Semua Terlukis Indah karena-Nya ^_~

menungguAssalamu’alaikum wr. wb.

Bulan kemarin tuh bener-bener waiting mode. Gimana tidak, ada beberapa event yang saya ikut, namun info selanjutnya tak kunjung ada.

But, Viola… akhirnya satu persatu mulai ada hasilnya…🙂😉

Event atau kompetisi yang saya ikuti:

1) PKM-KC

2) ASEAN Technopreneurs Exchange (ASTEX)

3) MITI AWARD

4) SUSI on New Media In Journalism

5) Beasiswa DataPrint…

***

Well, untuk yang poin 1, sayang sekali saya belum beruntung. AKhirnya garaan sebagai “Neneknya PKM” pudar lah sudah. hehe. Kali ini saya gak seberuntung seperti tahun-tahun sebelumnya (2010 PKM-GT lolos PIMNAS ke Bali, dan 2012 PKM-KC lolos PIMNAS ke Yogyakarta).

Hmmm, 4 kali ikut PKM selama S1 ternyata gak selamanya beruntung. 2009 gagal, 2010 berhasil, 2011 gagal, 2012 berhasil, 2013 gatot (gagal total😀 ). Padahal saya dkk PD banget kalo PKM-KC 2013  kami bisa tembus PIMNAS di tahun  ini. Insya ALLAH lewat PKM-GT kali ya? hehe Aamiin🙂

Padahal kalo dipikir ide PKM-KC kami keren loh. Kami rencananya bakalan buat sepeda Hybrid, yakni sepeda listrik yang memanfaatkan energi angin dan matahari sebagai bahan bakarnya. Jadi, ada penggabungan antara proses pengkayuhan sepeda secara manual dan otomatis. Ide ini muncul, ketika melihat secara geografis wilaya kota Palu terdiri atas 3 penggabungan, yaitu adanya Teluk, lembah, dan pegunungan. (Keren kan? hehe😀 tapi sayang, proposalnya tidak lolos tuk didanai). Hmmm biarlah. Mungkin rejekiku di tempat lain. Ya, mungkin ALLAH telah mempersiapkan sesuatu yang lebih luar biasa. Cetar membahana😀

Next pada poin 2, alhamdulillah saya lolos seleksi berkas, dan menjadi calon peserta untuk kegiatan tersebut yang akan berlangsung tanggal 11 s.d 15 Maret 2013 di Universitas Teknologi Petronas (UTP), Malaysia.

Untuk lolos berkas, saya mesti ngisi formulir, scan TOEFL ITP, paspor, sertifikat, dan rela bermohon minta surat rekomendasi dari Dosen. Saat itu, bingung nyari dosen yang mau buatkan itu. Ahhaa, akhirnya Bos di Media Tadulako bersedia memberikan rekomendasi. Alhamdulillah…

Hmmm, sebenarnya saya ga begitu berharap bakalan kesampean akan jadi ikut kegiatan ini. Meski saya sudah dinyatakan sebagai salah satu pesertanya. Soalnya hingga detik ini, saya belum punya dana keberangkatan ke sana. Dana dari kampus mungkin awal maret baru ada, tapi blm pasti juga kapan adanya. Sedang dana dari Gebernur, wuih sangat sangat tak bisa diharap…Padahal batas biaya registrasinya tuh tanggal 22 februari kemarin. Hemmm, kalo bukan rejeki, ya udah biar ku rela dengan ketentuan-Nya.

Dan you Know, Semua Terlukis Indah karena-Nya ^_~
subhanallah ternyata ALLAH menggantikannya dengan yang lebih baik, lebih keren, lebih dahsyat. Gimana tidak? Oke tak apalah saya batal ke KL bulan Maret ini, tapi luar biasa ternyata ALLAH mengizinkan ku tuh menyambangi 3 NEGARA sekaligus (Malaysia-Singapura-Thailand), insya ALLAH tanggal 19 s.d. 25 Mei 2013 mendatang. Semoga tak ada halangan. Aamiin.

Mau tau dalam agenda apa?
*Waduh kasih tahu gak ya? Yo wes saya kasih tahu aja. Ini kan kabar gembira. Alhamdulillah saya diajak my old sister; Kak Yuliana Sari, tuk menemaninya jalan-jalan ke Thailand. Fortunately,  dia menang kompetisi lagi via fb. *Kali ini, saya akui kalo kak Yuli ternyata orangnya baik. (hehe ada maunya😀 )

Wiuhh, saya mesti full preparing nih. Mulai dari cari informasi tempat yang mana akan dikunjungi, tempat penginapan, tukar uang ke mata uang sana, cari peta, cari link n’ para backpacker. Subhanallah, ini bener-bener pengalaman pertama melancong alias menjadi backpacker ke negeri asing, yang mana tanpa ada satu pun yang jadi guide. Benar-benar menantang. Kami harap, semuanya kan dimudahkan oleh-NYa. Aamiin.

