What a Great Motivation

“Motivasi yang tinggi akan memudahkan segala hal yang meskipun terlihat sangat sulit dan tak mungkin! If you can, you can. No reason to say you can’t” (pnq).

Suatu ketika seseorang pernah mengeluhkan kondisi buruk yang ia alami ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi X. Ia juga meminta kepada saya untuk berbagai tips-tips bagaimana keluar dari kondisi seperti itu. Proses take and give terjadi di dunia maya.

Sebelumnya saya ingin sedikit menceritakan kondisi terburuk dari teman saya tersebut. Si A yang saat ini kuliah di Perguruan Tinggi X, mengeluhkan tentang apa yang terjadi selama ia menuntut ilmu di PT tersebut. Ia yang tercatat sebagai mahasiswa MIPA Fisika tak begitu menyukai dengan atmosfer di sekitarnya. Ia mengakui bahwa lingkungan di sekitarnya sangat tak kondusif, dimana semangat kompetitif  mahasiswa atau pemudanya sangat rendah. Apalagi keluarga, dan dosen yang kurang mendukung cita-citanya. Terlebih tak ada teladan yang bisa dicontohi atau yang dapat menyemangati. Nah hal itu lah yang membuat ia pesimis dan ragu gimana bisa IMPIAN TERBESARNYA yaitu INGIN MERAIH NOBEL FISIKA bisa tercapai? Ia pengen hebat ini dan itu, bisa berprestasi ini dan itu, tapi apa daya, baik fasilitas maupun dosen, tak ada yang mendukung! Ia mengeluh dan sedikit menyesal, mengapa ia tidak kuliah di kampus-kampus terfavorit aja?

Bagaimana supaya bisa keluar dari kondisi seperti itu dan menjauhi sikap pesimistis?

***

Apa sobat-sobat sekalian mengalami hal yang sama dengan kondisi seperti di atas? Dari pertanyaan itu sebenarnya saya agak ragu apa jawaban-jawaban saya mengena atau tidak. Apalagi hanya dijawab via internet aja. Heumm bukan Puji namanya, kalo cepat menyerah kayak gitu😀 hehe. Langsung deh saya jawab aja pertanyaan di atas, dengan semampu saya.

Intinya gini; Tak hanya anda yang mengalami hal serupa. Saya pun mengakui kalau masalah seperti itu tak berbeda dengan kondisi yang saya alami. Ingat BUKAN HANYA anda!

Lalu bagaimana agar bisa keluar dari kondisi seperti itu dan agar tetap bisa berprestasi?

Pernah suatu ketika ketika saya mengikuti training motivasi, si trainer berpesan kepada saya dkk “Tak mesti jauh-jauh kuliah di kampus-kampus yang terkenal/terfavorit jika hal itu kalian tidak bisa raih. Sebenarnya semua kampus itu sama aja! tapi yang terpenting itu “BAGAIMANA KITA MENJADI SEBUAH EMAS DIANTARA SEKUMPULAN TEMBAGA-TEMBAGA YANG ADA?” Itu lah intinya! Bagaimana keinginan untuk selalu BERPRESTASI itu selalu terbesit! Mesti tanankan dalam diri “SETIAP DETIK SAYA AKAN SENANTIASA BERPRESTASI!”

Memang kondisi yang dialami oleh teman saya itu adalah kondisi terberat ketika seseorang yang lagi membara-baranya berprestasi, eh malah surut kembali karena gak ada yang dukung. Eitttsss, saya katakan ke beliau, jika memang lingkungan sekitar tak mendukung, saya saranin untuk mencari lingkungan lain. Carilah teman-teman seimpian. Pasti ada! Nggak mungkin nggak ada. Pastinya ada, cuma dianya aja yang kurang silaturahim, hehe…

Jika di jurusan kuliah tak ada satu pun teman yang seimpian, yah terpaksa berjuang sendiri! Jadilah pendobrak! Saya juga gitu. Ketika tak ada satu pun teman-teman dari prodi yang mau ikut PKM. Saya berusaha sendiri untuk mengikuti event tersebut, dan ternyata saya mendapatkan partner dari luar prodi saya. Yah, intinya banyak silaturrahim juga😉
Biar lah kita sendiri yang berjuang di prodi, tapi ketika kesuksesan menghampiri kita. Mereka hanya akan menjadi penonton kesuksesan kita. Kita lah PEMAIN, sang the winner sejati🙂 Yakin lah bahwa setiap usaha pasti akan ada hasil. Seperti mantra yang saat ini tersohor, “Man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh akan sukses”, juga dalam novel N5M “Bukan yang tajam, tapi yang bersungguh-sungguh!”.

Tips-tips untuk menggapai impiannya:

1. Bersilaturrahim, buat link sebanyak-banyaknya

2. Rajin bertanya sama OM Google, buku, dll

3. Sering melakukan penelitian-penelitian lalu mempublikasikannya

4. Lanjut S2 ke luar negeri🙂

5. Optimis n’ Pray to Allah (Ilmu itu milik-Nya, maka mintalah pada sang pemilik ilmu😉 )

BELIEVE ME, your dream will be coming true!🙂

Memang IMPIAN yang besar itu tentu memerlurkan USAHA yang besar pula. Dan ketika kita adalah pemimpi sejati yang memiliki banyak mimpi, yakin deh sugesti dan energi positif  akan memotivasi diri kita untuk melakukan HAL YANG BESAR PULA.

Hayukkkk bermimpi besar!

Ngapain takut? wong bermimpi itu gratis😀

Tulis mimpi-mimpi kita di atas kertas. lalu tempellah di tempat yang sering kita jangkau.

Bayangkanlah suatu saat mimpi-mimpi itu jadi kenyataan…

lalu buka mata, buka hati, dan pikiran. Let’s make it happen! don’t forget to pray.

(and don’t forget to doing SHALAWAT +  Sedekah ~ Yusuf Mansur)

13 thoughts on “What a Great Motivation

  1. nah ini nih “…wong bermimpi itu gratis” mbak Puji waktu ospek kamaren ditayangin slide video mas Danang AP – Pembuat Jejak lho ga hanya sekali dua kali tp di ulang2 . Intinya ttg MIMPI

    pengen coba tapi too much….🙂

    • iya, Mas Danang telah dikenal oleh ribuan mahasiswa se-Indonesia…
      Kemarin sy juga nampilin video itu di hadapan para maba…

      Hhmmm sy pun brharap, suatu saat sy bs membuat video seperti itu…aamiinn

  2. sangat menginspirasi, mimpi gak gratis tapi cara mendapatkannya itu yang gak gratis. tapi keberanian dan kemauan mengalahkan segalanya🙂

Mari berceloteh :)

