Step-by-Step Sukses Meraih Beasiswa dengan IPK Rendah

Buku yang wajib dibaca.
Very recommended🙂

Judul Buku: Step-by-Step Sukses Meraih Beasiswa dengan IPK Rendah

Penulis: Tony Dwi Susanto, Ph.D

Penerbit: Media Mandiri, Yogyakarta

Cetakan: Pertama, Juli 2012

Tebal: 196 Halaman

 

Buku yang ditulis oleh Toni Dwi Susanto, Ph.D ini berisi informasi, dan motivasi beasiswa, serta strategi-strategi jitu dalam memenangkan beasiswa baik beasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Secara apik, beliau memaparkan dengan bahasa yang ringan, lengkap, dan detail dalam konsep “Strategi 14 Langkah” Sukses Meraih Beasiswa atau yang disingkat dengan istilah “Sambel”. Konsep ini merupakan rumusan langkah-langkah sukses meraih beasiswa berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang telah meraih 7 beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu juga berdasarkan pengalaman penerima beasiswa lainnya di forum-forum beasiswa yang selama ini penulis kelola. Salah satu forum beasiswa yang dimaksud adalah www.motivasibeasiswa.org.

Konsep “Sambel” yang terdapat dalam buku ini secara mudah menjabarkan hal-hal teknis apa saja yang sebaiknya dilakukan seorang pencari beasiswa agar berhasil memperoleh beasiswa, mulai dari cara mengumpulkan motivasi hingga berhasil memperoleh beasiswa.

Dengan hadirnya buku ini, seolah menjadi “Angin Segar” bagi mahasiswa yang mempunyai nilai pas-pasan saat duduk di bangku kuliah, tetapi memiliki keinginan yang besar untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Jika penulis yang memiliki IPK di bawah 3 saja bisa berhasil memperoleh banyak beasiswa dengan strategi yang ada dalam buku ini, apalagi jika kita memiliki IPK di atas 3.

Buku ini membeberkan berbagai rahasia dalam memenangkan beasiswa. Secara terang-terangan dijelaskan bahwa dalam memenangkan beasiswa, penilaiannya tak hanya berdasarkan nilai IPK saja melainkan juga dari berbagai penilaian lainnya seperti pengalaman organisasi, prestasi akademik/non akademik, daftar publikasi/tulisan, pengalaman kerja, dan lain sebagainya.

Selain berisi strategi empat belas langkah atau “sambel”, buku ini dilengkapi dengan contoh proposal penelitian, surat referensi, email kontak calon supervisor penelitian, pertanyaan wawancara beasiswa, cerita ringan pengalaman beasiswa, dan daftar beasiswa mulai dari pelatihan singkat hingga jenjang S3. Selain itu, uniknya buku ini dilengkapi juga dengan kumpulan ibadah dan doa mustajab beasiswa.

Lewat buku ini, pembaca akan diajak berpikir tak hanya secara lokal namun mengglobal. Bagaimana kita dapat mengenyam pendidikan di luar negeri kemudian pulang ke Indonesia bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Akhirnya, buku ini merupakan salah satu buku yang wajib dibaca, karena cocok buat semua kalangan. Cocok untuk pelajar yang ingin memperoleh beasiswa. Cocok untuk orang tua yang ingin memotivasi anak. Cocok untuk guru/dosen yang ingin memotivasi siswa/mahasiswanya. Selain itu, cocok juga untuk karyawan yang ingin meraih beasiswa untuk meningkatkan karir dan masa depannya.

 

5 thoughts on “Step-by-Step Sukses Meraih Beasiswa dengan IPK Rendah

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s