Now, beralih ke poin 3. Yeah MITI Award. Kalo gak salah, seleksi awal tuh berakhir di tanggal 31 Oktober 2012. Di tanggal itu, saya isi formulir, scan sertifikat yang bejibun, de es be. Next, tanggal 15 November 2012 deadline Essay. Hingga tanggal itu, saya belum mengirim essay untuk tahapa seleksi kedua. Tapi alhamdulillah panitia mengizinkan tuk ngirim di tanggal 16 November, coz saat itu, sikonnya saya lagi di Universitas Negeri Padang (UNP), lagi ikut PPIPM Fair. Khususnya ikut event Yoreco.

Saya yang tak tahu gimana seleksi selanjutnya, alias belum ngeh dengan alur lomba Miti Award ini, akhirnya membuat Essay asal-asalan. Kayaknya mendekati hancur deh. hehe. WOng dibuatnya cuma dua jam kayakya.

Eits, tak disangka, beruntungnya saya, ternyata lolos ke tahap seleksi yang ketiga, yakni tes wawancara. Wawancara dilaksanakan tanggal 6 Desember 2012.

Saya pelajari deh tuh formulir yang pernah diisi. Dengan keyakinan yang penuh, saya total mempelajari isi formulir. Dan eng ing eng… ternyata pas tes wawancara yang ditanya tuh esai yang pernah saya buat. Astagfirullah, kalo esai hanya sepintas saya mempelajarinya😦 And you can know that. Ahaa,,, bener banget, wawancara saya ancur banget. Full english, tapi hancur sehancur hancurnya😀

Next, hingga detik ini, pengumumannya belum juga nampak😦
Info terakhir yang saya ketahui bahwa emang belum diumumin  pemenang untuk area Sulawesi yang akan masuk ke tahap seleksi ke empat, yakni SELEKSI SECARA NASIONAL. Wuihhhh, semoga saya ya *Ngarep. Tapi aamiin deh…

Oh iya, sempat gugling, saya mendapatkan satu teman dari ITB yang lolos ke Tahap nasional (Wah ternyata untuk daerah jawa sudah diumumin pemenang yang akan ke nasional). Hmmm, ketika saya menemukan di blognya; essay untuk seleksi MA. Huahhh, saya jadi ciut😦 Betapa kerennya essay yang dibuatnya. Esay-nya secara khusus membahas program yang tengah iya kerjakan pada proyek program hibah bina desa. Sedang kalo esai saya, lebih saya paparkan secara umum mengenai aktivitas saya selama kuliah. Yeah, kalo Allah mengizinkanku tuk sampe ke tahap nasional, mungkin Contoh secara khususnya bisa saya paparkan di situ. Aamiin.*Kudu ng-fasihin english dulu nih, coz kalo mau menang mesti mahir itu (sarannya Akh Zukir asal UNP, alumni Miti award). Wokeh wokeh Puji akan belajar🙂

Hijrah ke poin 4, yaitu SUSI on New Media In Journalism.

Yeah, beasiswa Ke Amerika selama 5 minggu. Deadline berkasnya kemarin tuh sekitar bulan Desember, dan sampai sekarang belum ada pengumumannya. Kata temen-temen sih nanti Maret 2013 pengumumannya. Wokeh Puji tunggu🙂
Hmmm, rela deh nunda sarjana, jika Puji lolos nih beasiswa.(Seriously, Puji?)

Hehe gak tahu deh, nanti dilihat. Kalo lolos nih beasiswa, grantee akan berangkat bulan Juni 2013 dan pulang bulan Agustus 2013.

Wish me luck😉
Hehe sebagai pengganti IELSP ga tak kunjung-kunjung buka…

Last but not least, hehe

yeah, poin 5; beasiswa data print. Alhamdulillah Puji lolos tahun 2012 kemarin, dan dananya dah cair Rp.250ribu. Sedikit emang. Tapi tetap disyukuri. Alhamdulillah ^_~
Tapi jujur nih, sebenarnya di beasiswa ini, Puji mengalami penurunan. Gimana tidak, di tahun 2011 kemarin, Puji bisa ngedapetin beasiswa Dataprint yang 1juta. Hmmm setelah cek per cek, ternyata, Essay saya yang kurang keren kayak tahun sebelumnya. Ya saya akui hehe coz esai yang 2012 itu hanya dibuat pas detik-detik pergantian tahun masehi, dari 2012 ke 2013. EMaang gak maksimal ngerjainnya. Alhasil cuma dapet 250ribu. Tapi alhamdulillah bisa buat bayar utang. *Ups😀

Subhanallah, walhamdulillah…Semua Terlukis Indah karena-Nya ^_~ Tak sabar menanti kejutan selanjutnya dari Allah.

Oke sekian dulu…

Semoga dapat memberi inspirasi kepada para pembaca semuanya.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Dini hari, 1.06 AM🙂

2 thoughts on “Semua Terlukis Indah karena-Nya ^_~

  1. Alhamdulillah… keren banget mbak. Jadi inspirasi banget, sepertinya nulis esai itu jadi hobi ya? hehe. Aku mau baca tulisan2 esai yang pernah mbak buat boleh mbak? gimana caranya ya? Pengen banget lihat karya hamba Allah yang terlukis indah itu🙂

Mari berceloteh :)

