A.R.D.I.L.E.S

Kali ini saya ingin berbagi motivasi dan inspirasi buat sahabat. Inspirasi yang saya dapatkan ketika mengikuti kegiatan International Muslim Student Summit (IMSS) FSLDKN di ITB Bandung (15-18 Juli 2012). Akan tetapi inspirasi yang saya sampaikan hanya 1 dari sekian inspirasi yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut.
Sudah siap membaca kelanjutan tulisan ini, sobat? Silahkan sobat duduk pada posisi yang paling nyaman. Atur posisi sebaik mungkin ya ^____^


A.R.D.I.L.E.S

Apa yang ada dipikiran awal teman-teman ketika mendengar kata A-R-D-I-L-E-S? (Ardiles, ardiles, ardiles, ckckck :-0) ahaaa itu kan merk SEPATU ya? Iya, teman-teman memang tidak salah, tapi bukan itu yang saya maksud dalam tulisan ini. ARDILES adalah nama orang – laki-laki (nah loh!). Mungkin terdengar sedikit aneh namanya, ya tapi itulah kenyataan! Sebuah nama yang diberikan oleh seorang ibu kepada anaknya. Entah dengan maksud apa ibu itu menyematkan nama ARDILES kepada anaknya.

Di masa kanak-kanak, tepatnya ketika SD, sebuah nama Ardiles menjadi menjadi BUMERANG bagi si empunya. Gimana tidak? Semua teman-teman mengejeknya dan mengatakan kalau namanya itu “aneh”, “gak jelas”, “aaa…nama merk sepatu!”. Setiap teman yang ia jumpai selalu mengolok-oloknya. Itulah penderitaan yang dialami oleh seorang bocah berumur 6 tahun, “Si Ardiles yang malang”. Olokan dari teman-temannya itu membuat dirinya ciut, terkucil bahkan “terjatuh” dalam keputus asaan yang sangat terdalam. Hal itu yang membuat si Ardiles jadi nakal, suka bolos, dan tidak mengerjakan tugas sekolah, hingga akhirnya ia mengalami KEGAGALAN yang amat luar biasa yaitu TINGGAL di KELAS 2 SD. Maka tambah terpuruklah dirinya. Seakan dunia dan se-isinya tak lagi bersahabat dengannya. (ketika teman-teman berada pada situasi Ardiles, apa yang kalian lakukan?!)
Bagi Ardiles, berbagai masalah dan kegagalan yang ia dapatkan adalah akibat nama “SIAL” yang sejak dulu ibunya berikan. Sepertinya nama “aneh” yang telah mendarah daging menjadi nasibnya di masa mendatang. Ia menyesal memiliki nama seperti itu.
Di saat Ardiles mengalami kegagalan dan keputus asaan yang amat luar biasa, siapa kah yang terus membesarkan hatinya? Siapa kah yang terus memotivasinya?

I-B-U

Ya Ibunya. Di saat teman-teman banyak yang mengejek Ardiles. Lain halnya dengan IBU. Ibunya tak sedikitpun menyalahkan kesalahan anaknya. Padahal sering kali Ardiles membuat Ibu kecewa bahkan menangis akibat tingkahnya. Namun, Ibu tak pernah sedikit pun memiliki penyesalan dikaruniai seorang anak bernama ARDILES. Ibu malah sangat bahagia memilikinya. Sehingga tak ada sedikit pun kata-kata memojokan yang keluar dari mulut Ibu! Malah Ibu menutupi aib anaknya. Ibu begitu tulus pada Ardiles.
Yang hanya Ibu lakukan pada Ardiles adalah berdoa, dan terus berdoa. Setiap hari Ibunya mendoakan agar Ardiles menjadi anak yang sukses, dan sholeh. Di penghujung malam pula, tak ada doa yang dipanjatkan oleh Ibu selain doa itu.

Setiap peluh…
Setiap keringat…
Setiap tangis…
Setiap air mata…
Setiap jerih payah…

Terukir hanya untuk kesuksesan anaknya; ARDILES…

Detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, bahkan tahun, DOA itu terus dipanjatkan tak henti-henti…Ibu yakin bahwa Allah sangat dekat, dan mendengarkan doanya.
Dan ALLAH SWT pun mendengarkan doa Ibu…

Allah berfirman: Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Kukabulkan. (QS. Ghafir: 60)
Allah Ta’ala berfirman: “Dan jika para hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a jika ia memohon kepadaKu, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintahKu) dan hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186).

^^^
Suatu ketika, Ardiles BERUBAH! Ia ingin berubah TOTAL! Ia ingin berjuang dengan keras!
Ia ingin menjadi anak yang terbaik buat Ibu!

Ibunya pun terus memotivasinya bahwa SUATU HARI NANTI IA AKAN MENDAPATKAN TEMAN-TEMAN YANG BAIK, YANG SELAMA INI KAMU INGINKAN. SUATU HARI NANTI MIMPI DAN HARAPAN TERBESARMU AKAN TERWUJUD. YAKINLAH!

