Kesan Pertama Begitu Menggoda, Selanjutnya Goda Lagi :)

Sampai sekarang, saya masih terbayang dengan penampilan kami saat presentasi laporan kemajuan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Begitu berkesan rasanya, dan saya merasa begitu puas dengan apa yang telah dilakukan oleh teman-teman seperjuangan saya, yaitu Andi kuadrat; Andi fitriawati dan Andi Rizky Hardiansyah.

Presentasi laporan kemajuan PKM dilaksanakan selama dua hari. Mulai hari Senin, 14 Mei hingga 15 Mei 2012. Kegiatan berlangsung di Ruang Senat Rektorat UNTAD. Kami dapat jatah tampil di hari kedua, sekitar pukul 4 sore.

Perasaan dag, dig, dug tentu saja menghampiri. Sebelum presentasi, nafsu makan pun sama sekali tidak ada. Was-was gitu deh. Antara siap dan tidak siap. Namun, itu semua kami coba hilangkan. Dalam hati, saya mencoba membesarkan diri, “Saya pasti bisa! saya pasti bisa! Jika di Bali saya bisa, maka di forum lokal seperti ini, saya juga BISA! BISA! dan BISA!” . Saya mencoba membangun motivasi diri dengan mengucapkan kalimat itu berkali-kali di dalam hati saya.

Ketika kelompok kami dipanggil untuk presentasi, saya maju antara SIAP dan TIDAK SIAP. Tercampur rasa PD dan ketidak pedean. Biasanya, di ruangan itu saya hanya jadi peserta atau pendengar saja, akan tetapi berbeda pada moment itu, that is my first experience to be presenter! yeah, first time!

Saat rasa ketidak pedean melanda, herannya sang moderator yaitu Bapak Dr. Unggul Wahyono, M.Si, memanasi diri saya. Istilah dalam kailinya “ba patende” gitu. Dia mengatakan kepada Tim MONEV pusat, bahwa saya merupakan salah satu peserta yang pernah memenangkan juara favorit pada PKM-GT, waktu PIMNAS ke 23 di Bali (20-24 Juli 2010).

Sebelum kami presentasi, Pak Unggul berbisik kepada kami bahwa ia akan introduce ke Tim Monev bahwa saya,dkk pernah juara favorit. Mungkin, setidaknya ada harapan kembali bahwa kami bisa mewakili lagi ke ajang PIMNAS 25 di Jogjakarta. “UNTAD jangan hanya dipandang sebelah mata saja. Tapi, buka mata LEBAR-LEBAR. INI loh UNTAD. UNTAD juga BISA UNJUK GIGI” hehe..

“patende” yang dikeluarkan oleh sang moderator membuat hati ini panas. Benar-benar panas! Malah itu adalah suatu beban yang besar untuk saya pikul. Dalam hati saya berkata “HARI INI SAYA MESTI MENAMPILKAN YANG TERBAIK. JANGAN BIKIN MALU! JANGAN MALU-MALUIN”. Akhirnya, saat presentasi, saya bisa memaparkan laporan kemajuan dengan optimis, dan penuh percaya diri. Entah orang lain bilang apa, saya hantam-hantam aja. hehe…

Ketika peserta lain mempresentasikan laporannya dengan cara yang biasa, kami menampilkan dengan cara yang berbeda. Saya berdiri di depan, pake mic yang fleksibel bisa dibawa kemana-mana. Dengan bantuan wireless presentation, dan Slide PPT office 2010, membuat saya makin PD memaparkan laporan kemajuan kami.

Peserta terkagum-kagum juga saat rekan saya, Andi Hardiansyah menampilkan trailer game “Adventure of  Yojo”. Sepertinya mereka penasaran dengan game yang kami buat.

Alhamdulillah, 10 menit waktu presentasi telah kami gunakan dengan sebaik-baiknya. Semoga anggota aktif. Diawali oleh Fitri sebagai introducer, saya si pemapar materi, dan Rizky si pemapar game. Sehingga Ibu Farida (Peninjau monev pusat) hanya memberikan satu pertanyaan saja kepada kami. Pertanyaannya yaitu “Gimana ide awal kalian buat game ini?”, pertanyaan tersebut spontan dijawab oleh Rizky; bahwa game ini tercetus karena kecintaan orang kaili terhadap budayanya sendiri mulai luntur. Jadi, kami bertiga berinisiatif membuat game kebudayaan Kaili. Sebenarnya ide awalnya bukan membuat game kaili, tapi membuat game matematika karena kami berasal dari jurusan matematika. TAPI kami berpikir kembali, mungkin kalau buat game matematika, “orang di luar sana” bisa membuatnya, tapi kalau tentang kebudayaan kaili, siapa lagi kalau bukan kita yang membuatnya? siapa lagi kalau bukan kita sebagai penduduk asli atau pendatang lama yang mesti peduli?.

Komentar dan pertanyaan yang dilontarkan oleh Ibu Farida, membuat hati kami sumringah. Membuat kami berbesar hati dan bangga dengan presentasi kami. Sungguh, sulit diutarakan hanya dalam kata-kata. hehe…

Bagi saya, presentasi kami begitu menggoda. Seperti yang pernah dikatakan oleh trainer Indonesia; Setia Furqon Kholid bahwa “ketika Kesan Pertama Begitu Menggoda, maka selanjutnya Goda Lagi”. Insya Allah, jika PIMNAS ke 25 adalah rejeki kami, maka KAMI SIAP UNTUK GODA LAGI. Insya Allah kami akan menampilkan  yang terbaik. Bila perlu PERFECT. hehe…

Kami bertiga pun optimis bahwa kami bisa mengikuti ajang PIMNAS ke 25 di Jogjakarta ( 9-14 Juli 2012). Besar harapan kami bahwa kami juga bisa mendapatkan juara 3 besar di event itu. “JIKA 2 TAHUN LALU, SAYA, dkk BISA MENDAPATKAN JUARA FAVORIT DI PIMNAS KE 23 DI BALI. MAKA DI TAHUN INI, SAYA OPTIMIS BISA TEMBUS 3 BESAR, BAHKAN JUARA 1”, ucapku bersemangat.

Aamiin ya Rabb…. ^__^

Sesungguhnya Allah itu mengikuti prasangka hamba-Nya. Maka kita mesti berprasangka baik dengan segala sesuatunya.

4 thoughts on “Kesan Pertama Begitu Menggoda, Selanjutnya Goda Lagi :)

Mari berceloteh :)

