My Essay for DYLA 2012

P1010815Ini nih esai yang saya ikutin dalam seleksi DYLA 2012. Namun, sayang banget, saya ga lolos seleksi. Tapi tahu kah teman-teman, ternyata rencana Allah jauh lebih indah. Di saat saya ga lolos seleksi ini, alhamdulillah saya kedapetan job baru bekerja sama dengan EO dari jakarta untuk melaksanakan salah satu agenda roadshow perpustakaan nasional RI yakni Gerakan Nasional Indonesia Membaca. Alhamdulillah dapat rejeki nomplok🙂🙂

Well, ini nih esai saya. Sederhana banget😀

***

3 in 1 Marketing project ; Penggunaan Jejaring Sosial, Blog, dan Forum dalam sebuah website  Joomla untuk Meningkatkan Pemasaran pada suatu Perusahaan

Perkembangan dan kebertahanan suatu perusahaan dalam waktu jangka yang lama dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa diantaranya yakni adanya faktor inovasi dan strategi. Keduanya dapat menjadi sebuah hal yang tidak terpisahkan atau inovasi adalah bagian dari strategi perusahaan. Inovasi dalam suatu perusahaan tak sekedar hanya pada inovasi produk. Melainkan juga penting pada inovasi marketing (pemasaran). Olehnya itu, pada tulisan ini penulis akan menitik beratkan pembahasan mengenai inovasi dalam hal pemasaran.

Di zaman yang serba modern ini, marketing (pemasaran) dapat pula dilakukan secara modern, yakni penggabungan metode online dan offline. Jika dulu sebelum mengenal internet, suatu perusahaan hanya dapat memasarkan produk atau usahanya secara offline, yaitu menawarkan secara face to face atau bertemu langsung dengan para konsumen. Namun sekarang, di zaman seperti ini, pemasaran dapat dilakukan secara online menggunakan berbagai perangkat “new media” yang dapat digunakan dimana pun dan kapan pun kita berada.

Pernahkah kita berpikir, bagaimana sebuah situs seperti twitter atau facebook bisa begitu booming-nya? Semua kalangan menyukainya, dan kalau tidak punya akun di situs tersebut, kita dianggap tidak gaul alias cupu? Atau pernahkah kita merenung mengapa sebuah forum seperti kaskus menjadi situs asli Indonesia yag jadi nomor satu dikunjungi Indonesia? Dan situs tersebut bisa mengalahkan situs-situs berita online lainnya yang dulu merajai dunia maya di Indonesia, seperti detik.com.

Zaman sekarang, dunia internet bergerak begitu cepat, dan kalau suatu perusahaan berkeinginan untuk ikut eksis di dunia tanpa batas ini, tentu harus pintar-pintar membaca situasi. Sekarang adalah era-nya web 2.0, yang artinya sebuah situs akan stagnan jika hanya memberi info satu arah. Sementara itu, pembaca atau member berkeinginan untuk tetap saling berinteraksi, berdiskusi, bahkan berdebat di sana. Itulah mengapa media sosial seperti facebook atau twitter begitu booming hingga sampai detik ini. Hal itu disebabkan adanya interaksi antar personal yang seolah memindahkan kehidupan nyata kita ke dalam dunia maya. Bertegur sapa, bercerita, curhat, semuanya dapat dilakukan dengan hanya menekan tombol keyboard dan meng-klik mouse.

Website kaskus.us, forum terbesar di Indonesia yang setiap harinya dikunjungi orang menyediakan ruang seluas-luasnya bagi member-nya. Setiap harinya, member dapat saling berdiskusi , berkontribusi memberi info-info menarik, mulai dari ilmu pengetahuan sampai gossip-gosip panas. Ini membuktikan bahwa sebuah situs yang berbasis komunitas masih digandrungi dan disukai banyak orang.

Situs  yang berbasis komunitas dapat kita terapkan pula pada situs sebuah perusahaan dalam memasarkan usaha atau produknya. Dengan cara memadukan penggunaan jejaring sosial, blog, dan forum dalam sebuah website, maka kita dapat menciptakan website yang lebih fungsional, powerfull, dan interaktif. Inilah yang penulis maksud dengan konsep 3 in 1 marketing project. Manfaat dari konsep ini yakni perusahaan dapat memasarkan produk atau usahanya kepada siapa saja dimana pun berada, dan kapan saja. Konsumen dapat dimanja dengan berbagai kemudahan yang ada dalam website, sedangkan perusahaan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen.

Untuk membangun website jejaring sosial itu tidak lah sulit. Sebuah website akan lebih atraktif  jika dilengkapi fasilitas aplikasi pertemanan, forum, bloging bagi membernya, dan juga adanya sistem private message serta grup.

Salah satu program pembuat website yang mudah kita gunakan yakni aplikasi Joomla. Joomla adalah salah satu CMS yang sukses menghipnotis banyak orang berkat kemampuannya yang memudahkan kita dalam membuat sebuah website. Joomla memungkinkan kita membangun website dengan berbagai segmen dan tujuan, misalnya web pribadi, web company profile, toko online, atau forum seperti kaskus, bahkan membangun social networking seperti facebook. Selain itu, agar website Joomla lebih interaktif, kita juga dapat menggunakan komponen pendukung lainnya seperti Community Builder, Kunena, UddeIM, GroupJive, dan IDoblog.

Dalam hal inovasi pemasaran, melalui Joomla kita dapat menciptakan sebuah website toko online yang lebih atraktif, yang mana antara konsumen dan produsen/distributor dapat berinteraksi dengan baik dan mudah. Dimana kita juga dapat meng-sinkronkannya dengan aplikasi facebook, blog dan forum terbuka. Inilah salah satu konsep website yang dapat bertahan lama di era web 2.0 ini. Dalam konsep sinkronisasi ini, tak hanya kebermanfaatan dalam hal pemasaran produk atau usaha yang bisa kita dapatkan. Namun, kita juga dapat bersilaturahmi dan berjumpa dengan kawan baru dari daerah lain. Di forum seperti inilah kita dapat menemukan teman-teman yang se-hobi dengan kita, kita dapat berjumpa teman-teman yang se-profesi yang bisa diajak diskusi dan berbagi tentang banyak hal sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas diri kita serta lingkungan kerja. Melalui website ini pula, akan ada banyak pengetahuan dan informasi baru yang kan kita dapatkan baik informasi yang sifatnya lokal, nasional maupun internasional.

Ibarat dua sisi koin mata uang, media website juga memiliki sisi positif dan negatif. Di satu sisi ada manfaatnya, dan di sisi lain ada kerugian/kerusakan/penipuan yang bisa ditimbulkan. Itu semua tergantung dari sikap penggunanya. Bagaimana kita mnggunakan media ini dengan sebaik mungkin untuk sesuatu yang bernilai positif dan bermanfaat untuk orang banyak.

 

Sumber:

Farisi, Pajrin. 2011. Proyek Membuat Website Jejaring Sosial dengan Joomla. Yogyakarya : Lokomedia

2 thoughts on “My Essay for DYLA 2012

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s