MIPA FAIR 2013, Tampilkan Berbagai Rangkaian Acara Bertema Energi

MIPA Fair 2013; 2 s.d. 9 Maret 2013

MIPA Fair 2013;
2 s.d. 9 Maret 2013

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) kembali menggelar hajatan tahunannya, yakni MIPA Fair 2013. Kegiatan yang bertajuk “Save energy can be fun” ini menggelar berbagai macam rangkaian acara yang memukau tidak hanya pada seluruh civitas akademika Untad, tapi juga masyarakat Kota Palu. Rangkaian acara tersebut yaitu seminar sains, penanaman pohon mangrove, lomba karya tulis ilmiah, lomba fotografi, stand pameran, pagelaran musik/tari, dan layanan kesehatan seperti donor darah dan cek golongan darah.  Acara ini berlangsung pada tanggal 2 s.d. 9 Maret 2013. Untuk pelaksanaan seminar sains dan LKTI berlangsung di Untad, penanaman pohon mangrove di Tawaeli, sedangkan rangkaian expo (pameran) di Taman Gor, Palu.

Dalam kegiatan MIPA FAIR, turut berpartisipasi mahasiswa FMIPA dari jurusan matematika, fisika, biologi, kimia dan farmasi. Selain itu juga ada berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang turut menyukseskan terselenggaranya kegiatan ini, seperti BRM, PANAWA, UKOF, ELSAM, MPM Al-Islah, PRISMA Sains, dan Sanggar Seni STATIS.

Seminar Sains Nasional di Gedung Auditorium Untad

Seminar Sains Nasional di Gedung Auditorium Untad

“Jika tahun sebelumnya BEM FMIPA hanya bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) FMIPA saja, kali ini ada berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FMIPA yang turut menyukseskan MIPA Fair 2013. Hal ini lah yang membedakan dengan MIPA Fair di tahun sebelumnya,” papar ketua panitia kegiatan, Amir Galeb Al Amrie yang tercatat sebagai mahasiswa jurusan Biologi angkatan 2010.

Pengukuhan pengurus oleh Dekan FMIPA Untad

Pengukuhan pengurus oleh Dekan FMIPA Untad

 

Lebih lanjut, pada acara LKTI yang dihadiri oleh siswa-siswi SMA/SMK/MA se-Kota Palu, menelurkan ide-ide penelitian tentang energi terbarukan. Keluar sebagai pemenang pertama adalah siswi SMA Negeri 1 Palu, Zafira Andini, dengan judul karya tulis yaitu Pengolahan Sampah Kulit Pisang untuk Bahan Pembuatan Briket Arang sebagai Bahan Bakar Alternatif. Juara kedua diraih oleh Azniar Arfi Arafyana, siswi MAN 1 Palu, dengan judul karya tulis yaitu Lubang Pengolahan Sampah Organik Ramah Lingkungan. Sementara juara 3 diraih oleh Aqidatul Izzah, siswi SMA Labschool Untad Palu dengan judul karya tulis yakni Permen Dari Kulit Pisang.

Suasana Pameran di Taman Gor Palu

Suasana Pameran di Taman Gor Palu

 

“Selain untuk menjalin silaturrahim, kegiatan MIPA Fair ini juga bertujuan menarik minat siswa-siswi SMA/SMK/MA se-Kota Palu agar lebih kreatif dan gemar melakukan riset. Selain itu juga, sebagai ajang perkenalan FMIPA ke siswa-siswi dan masyarakat se-Kota Palu,” imbuh Amir. “Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, sesuai tema, semoga kita lebih bijak dalam menggunakan energi, yaitu hemat dalam menggunakannya,” tutupnya. (pnq)

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s