Para Jawara OSN Pertamina

Setelah mengikuti seleksi yang cukup panjang dan ketat, akhirnya ditentukan para jawara Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina, Senin (8/10).Untuk kategori Theory, kali ini merupakan penentuan para jawara di tingkat final Provinsi. Kegiatan ini dilaksanakan di FMIPA jurusan Biologi, yang diikuti peserta sebanyak 36 orang. Setiap bidang (matematika, fisika, kimia, dan biologi), masing-masing terdiri dari 9 orang. Bentuk tes untuk kategori ini yakni berupa tes tertulis Essay dan Presentasi Open Ended.

           

Sementara itu, untuk kategori Science Project, kali ini merupakan penentuan pemakalah terbaik di tingkat regional. Di sini, Untad cukup berbangga diri, karena salah satu malakah asal Untad berhasil masuk ke tingkat regional, selanjutnya berkompetisi melawan mahasiswa asal Unhas, Unhalu, dan Unem. Seleksi tersebut dilaksanakan melalui Video Conference di Puskom Untad.

           

Pengumuman pemenang OSN Pertamina pun tiba. Dari masing-masing bidang Theory (matematika, fisika, kimia, dan biologi), diumumkan 3 juara terbaik, serta juara Science Project. Para jawara di bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi secara berturut-turut yaitu Agung Wicaksono (FKIP), Sri Ayuni Basri (FMIPA), Firmansyah (FMIPA), dan Oryza Satifa (FARMASI). 

 

Khusus Science project, dengan judul “Sel Angin, Solusi Praktis Pembangkit Listrik untuk Masyarakat Daerah Pegunungan dan Berangin” mendapat penghargaan untuk kategori poster terfavorit tingkat provinsi, dan pemakalah terbaik tingkat regional. Tim pemakalah tersebut yakni Satrio Amrullah (FMIPA), Pujiati Sari (FKIP), Edi Utomo Putra (FAPERTA), dan Agung Danu Wijaya (FMIPA). Selanjutnya, seluruh pemenang tersebut akan mengikuti seleksi tingkat nasional tanggal 26 s.d. 30 November 2012 mendatang di Jakarta.

 

Di akhir kegiatan, Pembantu Dekan I, Dr. Umrah, M.Si berpesan kepada seluruh peserta untuk selalu memiliki jiwa kompetisi yang tinggi dan selalu berusaha.

“Setiap kompetisi, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Bagi yang kalah tetap semangat dan berusaha tahun depan untuk mengikuti OSN Pertamina 2013. Bisa juga mencoba peluang di kompetisi lain seperti PKM dan PMW,” Ungkapnya. (pnq)

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s