nanti-di Amerika. Aamiin ya rabbal alaminnn….;) Allah memeluk mimpi kita…. Salam kenal….

    • Wa’alaikumsalam…Salam kenaL juga Ayuriyusuf…
      Saya sangat senang sekaLi ketika bertemu para dreamer! Jujur, saya jadi tambah semangat!!!😀😀😀
      Seperti yg kamu katakan, saya juga jadi semakin yakin bahwa saya nggak sendiri! ada kamu, dll, juga tentunya ada Allah yang kan memeluk mimpi-mimpi kita..

      Hal ini pun semakin memantapkan saya; target tahun 2012/2013 GO TO AMERIKA via IELSP!!!
      Saya kan berjuang hingga titik darah penghabisan!!! (hihi😀 kedengarannya sadis banget ya, tapi ini nyata!)
      Saya ga akan orang lain mencuri mimpiku ini.
      Pujiati sari is the next candidate of IELSP cohort XI from Palu, central sulawesi🙂
      Amin…..

  2. ckckck…makin seru aja nhe blog… beberapa bln kmaren blm bxk yg comment pemirsa,,ckckck,,btw asslm,,n salam kenal smuax… skedar info,,, z adalah salah 1 org yg pernah joint d YEP(Indonesia -Asean,Jepang),, namun tahap seleksi IELSP tu nampak lbh rumit… n lagi dan lagi mnurut z IELSP lebih menjanjikan ..tdk hx skedar kamuflase se saat.. bkn berarti yang lain ngaa OK… so tergantung dr sudut mana kt memandang… keep spirit…kwn2 q… shape ur future… Indonesia butuh pemuda(di) seperti kt saat ini… insya Allah kt brtmu d cohort XI ^_^

    • Apa kamu yang waktu lalu berkomen di blog saya? Atau sering ngunjungin blog ini? Kok tau perkembangan blog saya ini? Iya sih, alhamdulillah blog ini makin hari makin banyak pengunjungnya.

      Iya salam kenal balik. btw kamu siapa? tinggal dimana? dan kuliah dimana? kemarin nyoba YEP, apa lolos ke Jepang?

      Aamiin semoga bisa menjadi grantee of IELSP cohort XI…

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s