DP2M Dikti Lakukan Monev Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Salah satu Kelompok PKM-P sedang mempresentasikan programnya

Salah satu Kelompok PKM-P sedang mempresentasikan programnya

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dikti (DP2M Dikti) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap setiap program yang telah mendapatkan dana hibah Dikti. Monev merupakan salah satu rangkaian penting dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang yang telah berlangsung sejak bulan Januari 2012. Monev ini secara resmi dibuka oleh Asmadi Weri, SH, MH, selaku Pembantu Rektor III UNTAD. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Senat Rektorat Universitas Tadulako, yang berlangsung selama dua hari, pada Senin (14/5) hingga Selasa (15/5).

Kegiatan yang berujung pada Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ini, dihadiri oleh 42 kelompok PKM yang berasal dari berbagai fakultas. Pada kegiatan tersebut, setiap kelompok mempresentasikan program dan kegiatan mereka dihadapan peninjau yaitu Prof. Dr. H. Farida Patitinggi, SH, MH. Melalui monitoring ini akan dilihat kemajuan program yang telah diusulkan dalam proposal PKM terdahulu.

Dr. Unggul Wahyono, M.Si, selaku moderator yang juga tergabung dalam Tim Monev UNTAD, mengingatkan para peserta  bahwa Monev ini sendiri merupakan salah satu bagian penting dan sangat berpengaruh  dalam ajang PIMNAS mendatang. “Hasil monev ini akan sangat menentukan untuk seleksi PIMNAS yang akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, tanggal 9 hingga 14 Juli nanti. Olehnya itu, perlihatkan potensi diri bahwa kalian pantas untuk mengikuti ajang bergengsi PIMNAS,” pungkasnya.

Sementara itu, secara teknis setiap kelompok PKM diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil pekerjaannnya selama maksimum 10 menit dan dilanjutkan dengan diskusi bersama peninjau maksimum selama 10 menit, sehingga total waktu yang dialokasikan untuk setiap kelompok adalah maksimum 20 menit.

Berbeda dengan beberapa tahun ke belakang, Monev kali ini tidak disertai dengan kunjungan lapangan untuk melihat hasil pelaksanaan PKM. Namun, setiap kelompok PKM diwajibkan membawa bukti fisik yang dapat menunjukan kemajuan pelaksanaan pekerjaan mereka, berupa dokumentasi foto, video, prototip, piranti lunak, atau peralatan yang dihasilkan.

Ditemui selepas kegiatan, Ir. H. Burhanuddin Nasir, MP selaku Tim Monev UNTAD mengungkapkan bahwa Tim Monev Dikti akan merekomendasikan sebanyak 8 kelompok terbaik yang akan mengikuti PIMNAS. “Setiap jenis PKM telah dikelompokkan mana yang terbaik, dan akan direkomendasikan 8 kelompok yang akan mengikuti PIMNAS. Namun belum adanya kepastian berapa kelompok yang akan diberangkatkan. Semua itu tergantung dari hasil keputusan akhir DP2M Dikti yang nantinya diumumkan dua minggu sebelum PIMNAS,” tutupnya.

2 thoughts on “DP2M Dikti Lakukan Monev Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

    • Berdoa saja, cz byk yg skorx tinggi2…
      Diperkirakan yg skornya > 650 itu yg ikut PIMNAS. n’ Ada sekitar 12 kelompok yg skornya di atas 650…

      untuk bykx klmpok yg ikut pimnas, direkomendasikan 8-10 klmpk…
      tp tdk tau brp pastinya, yg kan keluar di SK PIMNAS…

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s