Lagi, Mahasiswa FEKON UNTAD Peroleh Beasiswa IELSP ke USA

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Hilya Ariyani. Mahasiswa angkatan 2009 Jurusan Akutansi FEKON UNTAD ini berhasil lolos sebagai penerima beasiswa Indonesian English Language Scholarship Program (IELSP) Cohort 10 – 2012. Beasiswa yang diraihnya bersifat gratis secara keseluruhan (full scholarship), kecuali biaya pembuatan paspor.

IELSP merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh the Indonesian International Education Foundation (IIEF) dan disponsori oleh US.Embassy Jakarta. Program tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa S1 minimal semester 5 (masih aktif – belum sidang kelulusan) dari berbagai jurusan universitas manapun di seluruh Indonesia. Program ini menawarkan kesempatan untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris di universitas-universitas di Amerika Serikat selama 8 minggu. Program itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris peserta, khususnya dalam English for Academic Purposes. Selain itu, peserta juga memiliki kesempatan untuk mempelajari secara langsung kebudayaan dan masyarakat Amerika Serikat. Dalam hal ini peserta IELSP akan bergabung dalam program immersion, yang mana mereka akan berbaur dengan peserta lain dari berbagai bangsa dan negara. Dalam program tersebut, peserta tidak hanya akan belajar Bahasa Inggris, namun juga akan mengikuti berbagai program kultural yang akan memberikan pengalaman yang sangat berharga.

Di tahun 2012 sejumlah 80 mahasiswa dari 80 institusi di Indonesia dikirim untuk mendapatkan short course di USA. Dari 80 mahasiswa tersebut, masing-masing 20 orang di tempatkan di empat negara bagian berbeda, yaitu Arizona, Kansas, Iowa, dan Colorado.

Tahun ini, Hilya Maharani adalah satu-satunya mahasiswa UNTAD yang berhasil mendapatkan beasiswa IELSP. Dalam program beasiswa ini, terdapat proses penyeleksian yang sangat ketat mulai dari seleksi berkas hingga wawancara. Ketika dinyatakan lolos seleksi, Hilya ditempatkan di Kansas, USA mulai tanggal 25 Mei s.d 28 Juli 2012. Selama 2 bulan ia belajar bahasa inggris di The University of Kansas, yang merupakan salah satu kampus ternama yang ada di Kansas.

“Banyak hal-hal yang menarik dan unik yang saya dapatkan selama di Amerika. Di sana, kami tak hanya belajar bahasa inggris saja, tapi berbagai hal baru kami temukan di Amerika. Kami mencoba memahami kebudayaan orang Amerika, Arab, Jepang, dan bangsa lainnya, karena kami belajar bersama di The University of Kansas”, kata Hilya.

Di sela-sela kesibukan belajar bahasa inggris, Hilya dkk tentunya juga mengunjungi berbagai tempat menarik di Kansas. Selain itu, mereka melaksanakan suatu kegiatan yang mampu membuat orang Amerika terpukau dengan kebudayaan Indonesia. Kegiatan tersebut yaitu Indonesian’s day. Kegiatan ini berisi berbagai pertunjukan kebudayaan Indonesia. Uniknya di kegiatan ini, mereka menggunakan baju adat dari masing-masing daerahnya.

Pada  periode sebelumnya di tahun 2011, mahasiswa FEKON UNTAD atas nama Yovita Viananda Sari juga berhasil menjadi salah satu peserta yang mengikuti short course di Virginia, USA dan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Selanjutnya, Hilya menjadi mahasiswa FEKON UNTAD kedua yang berhasil mendapatkan beasiswa dan mengharumkan nama almamater. Jadi, dua tahun terakhir ini, beasiswa IELSP diraih oleh mahasiswa FEKON jurusan akutansi.

Ketika ditanya mengenai trik-trik suksesnya mendapatkan beasiswa IELSP. Hilya berpesan agar tetap optimis dan percaya diri dalam mencoba beasiswa tersebut.

“Ketika saya mengajak teman-teman tuk mencoba beasiswa tersebut, teman-teman malah menertawakan saya. Mereka berpikiran kalau saya terlalu bermimpi tinggi atau menggapai sesuatu yang tak mungkin. Tapi hal itu tidak menghalangi saya untuk mencoba beasiswa. Saya tetap bersikap optimis dan percaya diri,” ungkapnya.

