Mahasiswa UNTAD Gelar Solidaritas Rohingya

Penyerahan Dana Sumbangan ke PKPU Sulteng

Penyerahan Dana Sumbangan ke PKPU Sulteng

Berangkat dari banyaknya berita yang dimuat di beberapa media nasional dan internasional yang menceritakan tentang penderitaan muslim Rohingya, mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Kampus Unit Pengkajian Islam Mahasiswa (LDK UPIM) UNTAD menggelar aksi solidaritas etnis Rohingya, minoritas muslim di Myanmar (3/8). Para mahasiswa mengumpulkan dana bantuan dengan mengedarkan kotak amal di sepanjang Jalan Hasanuddin Palu. Bekerja sama dengan Mahasiswa Pencinta Mushallah (MPM), diantaranya MPM Hisbullah FATEK, dan MPM Aljihad FISIP diperoleh dana sumbangan dari masyarakat berupa uang tunai sebanyak Rp1,4 juta.

“Dana yang terkumpul disalurkan melalui Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Dompet Dhuafa Sulteng. Kemudian mereka yang akan menyalurkannya kepada muslim Rohingya,” kata Mohamad Khaidir, selaku Ketua Umum LDK UPIM UNTAD.

Pekan sebelumnya (28/7), mahasiswa UNTAD juga telah melakukan aksi yang serupa, dengan membentuk satu aliansi bersama mahasiswa se-Kota Palu yang berasal dari STAIN, STIMIK, dan kelompok mahasiswa KAMMI. Dana yang terkumpul dari aksi sosial ini sebesar Rp 5 juta.

Saat ditanya mengenai musibah yang dialami oleh muslim Rohingya, Mohamad Khaidir mengatakan dengan tegas untuk menolak aksi kekerasan dan pembantaian yang dilakukan oleh penguasa Myanmar.

“Kami menolak aksi kekerasan dan pembantaian tersebut. Pembantaian dan pengusiran etnis Rohingya di Myanmar merupakan pelanggaran HAM  berat. Dan ini terjadi sejak lama sekitar tahun 1993. Anehnya mengapa musibah yang dialami oleh muslim Rohingya itu sampai sekarang masih ada bahkan tambah parah, padahal Mnyanmar telah memperoleh Nobel Perdamaian. Hal itu sangat kontradiktif,” ungkap Khaidir.

Dana yang terkumpul dari aksi solidaritas diharapkan dapat  meringankan musibah yang dialami oleh muslim Rohingya. Para mahasiswa juga mengharapkan pemerintah Indonesia dapat mengirimkan bantuan berupa logistik, dan advokasi politik untuk etnis Rohingya agar mereka bisa hidup merdeka. (pnq)

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s