Pelaksanaan PPL Terpadu PPG MIPA BI Semester Genap 2011/2012

Ada yang berbeda dari pelaksanaan PPL Terpadu Program Profesi Guru MIPA BI (PPG MIPA BI) semester genap 2011/2012 ini. Jika di tahun sebelumnya, sasaran pengabdiannya kepada warga sekolah dan masyarakat di suatu desa/kelurahan, kini sasarannya berfokus pada warga/masyarakat sekolah saja. Dalam hal ini, mahasiswa sepenuhnya mengabdi di sekolah, baik melakukan praktek keguruan maupun pengabdian kemasyarakatannya. Mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WITA melaksanakan praktek keguruan, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pengabdian masyarakat sekolah yang berakhir pukul 18.00 WITA.

”Kami, mahasiswa PPL Terpadu PPG MIPA BI merupakan angkatan pertama yang melaksakan konsep seperti itu,” ucap Topan Setiawan, selaku koordinator mahasiswa PPL Terpadu PPG MIPA BI.  ”Menurut Tim penanggung jawab PPL Terpadu, jika konsep seperti itu berjalan dengan baik, maka pelaksanaan PPL Terpadu PPG MIPA BI ke depannya akan dilaksanakan sepenuhnya di Sekolah.”

Ada sebanyak 66 orang mahasiswa yang mengikuti PPL Terpadu PPG MIPA BI untuk semester genap 2011/2012 ini. Secara acak mereka ditempatkan di sekolah-sekolah yang berstatus sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Kota Palu. Sekolah yang dimaksud yaitu SMPN 1 Palu, SMPN 2 Palu, SMP Al-Azhar Palu, SMAN 2 Palu, SMAN 5 Palu, dan SMAN Model Terpadu Madani Palu.

”Selama 3 minggu ini, saya dkk telah melaksanakan program kerja berupa observasi lingkungan sekolah, praktek mengajar, penanaman pohon, dan pengadaan apotik hidup,”           kata Pujiati Sari, mahasiswa PPL Terpadu di SMAN Model Terpadu Madani Palu. ”Sedangkan beberapa program kerja yang selanjutnya akan dilaksanakan yaitu bimbingan belajar untuk siswa, pembuatan alat peraga/media pembelajaran, pembuatan papan slogan dan papan nama pohon, dan pembuatan prosedur keselamatan kerja di laboratorium,”tambahnya.

Realisasi/hasil program yang diharapkan dari pelaksanaan PPL Terpadu PPG MIPA BI ini yaitu pertama, dapat menghasilkan guru yang terampil. Kedua, memberdayakan warga sekolah dalam pemecahan masalah. Ketiga, produk hasil kerja berupa dokumen sebagai laporan selama pelaksanaan PPL Terpadu. Jika terwujud realisasi dari program ini, maka Universitas Tadulako akan menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas, yang mampu mengajar dengan menggunakan bahasa inggris dan metode pembelajaran yang efektif, sehingga nantinya siap menjadi guru untuk sekolah yang berstatus RSBI.

 

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s