Dalam kesehariannya, Hilya, gadis kelahiran 20 Januari 1992 ini dikenal sebagai pribadi yang menyenangkan dan penuh semangat. Selain cerdas, ia juga mempunyai kemampuan akademik dan bahasa Inggris yang sangat bagus. Ketika ditanya mengenai cita-cita ke depannya, ia berharap bisa kembali dan melanjutkan S2 di negeri paman sam. Semoga. (pnq)

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beasiswa IELSP ini, silahkan mengujungi http://www.iief.or.id😉

12 thoughts on “Lagi, Mahasiswa FEKON UNTAD Peroleh Beasiswa IELSP ke USA

      • Amin, taun depan? impossible hehe

        btw mbak puji bljr english selain via inet dmn? Cara belajar nya?

        Oiya waktu di SG ijin kuliah bkan? Ga ketinggalan pelajaran kah?? *maafbanyaktanyaXD*

      • Iya thn dpn. EMang knp mbak? nggak ada loh yg ga mgkin terjadi di dunia ini…
        Belajar otodidak, jg klo speakingx gabung di english club…
        Gak ganggu wkt kuliah cz hanya 3 hari. diizinin kok…

        Btw km nak mana? smster brp? pengen ikutan ielsp juga?
        *Saya balik nanya banyak😀

      • haha … iya pengen. baru lulus sekolah mbak . insya Allah senin depanudah mulai kuliah di FKIP UNS doakan lancar.

        hmm English Club kampus? ato diluar? selain join EC ada lagi? bagi2 dong tips nya😀

        mbak Puji minal aidin wal faidzin – mohon maaf lahir batih yaa🙂

      • Subhanallah masih muda ya… Gunakanlah kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya. Tingkatkan potensi diri…

        English club luar…Dosenq yang alumni dari Prancis, dia ketuanya. Dengerin lagu atau film berbahasa inggris. Juga coba cari conversation2 di internet seperti di youtube.

        IYa, minal ‘aidin juga…😀

      • Niat main ke blog ini juga dalam rangka meningkatkan potensi diri aku ko mbak…😀
        Punya contoh film eng tanpa subtitled? bisa kirim via email? *ehehejustkidding*

        Mbak Puji skrg smst berapa? Ikut UKM apa aja selama kuliah?

      • Iya bagus tuh…sering-sering aja jalan-jalan kemari. Insya Allah kan banyak inspirasi didapatkan😀

        Wah filenya gede tuh…mending minta sama temen-temen atau cari di tempat peminjaman kaset film terdekat…

        Saya udah tua dik di kampus. Udah semester 9 :p
        Tapi jujur, saya cukup puas menjadi mahasiswa. namun belum 100% puas sebelum dpt beasiswa IELSP cohort XI. SUmpah, sy mesti ngedapetin beasiswa itu sebelum sarjana. Mohon doanya…

        Karena saya tipe orang yang suka mencoba sesuatu yang baru, namun tetap agama yang menjadi pilihan utama. Olehnya itu, saya memilih UKM yang orang-orang di dalamnya nggak hedonisme.
        Pertama, UKM yg sy pilih tuh UKM keagamaan namanya LDK UPIM UNTAD. COba adik cari organisasi keagamaan di kampusx adik, pasti ada. (tahun 2009-2012)
        Kedua, HIMAPTIKA (Himpunan mahasiswa pendidikan matematika), Organisasi di program studi matematika. (tahun 2008-2010)
        Ketiga, UKPM (Unit kegiatan penalaran mahasiswa), berisi program kerja berupa penaralan seperti menulis, belajar teknologi, internet (tahun 2009-2011)
        Keempat, Forum Lingkar Pena (FLP), Forum tulis menulis. (2011)
        Kelima, Insan muda community Palu (tahun 2012)

        Pilihlah forum yang sesuai potensi. Tapi sy juga menyarankan agar adik suka juga dengan dunia tulis menulis. Meski mungkin nggak suka di dunia itu. Tapi usahakan paksa! Karena, sesungguhnya jika kita mempunyai kemampuan menulis yang baik, insya Allah studi sukses. Apalagi punya mimpi bisa lanjut sekolah ke luar negeri…di luar negeri pun menulisnya tak pake bahasa indonesia tpi mesti english. wah tambah ribet ya? Maka dari itu berlatihlah dari sekarang. Apapun jurusan yang kamu ambil. Ingat bahwa menulis dan bhs inggris itu penting! Maka dari itu dalami lah…

        Kakakpun baru merasakan betapa bermanfaatnya punya kemampuan menulis yang baik…
        Maka dari itu belajar memang dari sekarang…. Kakakpun baru merasakan nikmatnya saat ini…Betapa menulis itu sangat banyak manfaatnya

      • Amien ya Allah …rezeki gakan kemana. Semangat pokok e…😀
        Mbak pinter math kan, ajari aku!🙂

        tentang menulis? Lebih sering jadi “penonton” drpd “pemain” nya hehe

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s