Fakultas Pertanian Unggul dalam IbW dan IbM

Tahun ini, Untad cukup berbangga dengan prestasi yang diperoleh dosen atau staf pengajarnya. Dari 100 proposal program Ipteks bagi Wilayah (Ibw) yang didanai Dirjen Dikti, 10 proposal diantaranya merupakan proposal yang disusun oleh dosen Untad. Dari 10 proposal tersebut, 8 proposal dari Fakultas Pertanian, dan sisanya dari fakultas lain. Saat ini berarti Fakultas Pertanian unggul dalam hal kegiatan penelitian dan program pengabdian masyarakat.

Selain program Ibw, ada juga program Ipteks bagi Masyarakat (IbM). Jumlah keseluruhan proposal untuk program IbM yang telah didanai Dirjen Dikti yaitu sebanyak 51 judul proposal. Dari 51 proposal tersebut, sebagian besar diajukan oleh dosen-dosen Fakultas Pertanian.

Baik program IbW maupun IbM merupakan program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti. Untuk Ipteks bagi Wilayah (IbW), pelaksanaan program IbW didukung pendanaan yang bersumber dari dua pihak, yaitu APBD Pemko/Pemkab dan DIPA DIT. LITABMAS Ditjen Dikti. Program IbW dilaksanakan selama 3 (tiga) tahun. Alokasi dana DIPA DIT. LITABMAS setiap tahunnya ditetapkan maksimum sebesar Rp. 100 juta, dan dana Pemerintah Daerah minimum Rp. 100 (seratus) juta rupiah.

Sedangkan untuk Ipteks bagi Masyarakat (IbM), Program ini berlangsung selama satu tahun dan dibiayai sepenuhnya melalui DIPA DIT. LITABMAS Ditjen Dikti atau bersama Instansi lain. Dukungan dana DIPA DIT. LITABMAS Ditjen Dikti maksimum sebesar Rp. 50 juta dengan jangka waktu pelaksanaan minimal 8 bulan.

Setiap tahunnya diharapkan banyak dosen yang ikut berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat ini. Tak hanya fakultas Pertanian saja yang aktif dalam program tersebut, namun diharapkan dari fakultas lain juga agar bisa turut serta program Dirjen Dikti tahunan ini. (pnq)

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s