Youth Leadership Camp (YLC) 2012

Nyanyi bareng 100 peserta YLC 2012

Nyanyi bareng 100 peserta YLC 2012

YLC… YLC…YLC mari berbagi…

Ayo mari…ayo mari…

Mari kita unjuk aksi…  

YLC… YLC…YLC mari berbagi…

Ayo mari…ayo mari…

Mari kita unjuk aksi…  

Kami para pemimpin Indonesia

Datang dari Palu Jogja Surabaya

Ada yang dari pulau sumatera

Semuanya ngumpul di YLC aja…

(~Theme song of YLC 2012 menggunakan nada iwak peyek😀)

Kalian tahu sahabat semua, sebelumnya gak ada agenda YLC ini dalam hidupku. Saya udah mengatur segala kegiatan yang akan saya ikuti, namun YLC datang “mengacaukannya”. Dan ini komitmenku, mengikuti kegiatan yang super duper LUAR BIASA KERENnya hingga kumerelakan uang saya habis ludes untuk mengikuti ajang perdana yang bergengsi ini.

Foto bareng dengan panitia

Foto bareng dengan panitia

Hmmm, selama ini saya udah banyak ikut berbagai kegiatan nasional, mulai FSLDKN, YORECO, OSN Pertamina, PIMNAS, Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia. Dan saya akui bahwa YLC lah kegiatan yang paling perfect! Dari ketepatan waktunya, pemateri yang hebat dan terkenal, panitia yang ramah dan kinerjanya OK, baik panitia yang mudanya maupun panitia yang bapak/Ibu😀

Saya ingat betul, uang yang saya agendakan buat tabungan, nambah-nambah buat S2, eh malah habis terpakai untuk kegiatan ini. Mungkin teman-teman bakalan bilang,

“Ih rugi banget!”

“Sayang banget uangnya hanya terpakai buat jalan-jalan saja mending buat nambah-nambah tabungan S2”

Dan berbagai pendapat lainnya.

Namun uang saya itu, NEKAD saya relakan demi mengikuti ajang itu. Uang yang saya pakai yaitu uang beasiswa, dan intensif dari PKM.

Tak perlu saya sebutkan berapa nominalnya. HItung aja, gimananya mahalnya tiket pesawat ketika liburan di bulan Juli. Apalagi rutenya ke Aceh. Wow, ke ujung! Hitung sendiri kira-kira berapa budget yang saya butuhkan kala itu.

Hmmm, awalnya saya iseng aja mengikuti ajang ini. Tapi di balik keisengan itu terselip juga rasa keinginan yang besar agar bisa ikut kegiatan itu. Alasan lain karena ingin mengecek kemampuan apa saya bisa masuk 100 peserta yang bisa berpartisipasi di ajang itu, dan juga karena pengen ketemu dengan bang Ahmad Fuadi, penulis N5M, dan R3M.

Dari kiri ke kanan: Diana, Bang Fuadi, Saya

Dari kiri ke kanan: Diana, Bang Fuadi, Saya

Akhirnya kucoba mengirimkan berkas. Mulai formulir dengan esai yang bejibun, CV, dan foto. Saat itu, panitia meminta biaya registrasi 100 ribu. Sent!

Viola I am the grantee

Narsis with sister Ayu from Jakarta

Narsis with sister Ayu from Jakarta

Alhamdulillah saya dinyatakan sebagai salah satu peserta YLC 2012. Tebih terkagetnya saya saat melihat nama saya terpampang sebagai peserta urutan terbaik no.3 dari 100 peserta yang ada, dalam hal seleksi berkas. Wow gak nyangka banget. SUbhanallah🙂 Yang saya gak nyangka adalah “ternyata anak UNTAD juga bisa!” Meski dari kampus yang gak terkenal juga bisa. Saat itu, kalau dari 5 terbesar terbaik, UNTAD bersaing dengan IPB, Paramadina, UI, dan UGM (urutan 1, 2, 4, dan 5). Sahabat perjuangan saya; Diana yang juga asal UNTAD, ia berada pada urutan ke-48. (Eits Puji jangan senang dulu. Hehe) Ini ternyata hanya slekesi berkas saja. Karena selanjutnya akan ada seleksi lagi, peserta akan disaring menjadi 50 peserta terbaik, then di akhir kegiatan bakalan diumumin 10 peserta terbaik yang akan mengikuti exchange program di Australia. Wow keren ya🙂

