My Journey in 2012

2012Subhanallah, walhamdulillah, walaailahaillallah, wallahuakbar!

Segala Puji bagi Allah atas segala karunia dan nikmat-Nya sehingga tak henti-hentinya Allah memberikan rezeki yang tak terkirakan buat saya hingga detik ini. Semua yang kuperoleh ini tak lepas dari pertolongan-Nya, doa dan dukungan orangtua saya, dan juga orang-orang sekitar yang selalu memberikan motivasi buat saya.

Di tahun 2012 ini, Alhamdulillah hampir semua yang saya inginkan bisa terwujud. Mulai dari yang kecil hingga pada pencapaian yang besar telah kudapatkan. Sungguh, saya sangat bersyukur atas pencapaian ini. Bermula pada keikutsertaan saya di Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) bersama 2 rekan saya yakni Andi Rizky Hardiansyah dan Andi Fitriawati. Alhamdulillah PKM-KC kami didanai oleh DIKTI. Bahkan yang tak disangka, ternyata kami adalah salah satu tim yang bisa mengikuti Ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 25 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 9-12 Juli 2012.

Alhamdulillah sebelum mengikuti PIMNAS 25, terlebih dahulu saya melalang buana ke Aceh untuk mengikuti Youth Leadership Camp (YLC) tanggal 4 -8 Juli 2012. Tak percaya, ternyata saya merupakan peserta terbaik ketiga dari 100 peserta, yang dinilai berdasarkan CV dan formulir yang dikumpul. Selanjutnya, dilakukan tes kembali, dan Alhamdulillah saya termasuk dalam 50 peserta terbaik untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai.

Dari Aceh, saya langsung terbang ke Yogyakarta untuk mengikuti PIMNAS ke 25. Usai mengikuti YLC dan PIMNAS, saya berniat untuk mengikuti Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN) atau nama kerennya International Muslim Student Summit (IMSS) di ITB. Acara berlangsung mulai tanggal 15 – 19 Juli 2012.

Subhanallah, saya berjumpa dengan banyak orang hebat yang sangat menginspirasi. Sungguh kenikmatan ini tak dapat tergantikan. Dan perjalanan saya tak terhenti sampai sini, sob🙂

Perjalanan keluar daerah saya mulai kembali tepatnya di bulan November 2012. Bermula dari keikutsertaan saya pada kegiatan nasional yakni Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia di Jakarta pada tanggal 6 – 9 november 2012. Senangnya saat itu, saya dapat melihat seluruh pakaian adat yang dipakai oleh peserta dari sabang sampai merauke.  Kedua, saya melalang buana lagi ke Padang tepatnya di Universitas Negeri Padang untuk menghadiri undangan presentasi hasil penelitian  kami di event “Youth Reseacher Competition (YORECO) pada tanggal 16 – 18 november 2012. Alhamdulillah Untad raih 2 kategori juara yakni juara harapan 2 dan juara favorit. Luar biasa, di Padang saya juga berjumpa teman-teman yang berkecimplung di organisasi penalaran atau penelitian. Di kegiatan ini saya berjumpa dengan ARDILES (ketupat) yang dulunya pernah ikut juga FSLDKN di ITB kemarin. Saat di ITB, ia menginspirasi ribuan peserta IMSS melalui video motivasi “Ibu dan Kegagalanku”. Ketiga, saya kembali melalang buana di Jakarta untuk mengikuti OSN Pertamina kategori Science Project, pada tanggal 25-30 November 2012.

Mungkin teman-teman semua mengatakan “Apa gak capek jalan-jalan terus?”

Dan saya menjawab, capek sih iya. Tapi sungguh saya puas dengan semua ini. Akhirnya apa yang saya inginkan dan impikan bisa terwujud, yakni berjumpa dan bisa bersaing dengan mahasiswa lain di kancah nasional. Di sini lah karakter saya terbentuk. Nilai-nilai yang saya dapatkan yaitu semangat berkompetisi yang tinggi, nasionalisme, optimis, percaya diri, dan lebih beradab.

Saat tulisan ini saya tulis, tak terasa sekarang sudah memasuki bulan Desember 2012. Alhamdulillah hampir semua impian telah terwujud, dan sisa tiga impian yang belum jadi kenyataan. Yang pertama yaitu sebelum sarjana saya ingin bisa merasakan pendidikan di luar negeri. Kedua, raih gelar sarjana S1 (Haha… berarti impian kedua tak akan pernah terwujud jika impian yang pertama tadi tak pernah jadi kenyataan🙂 ), Ketiga, Belajar bahasa Inggris di Pare. Insya Allah jika udah sarjana akan terwujud🙂

Saat ini, saya lagi berjuang di beasiswa SUSI New Media In Journalist. Ya Allah…moga lolos, and bisa go to AMrik di awal tahun 2013. Aamiin🙂 Aamiin🙂 Aamiin🙂 Aamiin🙂 Aamiin🙂 Aamiin🙂 Sekali lagi ya Allah, kabulkan pinta terakhirku ini sebelum hamba sarjana…

5 thoughts on “My Journey in 2012

  1. assalamualaikum …
    sy sangat salut dengan kak puji , sy ingin bertanya kak, saya dari Program Pend. Bahasa Inggris …sy masih pemula banget, sy bingung mau belajar dari mana dulu . jadi mohon saran dari kak puji …

Mari berceloteh :)

