Maulana Mughitz Naji, Penerima Beasiswa Erasmus Mundus

Keinginan untuk membanggakan orangtua dan keberanian dalam mencoba sesuatu yang baru, telah mengantarkan Maulana Mughitz Naji, mahasiswa angkatan 2008 jurusan Peternakan terpilih sebagai salah satu penerima beasiswa Erasmus mundus 2011. Beasiswa Erasmus mundus khususnya program EURASIA 2 merupakan  program beasiswa pertukaran pelajar selama 10 bulan ke benua Eropa. Program ini merupakan bentuk kerjasama antara Untad dengan Erasmus mundus.

Program beasiswa non-degree ini terus dikembangkan guna meningkatkan mobilitas para scholars dari luar Eropa ke Eropa. Tujuannya yakni untuk saling mengembangkan potensi akademik di masing-masing benua. Mahasiswa dari negara berkembang memperoleh kesempatan untuk belajar di perguruan-perguruan tinggi dengan sistem yang lebih lama teruji dan dokumentasi ilmu yang lengkap. Sementara itu, Para akademisi dan mahasiswa Eropa mendapat stimulus yang baik, dari mahasiswa negara berkembang yang dikenal memiliki semangat dalam belajar, terutama jika mendapat kesempatan belajar di luar negeri.

Ada dua mahasiswa Untad yang diterima di program EURASIA 2, yaitu Agis dan Fajar. Agis ditempatkan di Cheko, sedangkan Fajar ditempatkan di Polandia.

Ketika lolos beasiswa ini, Agis, begitu sapaan akrabnya, diterima sebagai mahasiswa jurusan peternakan di Czech University of Life Sciences, Praha, Republik Cheko. Kegiatan akademik pun ia ikuti dengan penuh semangat, mulai tanggal 29 September 2011 s.d. 25 Juli 2012.

Mahasiswa yang punya hobi traveling ini pun memanfaatkan waktu luangnya untuk mengeksplor benua eropa. Berbekal dengan uang saku yang diberikan oleh pemberi beasiswa sebesar 1000 Euro per bulan, ia pun pergi ke berbagai kota di Cheko, mengunjungi banyak tempat yang indah nan bersejarah. Bahkan ia juga menyempatkan diri tuk menjelajahi kota di negara lain, seperti Paris,  Roma, Amsterdam, Rotherdam, Krakow, Viena, Istambul, Eindhaoven, dan sebagainya.

Ketika diwawancarai oleh MT, Agis mengatakan sangat senang mendapatkan beasiswa ini.

Saya sangat bersyukur bisa mendapatkan beasiswa ini. Manfaat yang didapatkan yaitu saya berkesempatan belajar di negara maju, merasakan pola hidup bangsa eropa, mempunyai teman dari berbagai negara, merasakan empat musim berbeda, jalan-jalan, dan memiliki tabungan,“ Tuturnya.

Impian untuk bisa mencicipi pendidikan dan tinggal di luar negeri adalah impian hampir semua orang. Namun, kadang impian itu sendiri tak dibarengi dengan tindakan nyata tuk mewujudkannya. Hanya sebuah impian yang tak pernah jadi kenyataan. Hal yang sama dialami oleh Agis, ketika ia menginformasikan beasiswa ini ke teman-temannya. Mereka sangat tertarik, tapi tak ada aksi untuk mewujudkannya.

Teman-teman banyak yang tertarik dengan beasiswa ini. Namun, ketika melihat salah satu syaratnya yang mengharuskan mampu berbahasa inggris atau punya bukti TOEFL, mereka langsung pesimis/menyerah dan tak berniat mencoba beasiswa ini,“ ungkapnya.

Padahal Agis mengakui bahwa seleksi beasiswa ini terbilang cukup mudah. Pendaftaran beasiswa ini dilakukan via internet. Seluruh berkas berbentuk softcopy harus dilengkapi agar bisa memperoleh beasiswa ini. Syarat-syarat yang diperlukan yaitu motivation letter, curriculum vitae, identitas diri atau passport, ijazah, TOEFL, dan recommendation letter. Info selengkapnya bias dilihat di http://www.eurasia2.cz.

Untuk kemampuan berbahasa Inggris, panitia akan menilai berdasarkan skor TOEFL yang diperoleh atau ketika tes wawancara. Dan uniknya, panitia tidak menentukan standar minimal skor TOEFL yang harus dipenuhi. Intinya, harus berusaha dan berdoa agar beasiswa itu bisa kita raih,” tutupnya. (pnq)

14 thoughts on “Maulana Mughitz Naji, Penerima Beasiswa Erasmus Mundus

  1. The motivated and inspired stories that i found again.Wishes all of us who’s read are the part of this recepient’s scholarship.EUROPE AND AMRIK waiting me,waiting us,waitinggg the winner!!!Xo__

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s