Belajar Berkarya melalui PKM

P1050092

Tim PKM-KC dari kiri ke kanan; Pujiati Sari (ketua), Andi Rizky Hardiansyah, dan Andi Fitriawati. We presented “Game Edukasi Adventuro of Yojo”

Di sini bukannya saya lebih hebat dari kalian, tapi saya hanya sekedar berbagi apa yang pernah saya alami di bidang ini. Saya yakin, sahabat semua lebih hebat dan jenius semuanya.

Well, kalian semua pasti tahu apa itu Program Kreativitas Mahasiswa, atau nama bekennya yakni PKM. Bagi mahasiswa yang tidak tahu, tentu dipertanyakan keberadaannya di kampus. Kenapa demikian? Karena event ini merupakan event yang paling digandrungi oleh mahasiswa. Setiap tahun peserta yang ikut berpartisipasi selalu meningkat. So, bagi kalian yang belum tahu, silahkan baca panduan pkm yang ada di website dikti; www.dikti.go.id .

Di sini, saya tidak akan memaparkan panjang lebar apa itu PKM dan segala tetebengeknya, karena sahabat semua bisa membacanya di panduan pkm. Akan tetapi saya akan berbagai perjalanan dan lika-liku mengikuti PKM.

Hmmm  sekitar  tahun 2009, kala itu saya  masih sangat asing dengan yang namanya PKM. Awalnya saya dkk membuat proposal PKM-M tentang pelatihan komputer buat mahasiswa. Dari judul yang amat sederhana itu, kalian udah bisa tebak kalau PKMku gak didanai😀 Yah…itulah perjuangan pertama say saya nyoba PKM.

Setitik Cahaya Itu Datang

PIMNAS ke 23 di Universitas Mahasaraswati, Bali (20-24 Juli 2010)

PIMNAS ke 23 di Universitas Mahasaraswati, Bali (20-24 Juli 2010)

Tahun 2009 berlalu dan berganti tahun 2010. Saya ikutan proposal PKM lagi dengan ide yang berbeda, namun sayang gak gol juga. Hmmm tak perlu bersedih, karena sekitar maret 2010, saya dkk ikutan PKM-GT tentang ekspansi kebudayaan Indonesia. You know friend, Alhamdulillah kami diundang untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 23 di Universitas Mahasaraswati Bali (20-24 Juli 2010). Subhanallah akhirnya tangis dan keringat yang keluar, telah tergantikan!🙂 Luar biasanya lagi, tim kami menjadi pemenang favorit di bidang PKM-GT kelas A. Di event ini, saya bertemu dengan sahabat-sahabat se-Indonesia yang hebat-hebat and very inspiring! Kala itu, impian saya ingin bersaing dengan mahasiswa dari kampus ternama seperti UI, UGM, UNPAD, ITB, UNIBRAW, dll, Alhamdulillah telah terwujud. Ya Allah subhanallah sekali pokoknya ^_^

Dari kiri ke kanan; Saya (Pujiati Sari), Juri, Supriyadi, my old sister (Yuliana Sari)

Dari kiri ke kanan; Saya (Pujiati Sari), Juri, Supriyadi, my old sister (Yuliana Sari)

Saat mengikuti PIMNAS di Bali, Alhamdulillah kami diajak pembimbing PKM untuk jalan-jalan ke Lombok, NTB. Kami jalan-jalan ke Batu bolong, pantai senggigih, pantai aan, dll. What a beautiful journey🙂🙂🙂

Hidup Seperti Roda

Tahun 2011 saya dkk ikut buat proposal PKM lagi. Kali ini saya ngajak teman-teman yang berbeda dalam satu tim di bidang PKM-M dengan ide sosialisasi bahaya radiasi hp. Yahhh sayangnya ga gol😦 selidik punya selidik, emang ternyata proposal saya banyak kekurangannya. Ya udah, saya berjuang lagi (Ganbatte Puji😀😀 try again🙂 )

Di tahun yang sama, saya nyoba lagi PKM, tapi bidang PKM-GT. Saya ga gol juga😦 Hmmm emang sedih sih tapi mau gimana lagi. Ya berarti emang tahun 2011 adalah tahun FREE untuk PKM (Merdeka! Merdeka!😀 hehe )

2012; Shine for us

Saya semakin penasaran dengan PKM, pengen coba dan coba lagi. Setelah belajar dari pengalaman, akhirnya saya dkk berjuang lagi. Di tahun ini ada bidang baru, yakni PKM-KC. Bidang itulah yang kami geluti.

