FMIPA dan FKIP Selenggarakan Sosialisasi dan Workshop PKM

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sukses menyelenggarakan sosialisasi dan workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yang berlangsung di FM 02 FMIPA, Sabtu (22/9). Di hari yang sama, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyelenggarakan kegiatan serupa, yang dilaksanakan di Ruang Dosen Pengajaran FKIP. Sosialisasi PKM terus menurus dilakukan, mengingat masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui seluk beluk PKM.

Kegiatan sosialisasi dan workshop PKM ini dihadiri oleh pemateri-pemateri yang berpengalaman di bidang tersebut. Di FMIPA, materi sosialisasi PKM disampaikan oleh DR. I Wayan Sudarsana, sedangkan di FKIP, materi tersebut disampaikan oleh Ir. H. Burhanuddin Nasir, M.P.

Tahun ini mekanisme PKM sedikit berbeda. Jika di tahun sebelumnya proposal PKM dikirim dalam bentuk hardcopy, maka di tahun ini pengirimannya dalam bentuk softcopy yakni berformat pdf. Jadi secara keseluruhan, proposal akan dikirim oleh staf kemahasiswaan Untad secara online melalui  http://simlitabmas.dikti.go.id. Selain itu, tahun ini juga adanya peningkatan dalam pemberian dana hibah PKM, yang sebelumnya maksimal Rp. 10 juta, kini maksimal menjadi Rp. 12,5 juta.

Banyak saran dan motivasi yang diberikan oleh pemateri kepada peserta kegiatan. Diharapkan mereka dapat berpartisipasi dengan sungguh-sungguh dalam kegiatan PKM hingga sampai pada tahap PIMNAS ke-XXVI.

“Kita harus mencoba dengan sungguh-sungguh untuk mengikuti PKM. Kemudian lupakan, dan tunggu sampai pengumuman selanjutnya. Kalau lolos seleksi berarti kita harus bekerja keras kembali, dan jika tidak, maka kita harus mencoba lagi di lain kesempatan,” Ucap pemateri, DR. I Wayan Sudarsana yang saat ini tercatat sebagai dosen FMIPA Matematika.

Ir. H. Burhanuddin Nasir, M.P juga berharap agar jumlah pengusul proposal PKM tahun ini tidak menurun, bahkan diharapkan semakin meningkat. Dengan begitu, kesempatan mahasiswa untuk mengikuti ajang PIMNAS ke-XXVI semakin besar pula.

UNTAD perlu belajar dari kampus-kampus hebat di luar sana. Di sana, baik dosen maupun mahasiswanya sangat antusias mengikuti PKM setiap tahunnya.

“Saya salut dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang mengharuskan setiap penerima beasiswa PPA/BBM wajib menyetor satu judul proposal PKM, agar dana beasiswa mereka bisa cair,” Kata Pujiati Sari selaku panitia kegiatan di FKIP. “Bahkan ada juga universitas yang mewajibkan kepada mahasiswa baru untuk mengumpulkan Karya Tulis Ilmiah sebagai syarat mengikuti ORMIK. Meski terbilang memaksa, namun nyatanya mereka mampu mengirimkan proposal PKM hingga 1000 proposal setiap tahunnya,” tambahnya.

Proposal PKM 2012 yang akan didanai di tahun 2013 mendatang, sudah harus didaftarkan dan diunggah dokumen usulan online-nya mulai tanggal 29 Oktober s.d. 9 November 2012. Olehnya itu, Panitia PKM Untad mengharapkan agar mahasiswa segera menyetor proposalnya ke Staf bagian Kemahasiswaan di Ruang PR 3, Rektorat Untad. (pnq)

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s