35 Proposal PKM Untad Didanai DIKTI

Ir. H. Burhanuddin Nasir, MP selaku ketua Pembina PKM Untad

Ir. H. Burhanuddin Nasir, MP selaku ketua Pembina PKM Untad

Dari 156 proposal yang diajukan, sebanyak 35 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Untad didanai oleh DIKTI di tahun 2013 ini. Dengan jumlah per bidang yaitu 1 proposal PKM-K (Kewirausahaan), 1 Proposal PKM-KC (Karsa Cipta), 1 proposal PKM-T (Penerapan Teknologi), 12 proposal PKM-P (Penelitian), dan 23 proposal PKM-M (Pengabdian Masyarakat). Tahun ini setiap proposal akan diberi dana hibah dari DIKTI dengan jumlah maksimal sebesar Rp.12,5juta. Dana tersebut digunakan untuk menjalankan program yang telah direncanakan dalam proposal PKM.

“Meski tahun ini jumlah proposal PKM yang didanai mengalami penurunan jika dibanding tahun sebelumnya yaitu berjumlah 47 proposal, namun tahun ini Alhamdulillah Proposal yang didanai tersebar di kelima bidang PKM,” ungkap Ir. H. Burhanuddin Nasir, MP selaku ketua Pembina PKM Untad. “Selain itu, PKM yang didanai juga sudah tersebar dari berbagai fakultas. Namun untuk fakultas ekonomi dan Hukum, mereka belum berpartisipasi dalam pelaksanaan PKM ini,” tambahnya.

Ke depannya, PKM ini akan terus digencarkan di Untad, baik di kalangan mahasiswa maupun dosen. Hal ini dilakukan agar semakin banyaknya mahasiswa yang bisa berpartisipasi dalam kegiatan tahunan bergengsi ini. “Informasi PKM perlu disebarluaskan, mengingat masih banyak mahasiswa dan dosen yang belum mengetahuinya. Olehnya itu, harapannya, pihak birokrasi kampus seperti wakil dekan bidang kemahasiswaan dapat mensosialisasikan program ini kepada mahasiswa dan dosen di fakultasnya,” Kata Dosen Fakultas Pertanian ini.

Setiap bidang PKM yang didanai harus menjalankan programnya, dimulai bulan Februari 2013, dan akan dimonitoring pada bulan Mei 2013. Monitoring dilakukan langsung oleh Tim reviewer nasional. Monitoring dilakukan untuk menentukan Tim terbaik yang akan mengikuti ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 26. Kemungkinan PIMNAS tersebut akan berlangsung di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin di bulan Juli 2013 mendatang.

Untuk bisa berpartisipasi di ajang PIMNAS, Pujiati Sari, selaku alumni PIMNAS ke-25 membeberkan beberapa kunci suksesnya. Diantaranya yaitu menjalankan program yang diusulkan hingga selesai, mempresentasikan program di depan reviewer dengan penuh percaya diri, dan membuat laporan kemajuan PKM dengan baik. “Tahun lalu banyak peserta yang tampil memukau saat presentasi PKM di hadapan reviewer nasional, namun sayangnya laporan kemajuan yang mereka buat kurang bagus, dan tidak lengkap,” Kata Puji yang tercatat sebagai mahasiswa FKIP ini. (pnq)

 

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s