BRM FMIPA Laksanakan Pelatihan Menulis

Pak Dahlan selaku PD3 FMIPA menjadi pemateri pertama dalam kegiatan tersebut

Pak Dahlan selaku PD3 FMIPA menjadi pemateri pertama dalam kegiatan tersebut

Sebagai lembaga kemahasiswaan yang bergerak dalam bidang penelitian dan penalaran, Badan Riset Mahasiswa (BRM) FMIPA Untad menyelenggarakan pelatihan penulisan proposal PKM dan penulisan artikel ilmiah, Sabtu (22/12). Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Auditorium Teknik Untad yang dihadiri oleh mahasiswa FMIPA dari berbagai jurusan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas MIPA, H. Drs. Abdulllah, M.T.  Dalam sambutannya, Ia mengatakan sangat mendukung dilaksanakannya kegiatan pelatihan itu guna pengembangan kreativitas mahasiswa.  “Melalui kegiatan ini semoga menjadi moment  yang baik bagi mahasiswa dalam mengembangkan kreativitasnya, serta memanfaatkan setiap peluang berkompetisi dalam mengukir prestasi,” ungkapnya.

Hadir sebagai pemateri  dalam acara tersebut yakni  Prof. Dr. H. Mappiratu, MS. (Guru besar  FMIPA, dosen kimia), Dr. I Wayan Sudarsana, S.Si, M.Si. (Dosen Matematika, staf ahli Dikti),  Moh. Dahlan Th.Musa, S.Si, M.Si. (PD 3 FMIPA), dan Dra. Rina Ratianingsih, M.Si (Dosen Matematika).

Pemateri pertama, Moh. Dahlan Th.Musa, S.Si, M.Si., menyajikan materi tentang program unggulan kemahasiswaan. Ia mengatakan bahwa banyak program unggulan kemahasiswaan yang bisa diikuti oleh mahasiswa. “Baik DIKTI ataupun lembaga yang lain seperti PT. Pertamina telah memprogramkan berbagai kompetisi mahasiswa setiap tahunnya. Mulai dari PKM yang berujung ke Pimnas, Peksiminas, Mawapres, Osn Mipa, Osn Pertamina,  Debat Bahasa Inggris dan lain sebagainya,” ungkapnya. Bentuk kompetisinya pun tak hanya dalam hal penalaran dan penelitian saja, namun ada juga dalam hal minat dan bakat. “Jadi mahasiswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan apa pun, sesuai apa yang diminatinya.

Pemateri kedua, Dr. I Wayan Sudarsana, S.Si, M.Si. memaparkan materi tentang Program Kretivitas Mahasiswa (PKM). Dosen matematika yang juga menjabat sebagai staf ahli Dikti ini mengatakan bahwa mahasiswa dapat mengikuti PKM sesuai bidang yang diminati. Ada tujuh aspek kajian PKM yaitu bidang pengabdian masyarakat (PKM-M), kewirausahaan (PKM-K), penelitian (PKM-P), teknologi (PKM-T), karsa cipta (PKM-KC), gagasan tertulis (PKM-GT), dan artikel ilmiah (PKM-AI). Untuk PKM-M, PKM-K, PKM-P, PKM-T, dan PKM-KC, saat ini proses penyeleksiannya berada pada penilian proposal PKM oleh DP2M Dikti. Penilaian proposal ini dilakukan untuk menentukan proposal yang akan didanai di tahun 2013 mendatang. Sedangkan untuk PKM-GT dan PKM-AI akan dibuka pemasukan berkas PKM tersebut sekitar bulan Januari 2013. Olehnya itu diharapkan kepada mahasiswa Untad untuk menyiapkan gagasan dan hasil penelitiannya dari sekarang, agar dapat mengikuti PKM-GT dan PKM-AI.

Menurut Dr. I Wayan, banyak manfaat yang akan didapatkan mahasiswa dengan mengikuti PKM. “Di PKM, kita belajar menulis, meneliti, dan berkreasi. Bahkan kalau sampai ke tahap PIMNAS, kita bisa mendapatkan jalan-jalan gratis dan berjumpa dengan teman-teman baru,”paparnya.

Prof. Dr. H. Mappiratu, MS. sebagai pemateri ketiga membawakan materi tentang penguatan riset mahasiswa. Ia menjelaskan kepada peserta bagaimana melakukan riset  dengan benar, mulai dari pencarian masalah hingga penyusunan laporan akhir. Dalam penentuan ide penelitian, Ia berpesan agar mahasiswa dapat melihatnya dari permasalahan atau kondisi lokal yang ada di lingkungan. Contohnya permasalahan sampah di sekitar tempat tinggal, pemanfaatan kaktus dan pohon Johar, serta dampak penambangan di Poboya.

Pemateri terakhir, Dra. Rina Ratianingsih, M.Si membahas materi tentang Program Hibah Bina Desa.  Program ini merupakan program tahunan yang dibiayai oleh DP2M Dikti  maksimal 50 Juta. Melalui program ini, mahasiswa diminta untuk melaksanakan suatu program, yang sasarannya yakni masyarakat desa tertentu. Hal ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat bagi mahasiswa.

Akhirnya, kegiatan ini ditutup oleh Ketua Panitia, Dr. Lif.Sc. I Nengah Suwastika, M.Sc, M.Lif.Sc. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan materi yang telah diperoleh. “Saatnya bagi mahasiswa untuk berpikir kritis dan bertindak kreatif. Mulailah berkreasi dan berinovasi. Seringlah berkunjung ke website dikti, www.dikti.go.id untuk memperoleh berbagai informasi program unggulan kemahasiswaan,” tutupnya. (pnq)

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s