Pagelaran Poster dan Produk PKM @ Gedung Sportorium UMY

Pagelaran Poster dan Produk PKM @ Gedung Sportorium UMY

Sungguh, sangat terasa perjuangannya mengikuti PKM-KC ini.  Awal mula, saya kebingungan mencari ide yang bagus buat PKM. Soalnya untuk bisa tembus PIMNAS kita mesti memiliki ide blirian atau baru yang menarik. Dan Alhamdulillah saya dapet rekan PKM yang bisa diajak kerja sama, yaitu Andi kuadrat; Andi Rizky Hardiansyah, dan Andi Fitriawati. Judul PKM-KC yang kami ajukan yakni Game Edukasi “Adventure of Yojo” berbasis RPG (Role Playing Game) Sebagai Solusi Kreatif untuk Melestarikan Kebudayaan Sulawesi Tengah.  Kala itu, saya yang menjadi leader di program ini. Hmmm, udah dari awal, saya optimis akan tembus PIMNAS ke 25. Itulah impian yang saya tulis di kertas lalu memajangnya🙂 Dan Alhamdulillah IMPIAN ITU TERWUJUD. LUar biasanya nikmatMu, ya Allah…

Pernah suatu ketika saya berkata ke tim, “Kita jangan asal-asalan menjalani PKM, coz supaya bisa menang di PIMNAS. Saya yakin, kita tembus pimnas”, kataku.

“Hmm, tidak usah dulu bahas sampe pimnas. Untuk didanai saja belum tentu :-p Optimis sekali kamu ini,” ucap salah seorang rekan pkm-ku.

“Gak, kita memang mesti optimis dari sekarang. Karena doa dan keyakinan ini akan turut mewujudkan impian  itu,” sekiranya begitu yang saya ucapkan😀

Dannnn Alhamdulillah luar biasa, that’s come true! Yeah… We go to PIMNAS 25 di Universitas MUhammadiyah Yogyakarta (9-12 Juli 2012). Awalnya ini hanya mimpi kawan! Hanya mimpi! SO, jangan remehkan kekuatan mimpi. INGAT!

Well, kembali pada perjuangan mengikuti PKM-KC. Bagi saya, terasa banget perjuangannya kala mengerjakan proyek itu. Bolak balik ke perpustakaan daerah, ke lembaga kebudayaan, ke tokoh budaya, nyusun ide cerita, ngedit cerita, ngedit aplikasi, minta saran ke Pak Asri, dsb, itulah kesibukan kami. Alhamdulillah Kami membagi dan mengerjakan tugas dengan baik. Itu semua karena saya mempunyai tim yang solid. I like it!

Oh iya, saya punya saran buat sahabat semua jika ingin tembus pimnas. Pertama, carilah ide yang sangat menarik, terbaru, unik, atau tinggi nilai komersilnya. Jika kalian kesulitan memilih ide, atau punya ide tapi ga punya keterampilan untuk melaksanakannya, silahkan bergabung dengan teman yang punya kemampuan sesuai yang kalian inginkan. Misal, kamu hanya punya semangat dan kemauan belajar saja. Maka kamu mesti mencari kawan yang punya ide blirian dan kawan yang punya bakat menulis. Masalah terlaksana/tidaknya program nanti, kan kita bisa minta bantuan jasa dari orang di luar tim.

PIMNAS 25 ; It’s my dream😉

2 Tim PKM dari Universitas Tadulako

2 Tim PKM dari Universitas Tadulako

Foto bareng dengan Pejabat DIKTI

Foto bareng dengan Pejabat DIKTI

Finally I go to PIMNAS 25 at UMY. Thanks to Allah for this achievement. Alhamdulillah satu mimpi saya telah tercoret. Hmmm, perjalanan yang sedikit melelahkan saat itu. SOalnya, sebelum mengikuti PIMNAS di UMY, saya mengikuti kegiatan Youth Leadership Camp (YLC) di Aceh (4-8 Juli 2012). Sehingga pas ke UMY, saya ga barengan rombongan. Saya ketemu mereka di Penginapan di Yogyakarta.