Sebelum berangkat ke Aceh, seminggu sebelumnya saya dan Diana menyiapkan segala sesuatunya. Kami membuat proposal dana yang bisa kami ajukan ke beberapa instansi. Keselnya saya pada saat itu, pihak gebernur tak memberikan kami bantuan dana ‘cepat’ agar kami bisa mendapat keringanan biaya. Masa sih, dana yang kami butuh sekarang, tapi keluarnya nanti tahun 2013. Parah nih! Gimana Palu bisa berkembang! Kalau pemerintahnya tak mendukung secara cepat dan tanggap. Usaha kami pun nihil. Kami tak mendapat bantuan dari gebernur. Sementara itu, pihak kampus hanya memberikan uang saku 500ribu/orang. Ya Alhamdulillah bisa buat jajan di sana😀 Selanjutnya, terbang lah saya seorang diri ke Aceh. SOalnya saya beda pesawat dengan Diana.

Perjalanan yang Panjang dan Melelahkan

P1040318Aku berjalan mengikuti arah “mata angin”

Yang telah aku agendakan beberapa hari sebelumnya

Bukan jalan-jalannya yang kucari

Tapi demi sebekal ILMU dan Pengalaman

Demi Tuhan, aku takut diterjang singa dan bala tentaranya

Berjalan seorang diri menuju pulau di ujung sana

Sungguh, ini perjalanan yang melelahkan…

Tapi aku PUAS!

YLC menjadi agenda pertama nasional di tahun 2012. Menjadi perjalanan pertama menggunakan pesawat di tahun 2012, setelah sebelumnya saya terakhir kali November 2011 menaiki pesawat. Sungguh, keletihan yang tak tertahankan melakukan perjalanan ini. Seolah ‘bosan’ berganti pesawat terus dalam sehari. Gimana tidak? Dalam sehari saya berganti pesawat hingga 4 kali. Dengan rute Palu-Makassar-Jakarta-Surabaya-Medan-Aceh. Mabok lah saya saat itu (Eits jangan bayangin sama maboknya kayak naik bus :-p Beda lah!)

Proud to be Sulawesian😀

First day berjumpa dengan 100 agent of change

First day berjumpa dengan 100 agent of change

Tiba di acara YLC, kami terharu, ternyata kami adalah peserta terjauh dari timur. Peserta yang lain rata-rata berasal dari pulau jawa dan sumatera. Saya senang banget bisa menjadi salah satu peserta di sini.

Good women ;-)

Good women😉

Alhamdulillah, saya dan Diana juga bisa masuk 50 peserta terbaik, sehingga bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Namun, unfortunetly, kami gak masuk 10 peserta terbaik yang ikut exchange ke Aussie.

Bang Fuadi ngasih motivasi sukses

Bang Fuadi ngasih motivasi sukses

Mbak yang satu ini ngasih materi tentang cara berkomunikasi yang baik

Mbak yang satu ini ngasih materi tentang cara berkomunikasi yang baik

Mbak yang satu ini eksis di media, jadi ngasih materi tentang media

Mbak yang satu ini eksis di media, jadi ngasih materi tentang media

Bapak yang satu ini ngasih materi tentang media televisi

Bapak yang satu ini ngasih materi tentang media televisi

Bapak bule ini ngasih materi tentang indonesia-Australia

Bapak bule ini ngasih materi tentang indonesia-Australia

Mawapres 2012 ngasih motivasi. Seneng banget saya ketemu beliau. Dapat motivasi lagi :-)

Mawapres 2012 ngasih motivasi. Seneng banget saya ketemu beliau. Dapat motivasi lagi🙂

To be continued

If you want to know more the story, please send me message to 085241318273. Ask to me to continue the story :-p

4 thoughts on “Youth Leadership Camp (YLC) 2012

  1. continue Puji, you are a great person..Bang Azwar. it’s a very nice journey, right. it’s good story your personal story to YLC 2012. see u in YLC 2013 in CIbubur ya.

Mari berceloteh :)

