Gerakan Nasional Indonesia Membaca, PERPUSNAS RI Sambangi UNTAD

Dari kiri ke kanan: Kepala Perpus Sulteng, Anggota DPR RI Komisi X; Akbar Zulfakar ST, Moderator; Ari Fahry, Pejabat Perpusnas RI; Drs, Moh.SYarif Bando, MM

Dari kiri ke kanan: Kepala Perpus Sulteng, Anggota DPR RI Komisi X; Akbar Zulfakar ST, Moderator; Ari Fahry, Pejabat Perpusnas RI; Drs, Moh.SYarif Bando, MM

Membaca, membuka jendela dunia. Dari kalimat tersebut jelas terlihat betapa banyaknya manfaat yang akan didapat dengan membiasakan diri membaca dan menggali informasi melalui berbagai jenis bacaan. Untuk menggalakkan budaya baca tersebut, Perpustakaan Nasional (PERPUSNAS) Republik Indonesia menggelar roadshow dengan menggandeng Universitas Tadulako sebagai partner penyelenggara acara itu.

Mengusung tema “Membangun Karakter Bangsa Melalui Kebiasaan Membaca”, roadshow gerakan nasional Indonesia membaca ini dihadiri oleh mahasiswa Untad dari berbagai fakultas. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Teknik Universitas Tadulako, Minggu (16/12).

Kegiatan inti dalam acara ini yakni talkshow bersama dua pemateri yang didatangkan langsung dari pusat. Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut yaitu Anggota DPR RI dari Komisi X, Akbar Zulfakar Sipanawa, S.T, dan perwakilan dari Perpustakaan Nasional, Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M.

Roadshow ini merupakan tindaklanjut dari Pencanangan Hari Kunjungan Perpustakaan dan Gemar Membaca yang dicanangkan Presiden Soehato, 14 September 1996. Kemudian pencanangan Gerakan Membaca Nasional saat bangsa Indonesia dipimpin Presiden Megawati tanggal 12 November 2003. Selain itu, pencanangan pemberdayaan gerakan membaca di masyarakat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 17 Mei 2006.

Menurut Anggota DPR RI dari Komisi X, Akbar Zulfakar Sipanawa, S.T, mengatakan membaca merupakan salah satu kunci sukses untuk berhasil. “Untuk menjadi orang sukses, langkah yang harus ditempuh yakni dengan banyak membaca, karena membaca dapat memperkaya pengetahuan kita”, ungkap Akbar.

Sementara itu, Menurut Muh. Syarif Bando, kegiatan yang diselenggarakan di Kota Palu ini merupakan salah satu rangkaian dari roadshow yang dilaksanakan Perpustakaan Nasional di 50 kabupaten/kota se-Indonesia. “Kegiatan ini merupakan roadshow perpustakaan nasional untuk membangun karakter bangsa melalui kebiasaan membaca. Karena perpustakaan sebagai sarana dan sumber untuk pencerdasan anak bangsa,” ujarnya.

“Posisi perpustakaan dalam pembangunan semakin tampak jelas, perpustakaan merupakan lembaga yang patut dan perlu dipertimbangkan kesejajarannya terhadap lembaga sekolah sebagai lembaga fungsional pencerdasan kehidupan masyarakat di luar satuan pendidikan,” katanya.

Melalui roadshow ini, diharapkan kepada seluruh masyarakat Kota Palu agar membudayakan kebiasaan membaca, serta secara sinergi dan kooperatif bersama-sama terus membiasakan diri berkujung ke perpustakaan. Selain itu diharapkan juga untuk aktif berkampanye gerakan membaca. (pnq)

 

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s