Bila kegagalan itu bagaikan hujan, dan keberhasilan bagaikan matahari, maka butuh keduanya untuk melihat pelangi. Dan jatuh bangun pun dialami oleh Ardiles, tapi lagi-lagi sang Ibu terus memotivasi si anak agar tetap berusaha dan sabar dalam hidup.
Sekiranya benar apa yang dikatakan oleh A.Fuadi bahwa sabar itu berasa pahit di awal, namun di akhir, berasa manis kayak madu. Hal itu pun dirasakan oleh si Ardiles. Beberapa keberhasilan ia dapatkan.

Buah kesabarannya yaitu akhirnya IA BISA MENJADI JUARA KELAS dan LULUS DENGAN NILAI TERBAIK DI SD-nya.

^__^
Dan dengan nilai yang memuaskan, Ia putuskan untuk masuk ke SMP terbaik di daerahnya. Alhamdulillah ia masuk ranking 10 besar. Di sana lah ia mendapatkan teman-teman yang dapat mengisi kesepiannya. Dan benar apa yang dikatakan oleh Ibu dulu, AKHIRNYA ARDILES MENDAPATKAN TEMAN-TEMAN YANG BAIK. TIDAK ADA LAGI ORANG YANG MENGOLOK-OLOKNYA! MALaH MEMUJInya. Itulah teman-teman seperti yang Ibu janjikan dulu!
Sekali lagi, satu doa yang selalu mengudara di pertengahan malam dijabah oleh-Nya. 3 tahun berlalu di SMP, Ardiles menjadi salah satu siswa dengan lulusan terbaik.

^____^
Dan beberapa kemudian, Ardiles bisa mengayunkan kaki melangkahi benua, melalui batas-batas samudera. Melihat negeri seberang yang memiliki tanah dan atmosfer yang berbeda dengan Indonesia.
Danhariitu,ArdilesmenjadisaksidaridoayangselamainiIbunyapanjatkandipertengahanmalam.SEKALILAGIDOAYANGTELAHMENGGANTUNGBELASANTAHUNLALu,AKHIRNYADIJAWAB.
ALLAH PUN MEMBUKTIKAN KEBESARANNYA!

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 216).

^___^

Kata A-R-D-I-L-E-S yang aneh!

^0^
Nama Ardiles yang dulunya ia benci!

^0^
Nama yang belasan tahun lalu membuatnya gagal!

^0^
Nama yang pernah ia sesalkan!

^0^
AKHIRNYA MENGANTARKANNYA MENUJU NEGARA ASAL “DIMANA NAMANYA DIAMBIL!”
Yaitu LONDON, INGGRIS, UK.

sekali lagi…
AKHIRNYA MENGANTARKANNYA MENUJU NEGARA ASAL “DIMANA NAMANYA DIAMBIL!”
Yaitu LONDON, INGGRIS, UK.
Di sanalah Ardiles benar-benar bertafakur, dan sujud syukur atas kebesaran Allah SWT.

Maka nikmat Tuhan-Mu yang manakah yang kamu dustakan ?”

Maka nikmat Tuhan-Mu yang manakah yang kamu dustakan ?”

Maka nikmat Tuhan-Mu yang manakah yang kamu dustakan ?” ( QS. 55:55)

^0^

Saat ini Ardiles tercatat sebagai mahasiswa di salah satu PTN terbaik di Sumatera. Juga aktif sebagai ADK di kampusnya. Subhanallah…

(Inilah yang membuat hampir seluruh audiens IMSS 2012 terharu dan menangis, juga jadi kangen dengan Ibu masing-masing). Semoga menginspirasi! Bagi yang ingin melihat videonya. Silahkan unduh di http://www.youtube.com/watch?v=pSJBCJ3wdQg

Quote:
Man Jadda wajada : Siapa yang bersungguh-sungguh akan sukses..
Man shabara Zhafira : siapa yang bersabar akan beruntung
(Kutipan dari Novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi)
Maka, Man jadda wajada saja tidak cukup untuk mengarungi lautan hidup ini. Perlu adanya kalimat sakti lain, yaitu man shabara zhafira, siapa yang bersabar maka ia akan beruntung. Semoga kita semua menjadi pribadi yang beruntung di dunia dan di akhirat Aamiin.
Jika kita mengalami kegagalan yang bertubi-tubi, yakin lah di pengujung jalan yang gelap, akan ada seberkas sinar yang merupakan KEBERHASILAN kita. Kuncinya, yakin dan percaya bahwa Allah itu maha pengasih dan penyayang kepada hamba-Nya. Allah tak pernah menelantarkan hamba-Nya, selagi hamba-Nya mau berusaha dengan sungguh-sungguh.

^___^

BUAT TEMAN-TEMAN YANG LAGI BERJUANG DENGAN MIMPI-MIMPINYA, TETAP SEMANGAT YA…JANGAN BIARKAN ORANG LAIN MERENGGUT IMPIAN KITA. SEMOGA SELURUH IMPIAN YANG TELAH TERTULIS AKAN TERCORET SEMUANYA. TERCORET BUKAN KARENA TAK TERWUJUD, MELAINKAN KARENA KITA BERHASIL MEWUJUDKAN IMPIAN ITU. AAMIIN…

12 thoughts on “A.R.D.I.L.E.S

  1. Ping-balik: Positive Thinking

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s