Rombongan dari UNTAD ;-) :-)

Rombongan dari UNTAD😉🙂

9 Juli 2012, Pagi sekitar jam 10 kami langsung menuju Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pagi itu diawali dengan registrasi kembali peserta. Tim kami agak ribet dalam pengurusan file presentasi. Soalnya perlu dilakukan perbaikan pada file video yang kami imput. Finally, berhasil juga. Setelah daftar, senengnya ternyata peserta dapat sebuah flash 4 GB berbentuk icon pimnas 25. I like it😉 Dapet tas warna hitam juga. Keren🙂

Depan Sportorium, Foto bareng dengan rekan seperjuangan di PIMNAS

Depan Sportorium, Foto bareng dengan rekan seperjuangan di PIMNAS

Megahnya sportorium di kala malam hari. What a beautiful view :)

Megahnya sportorium di kala malam hari. What a beautiful view🙂

Peserta dan pembimbing PKM @Pembukaan PIMNAS, Sportorium UMY

Peserta dan pembimbing PKM @Pembukaan PIMNAS, Sportorium UMY

Jika dibanding dengan PIMNAS ke 23 di Bali, Pimnas ke 25 ini terlihat lebih mewah dan wah. Segala sesuatunya menggunakan teknologi yang canggih.

Narsis bareng dengan Icon PIMNAS dan kawan baru.

Narsis bareng dengan Icon PIMNAS dan kawan baru.

Naik kereta2an di UMY.Hehe ga tau apa nama kendaraannya :-D

Naik kereta2an di UMY.
Hehe ga tau apa nama kendaraannya😀

Ada rasa puas dan syukur ketika saya bisa bersaing dengan kawan-kawan se-Indonesia. Di sini kami bisa berbangga diri bahwa universitas Tadulako BISA! Kita gak kalah hebat dengan mereka. Hmmm, ketika  presentasi saya senang bisa memaparkan sedikit kebudayaan Kaili. Bagi saya, pimnas kemarin tuh, kami tak hanya menjadi seorang presenter saja, melainkan DUTA BUDAYA SULAWESI TENGAH🙂😉🙂 Senangnya, bisa mengenalkan begini loh Palu😀

Foto bareng anak Unhas. Dia seneng main Game AoY

Foto bareng anak Unhas. Dia seneng main Game AoY

Kawan dari Unhas lagi maen AoY :-)))) @Pameran produk dan Poster di Gdg Sportorium UMY

Kawan dari Unhas lagi maen AoY🙂 @Pameran produk dan Poster di Gdg Sportorium UMY

Pembimbing PKM dari Surabaya, sangat tertarik dengan game AoY.Wah keren :-)

Pembimbing PKM dari Surabaya, sangat tertarik dengan game AoY.
Wah keren🙂

Namun sayang, kami ga menggondol piala seperti dua tahun sebelumnya. Kali ini kami ga menang. EMang sedikit kecewa sih. Tapi bagi kami, kami yang hadir di PIMNAS ini adalah para pemenang semuanya. Kami adalah yang terbaik di sini. Hal itu juga dikatakan oleh Pejabat DIKTI.

Saya foto bareng dengan Kak Nova Refista asal Univ Andalas Padang. Dia alumni IELSP loh! juga jadi jawara di PKM-KC kelas B...Kami tak sekelas saat itu :-)))Senengnya bisa ketemu...

Saya foto bareng dengan Kak Nova Resfita asal Univ Andalas Padang. Dia alumni IELSP loh! juga jadi jawara di PKM-KC kelas B…
Kami tak sekelas saat itu🙂
Senengnya bisa ketemu…

P1040918

Yang wajahnya menengok kemari adalah Mas Adi Setiawan. Rekan PKM-KC sekelas.
Hebatnya timnya juara 1 presentasi PKM, dan juara kategori poster.
Subhanallah hebatnya🙂

@Candi Borobudur, Semarang

@Candi Borobudur, Magelang

HMmm, mungkin sampe di sini dulu ya bagi-bagi pengalamannya. Lain kali kalo ada kesempatan bakalan saya sambung. OK? ^_^ Jika ada pertanyaan seputar PKM, silahkan aja nanya…Saya malah senang jika ada yang menanyakan tentang hal itu.

Mari berceloteh :)

