Ketika Allah SWT Berpaling Dariku

”Apa benar ada Tuhan yang berpaling dari hamba-Nya? Atau kah hamba-Nya yang  berpaling kepada Tuhannya?” Aku membathin.

Aku pernah mengalami hal itu. Kegalauan yang amat sangat menyiksaku. Pikiran dan perasaan tak jelas arahnya. Yang bertumpuk hanyalah penyiksaan bathin.

Aku sering mengeluh dan menyesali kehidupanku selama ini. Mengapa aku sering bernasib buruk? Mengapa aku tak seberuntung mereka? Dan mengapa Tuhan seakan tak adil memperlakukan aku dalam hidup? Dari waktu ke waktu yang kurasakan, mengapa Tuhan semakin jauh dariku? Mengapa? Apa salahku hingga Tuhan menakdirkanku seperti ini?

Makin hari aku terlena dalam ketidakberdayaan. Aku berada dalam kegalauan dan keputusasaan. Aku bingung harus berbuat apa.

Hingga suatu ketika, segerombolan orang mengajakku untuk bergabung di suatu organisasi kampus. Bagiku mereka bagaikan malaikat yang menolongku tuk senantiasa berbuat kebaikan. Aku merasa tentram bersama mereka. Mereka mengajarkan aku banyak hal, diantaranya yaitu kepemimpinan, semangat bekerjasama, semangat beribadah, amanah dan tanggung jawab. Satu hal yang membuat aku bahagia jika berada diantara mereka, yaitu karena adanya ukhuwah islamiyah. Ukhuwah islamiyah hadir karena kita saling mencintai dan menyayangi karena Allah SWT.

Satu pelajaran penting yang aku dapatkan dari mereka yaitu bahwa Allah SWT tak pernah berniat tuk berpaling dari hamba-hambanya, namun yang menjadikan Allah SWT  berpaling adalah karena hamba-Nya lah yang berpaling dari-Nya. Maka, jika kita mengharapkan agar Allah SWT selalu berada di sisi kita, senantiasalah agar kita selalu dekat kepada-Nya. Jika kita dekat, maka Allah SWT akan dekat pula kepada kita. Jika kita dekat dengan-Nya, insya Allah kegalauan akan enyah dari hati kita sehingga yang meluap-luap hanyalah ketentraman hati yang mendalam.

               

4 thoughts on “Ketika Allah SWT Berpaling Dariku

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s