Lejitkan Potensi Diri Melalui PKM

Mahasiswa Universitas Tadulako diharapkan mampu memanfaatkan peluang berprestasi melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Perlu dijelaskan kembali bahwa PKM merupakan program yang dikembangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti. Tujuan dari program ini yaitu untuk meningkatkan mutu mahasiswa di perguruan tinggi melalui pemberian dana hibah maksimal 10 juta untuk melaksanakan program. Inilah program kreativitas mahasiwa untuk melejitkan potensi diri. Di program ini, mahasiswa akan dituntut menulis, menuangkan ide, berkarya, bekerja sama dalam kelompok, dan pada akhirnya mempertanggung jawabkan segala sesuatunya selama program berlangsung. Pada tahun ini, jumlah bidang di PKM berjumlah tujuh bidang, yaitu: PKM Penelitian (PKM-P), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Tahun 2012 ini, dari 189 proposal yang diusulkan, 47 diantaranya berhasil didanai. Secara rinci 47 proposal tersebut terdiri dari 30 usulan PKM-P, 14 ususlan PKM-M, 2 usulan PKM-KC, dan 1 usulan PKM-T. Meski terjadi peningkatan jumlah proposal, akan tetapi sebenarnya jumlah tersebut tidak sebanding dengan jumlah keseluruhan mahasiswa UNTAD yang mencapai ribuan.

Ir. H. Burhanuddin Nasir, MP  selaku Tim Monev PKM UNTAD mengungkapkan bahwa Jumlah keseluruhan mahasiswa UNTAD mencapai ribuan. Olehnya itu, seharusnya jumlah proposal PKM yang diusulkan juga banyak. Harapan beliau, tahun depan jumlah proposal yang didanai bisa mencapai ratusan proposal.

Sejauh ini, sangat disayangkan, ternyata masih banyak mahasiswa maupun dosen UNTAD yang tidak mengetahui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini. Padahal di luar sana, ribuan mahasiswa maupun dosen berbondong-bondong berpartisipasi untuk menyukseskan kegiatan ini. “Ke depannya, kami akan mengadakan sosialisasi, baik kepada mahasiswa maupun dosen mengenai proses pelaksanaan PKM,” ungkap Ir. H. Burhanuddin Nasir, MP. “Diperlukannya koordinasi yang baik antara Pembantu Dekan III dari setiap fakultas, dengan staf dosen, serta mahasiswa, agar banyak mahasiswa yang bisa berpartisipasi di kegiatan PKM ini,” tutupnya.

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s