USAID Adakan Sosialisasi Program Beasiswa PRESTASI

@Ruang Senat Rektorat Untad

@Ruang Senat Rektorat Untad

United States Agency For International Development (USAID) mengadakan sosialisasi Beasiswa Program to Extend Scholarships and Training to Achieve Sustainable Impacts (PRESTASI) di Ruang Senat Rektorat Untad, Selasa (19/3). Materi sosialisasi dipaparkan langsung oleh pihak penyeleksi beasiswa PRESTASI USAID, yakni Wahono Kolopaking, dan Ratri Pratiwi. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, staf , dan para alumni Untad.

Beasiswa PRESTASI adalah program beasiswa penuh yang didanai oleh USAID dan didekasikan bagi calon pemimpin masa depan Indonesia untuk menempuh pendidikan S2 (Master) selama 2 tahun di Amerika Serikat atau di Indonesia (khusus bidang kesehatan). Sasaran program ini adalah para pemimpin muda, individu yang bekerja di LSM/NGO, PNS, karyawan swasta, diutamakan peran serta wanita, dan individu yang berasal dari daerah terpencil di Indonesia serta memiliki komitmen terhadap pembangunan Indonesia.

Tahun ini beasiswa akan diberikan kepada 25 orang se-Indonesia yang tentunya telah diseleksi secara ketat, baik melalui seleksi berkas maupun wawancara. Batas akhir pengumpulan berkas beasiswa yaitu tanggal 12 April 2013, kemudian pengumuman akhir yaitu September 2013.

Wahono Kolopaking dalam presentasinya mengungkapkan bahwa program beasiswa PRESTASI ini berfokus pada 5 bidang yaitu Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Lingkungan, Demokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan. “Semua bidang tersebut bisa diambil untuk melanjutkan program S2 di Amerika Serikat kecuali bidang kesehatan. Terkhusus untuk bidang Kesehatan, pendaftar bisa memilih apakah ingin melanjutkan S2 di Amerika atau di Indonesia,” ungkap Wahono.

Melihat persyaratan beasiswa PRESTASI yang cukup mudah untuk dipenuhi, seperti nilai IPK S1 minimal 2.75 dan TOEFL ITP minimal 450/ TOEFL IBT minimal 45 / IELTS minimal 5.0, memungkinkan banyak orang yang bisa mendaftar beasiswa ini. “Adanya persyaratan yang mudah untuk dipenuhi, agar seluruh masyarakat Indonesia baik yang ada di kota besar mapun daerah terpencil, memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan beasiswa ini,” tandas Wahono. “Selain itu bagi para sarjana muda (fresh graduated) tetap bisa mendaftar beasiswa ini, meski ada salah satu persyaratannya yang mengatakan bahwa pendaftar harus memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun. Dalam hal ini, pengalaman kerja dapat diakumulasi dari berbagai pengalaman kerja yang ada, seperti menjadi asisten dosen/laboratorium, melakukan proyek penelitian di luar akademik, dan pekerjaan sampingan lainnya,”tambahnya.

Selain ketiga persyaratan yang telah dipaparkan di atas, masih ada beberapa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi pendaftar beasiswa. Untuk informasi lengkapnya bisa dilihat di www.prestasi-iief.org. (pnq)

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s