Saatnya Buat Keliping \^_~/

When my profil has published on Media Tadulako Newspaper, July 2012. Written By Taqyuddin Bakri

When my profil has published on Media Tadulako Newspaper, July 2012. Written By Taqyuddin Bakri

Terinspirasi dari sebuah novel “Ranah 3 Warna”, written by Ahmad Fuadi, saya pun mulai mengumpulkan tulisan-tulisan saya yang ada di Koran, baik yang ada di Koran kampus (Media Tadulako) maupun koran lokal (Radar Sulteng). Hmmm ya, kalo tingkat nasional n’ internasionalnya belum ada. Insya Allah soon. Aamiin.

Tak hanya tulisan saya yang dikumpulkan, namun ada beberapa tulisannya orang lain, yang di dalamnya memuat profil saya. (*Jadi ceritanya narsis. hehe)😀 )

Well, setelah melakukan pengumpulan tulisan, beralih ke tahap selanjutnya yakni “buat kliping” (wuihh, jadi inget tugas kliping waktu jaman SD dulu:-D )

Mengapa mesti di-klipingin tuh tulisan? Hal ini, saya terinspirasi dari buku Bang Fuadi. Teman-teman semua dah baca kan novel R3W? *Jempol buat yang udah baca. Sedang yg belum baca, hmmm perlu dipertanyakan.

Well, saya akan bahas sedikit ceritanya di sini. Dalam novel tersebut, tokoh yang bernama Alif, saat itu mengumpulkan semua tulisan, lalu mengklipingkannya. Tulisan tersebut merupakan karyanya sejak SMA hingga kuliah S1 di Unpad. Next, ketika dia mengikuti seleksi pertukaran pemuda ke Kanada, salah satu “benda” pamungkas yang menyelamatkannya hingga bisa lolos di program itu adalah KLIPING tersebut. Tepatnya ketika tes wawancara, tak ragu dia mengeluarkan bundelan kertas, dan memperlihatkan kepada dewan juri. Adegan ini dilakukan setelah Alif mempertunjukan kemampuannya dalam bernyanyi. Si Alif yang punya suara standar alias “ga enak didenger” tentu saja hanya membuat dahi para juri jadi mengerut. hehe.

Alif pun tak tinggal diam! Kliping pun diperlihatkan kepada dewan juri. Apa yang terjadi?

Berbagai opini bahkan bantahan datang dari para dewan juri. “Mengapa yang ditunjukan malah kliping?! Mengapa bukan seni dan kebudayaan? Padahal kan kesenian merupakan cara yang paling jitu untuk memperkenalkan Indonesia. Dan tidak sedikit orang luar berdecak kagum ketika disuguhkan indahnya kebudayaan Indonesia?” tanya seorang juri kepada alif

Saat itu Alif tak tinggal diam. Berbagai argumen pun dia timpali. Dia mengatakan bahwa tak hanya lewat kesenian, kita bisa memperkenalkan Indonesia, tapi juga melalui pemikiran-pemikiran yang dituangkan dalam sebuah tulisan lah, orang luar sana dapat takjub melihat pemuda Indonesia yang cerdas dan kritis dalam menanggapi berbagai permasalahan kehidupan. (*Kurang lebih seperti itu penjelasannya🙂 )

Alhasil, akhirnya si ALif brhasil memenangkan beasiswa pertukaran pemuda ke Kanada. Dia mengalahkan sahabatnya, si Randai. *Eng ing eng…cerita berakhir🙂

Well kembali ke topik utama, hmmm berharap usaha saya ini tidak sia-sia. Semoga kliping ini dapat juga digunakan pas apply beasiswa S2 nanti. Insya Allah kuliah di luar negeri, jika Allah berkehendak. Aamiin.

O iya, ini kedua kalinya saya mengikuti jejaknya Bang Fuadi. Alhamdulillah pas ikut YLC Juli 2012 kemarin, saya sempat ketemu beliau, dan mengabarkan padanya kalau saya pernah berhasil menerapkan salah satu “action” dalam buku R3W. *Hehehe lucu kalo diinget kembali. Rasanya plong dan bahagia mengabarkan berita itu ke Bang Fuadi, Meski menurutnya, ceritaku itu hanya biasa saja, Hehe tak apa lah😀😉

Jadi jejak pertama tuh, berkat nerapin salah satu adegan dalam buku itu, alhamdulillah saya berhasil menyalami Mbak Oki Setiana Dewi, berfoto dengannya secara ekslusif, bahkan dapat bukunya secara gratis. Luar biasa kan? hehe. Karena pas sesi tanya jawab, sebelum bertanya, saya minta izin dulu ke mbak Oki kalau saya pengen banget menyalaminya n’ cupika-cupiki. *Alhamdulillah berhasil bikin iri teman-teman seruangan. Karena hnya 3 orang saja yang diperbolehkan foto bareng. Dan yang lainnya hanya bisa ngambil foto dari kejauhan.

#Semangat Man jadda wajada buat kliping \^__^/

5 thoughts on “Saatnya Buat Keliping \^_~/

  1. subhanalloh
    teruslah berkarya dan jangan lupa lakukanlah kaderisasi, minimal didiklah satu orang yang akan melanjutkan peran dan nilai yang telah Anda lakukan. buatlah perjalanan berprestasi ini menjadi sebuah buku juga agar lebih bermanfaat

  2. Terima kasih…
    Insya Allah, ada beberapa adik tingkat yang udah Puji ajak tuk berkarya. Kadang juga walau hanya sekedar berbagi semangat ke yg lain. Alhamdulillah berjalan, dan saat ini terus mencari dan mencari…
    Semoga akan byk follower yang didapat.

    Ya DOa kan saja, moga Puji segera punya buku solo.
    Salah satu daftar mimpi tuh🙂

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s