Tingkatkan Semangat dan Kemampuan Menulis, HIMARIN FAPETKAN Laksanakan Pelatihan KTI

Dr. Ir. A. Masyahoro Paello, M.Si sedang memaparkan materi tentang perancangan percobaan. Wuihh mesti kuat statistik :-D

Dr. Ir. A. Masyahoro Paello, M.Si sedang memaparkan materi tentang perancangan percobaan. Wuihh mesti kuat statistik😀

Dalam rangka meningkatkan semangat dan kemampuan menulis mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Perikanan (HIMARIN) Fakultas Peternakan dan Perikanan (FAPETKAN) melaksanakan pelatihan metode penelitian dan penulisan Karya Tulis Ilmiah, sabtu (23/2). Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Budidaya Perairan FAPETKAN ini mendatangkan peserta sebanyak 250 orang dari berbagai fakultas Untad.

Secara resmi kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan III FAPETKAN, Dr.Ir. Fadly Y. Tantu, M.Si. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini.

“Saya sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan ini. Semoga banyak mahasiswa Untad yang bisa menjadi pionir di di bidang penelitian dan penulisan KTI,” Ucap Wakil Dekan III. “Keikutsertaan mahasiswa dalam  bidang riset merupakan salah satu bentuk pengembangan keintelektualan. Olehnya itu, penting untuk mempelajari dan mendalami bidang riset, agar ketika mengerjakan tugas akhir (skripsi) bisa lebih mudah. Selain itu, saya yakin mahasiswa yang berkecimplung di dunia riset akan menjadi sarjana yang dicari perusahaan, karena mempunyai kemampuan bernalar yang baik,” tambahnya.

Pelatihan dihadiri oleh dua pemateri handal, yang merupakan dosen FAPETKAN. Pemateri tersebut yakni Dr. Ir. Jusri Nilawati, M.Sc., dan Dr. Ir. A. Masyahoro Paello, M.Si.

Materi pertama dipaparkan oleh Dr. Ir. Jusri Nilawati, M.Sc., dengan judul materi yaitu “Planning A Reseach Programme”. Menurutnya bahwa sangat penting bagi seorang peneliti untuk menyusun perencanaan yang baik dalam program penelitiannya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan penelitian diantaranya adalah menyusun hal-hal yang ingin diperoleh dari penelitian, membuat pertanyaan-pertanyaan yang sesuai penelitian, mengumpul literatur dari sumber yang terpercaya, menentukan media yang diperlukan untuk mempresentasikan hasil penelitian, menentukan banyaknya data yang diperlukan, dan lain sebagainya. Selain itu, alangkah baiknya jika seorang peneliti lebih aktif berkonsultasi dengan pembimbingnya, agar tidak salah dalam pengambilan data penelitian.

Sementara itu, materi kedua dibawakan oleh Dr. Ir. A. Masyahoro Paello, M.Si. Dosen yang handal dalam bidang statistik ini memaparkan materi tentang “Metode Penelitian Praktis melalui Perancangan Percobaan”.  Perancangan Percobaan diartikan sebagai rangkaian kegiatan berupa pemikiran dan tindakan yang dipersiapkan secara kritis dan seksama mengenai berbagai aspek yang dipertimbangkan dan sedapat mungkin diupayakan dalam pelaksanaan suatu percobaan dalam rangka menemukan pengetahuan baru. Dalam metode penelitian ini, seorang peneliti harus memiliki pemahaman dan kemampuan statistik yang baik agar tidak melakukan kesalahan dalam pengolahan data. Di akhir materi, pemateri juga memberikan penjelasan tentang proses pengolahan data penelitian khususnya analisis regresi dengan menggunakan berbagai aplikasi komputer. (pnq)

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s