Esai 3; Pendidikan Keteladan Melalui Sebuah Game Edukasi “Perjalanan Hidup Muhammad Al-Fatih 1453 M”

puji 2

Muhammad Al-Fatih 1453 M

Kalau ada sosok yang ditunggu-tunggu kedatangannya sepanjang sejarah Islam, dimana setiap orang ingin menjadi sosok itu, maka dia adalah sang penakluk Konstantinopel. Bahkan para shahabat Nabi sendiri pun berebutan ingin menjadi orang yang diceritakan Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya. Dalam sabdanya beliau mengatakan “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” (H.R. Ahmad)

Sosok yang disebutkan dalam sabda di atas adalah Muhammad Al-Fatih 1953 M. Dalam buku Muhammad Al-Fatih 1453 M (Felix Y. Siauw, 2011), Muhammad Al-Fatih  adalah penakluk Kota Konstantinopel, yang saat ini daerah tersebut terkenal dengan sebutan Istanbul, Turki. Tepat pada hari Selasa tanggal 20 Jumadil Ula 857 H bertepatan tanggal 29 Mei 1453 M, Konstantinopel jatuh dan berhasil ditaklukan oleh umat muslim. Di sini lah awal mula peradaban islam berkembang.

Muhammad Al-Fatih adalah “The Hero of Islam”. Pahlawan muslim yang lahir pada tanggal 29 Maret 1432 Masehi di Adrianapolis (perbatasan Turki – Bulgaria). Selanjutnya, beliau wafat pada 3 Mei 1481 karena sakit gout sewaktu dalam perjalanan jihad menuju pusat Imperium Romawi Barat di Roma, Italia. Jika kita mengetahui perjalanan hidup beliau sejak kecil hingga dewasa, sungguh penuh dengan ketekunan dan perjuangan dalam memperjuangkan islam. Ini lah sosok pahlawan sesungguhnya, yang seharusnya menjadi teladan bagi generasi umat saat ini. Namun realita yang ada, banyak masyarakat saat ini yang tak mengenal sosok Muhammad Al-Fatih. Tidak Cuma di kalangan anak-anak, bahkan di kalangan dewasa pun masih banyak yang merasa asing dengan nama beliau. Kenyataannya, bangsa ini malah menggemari tokoh pahlawan rekayasa seperti batman, superman, Ultraman, dan lain sebagainya. Padahal jelas bahwa Muhammad Al-Fatih adalah tokoh sungguhan yang sangat cocok jika dijadikan teladan atau panutan bagi generasi bangsa ini.

 Penulis menggagas suatu ide kreatif, yakni pembuatan aplikasi game edukasi “Perjalanan Hidup Muhammad Al-Fatih 1453 M” berbasis Role Playing Game (RPG) sebagai media pendidikan keteladanan. Penulis menawarkannya dengan menggunakan aplikasi game berbasis Role Playing Game (RPG) karena aplikasi ini sangat cocok dijadikan media bercerita yang menyenangkan.

Mengapa harus Muhammad Al-Fatih yang dijadikan sosok tauladan selain rasulullah? Karena beliau memiliki berbagai prestasi emas. Keseriusan Muhammad Al-Fatih dalam mewujudkan cita-cita untuk menaklukkan konstantinopel juga diikuti dengan berbagai catatan prestasi emasnya, diantaranya:

  1. Semenjak dewasa hingga meninggal dunia Al-Fatih tidak pernah meninggalkan sholat rawatib dan shalat tahajjud
  2. Menjadi gubernur ibu kota daulah khilafah pada usia 21 tahun
  3. Menguasai 7 bahasa pada usia 23 tahun
  4. Membentuk Pasukan Inkisaria, sekitar 40.000 pasukan elit dengan program pelatihan terpadu sejak kecil dilatih fisik, akademis, strategi perang, ilmu ushul fiqh, dan semua disiplin ilmu lain. Setengah pasukan al-Fatih selalu melaksanakan tahajjud pada malam hari
  5. Pada tahun 1452 M, Al-Fatih membangun benteng Rumeli Hisari dengan tinggi 82 meter, dengan 5000 pekerja selesai dalam waktu 4 bulan
  6. Membuat The Great Turkish Bombard (first Supergun)
  7. Bersama pasukannya mampu memindahkan 70 kapal perang dari Selat Bosphorus menuju Selat Tanduk melalui Pegunungan Galata dalam waktu 1 malam dengan menggunakan tekhnologi yang ada pada waktu itu.
  8. Tepat pada hari Selasa tanggal 20 Jumadil Ula 857 H bertepatan tanggal 29 Mei 1453 M adalah “tanggal keramat” bagi bangsa Eropa karena pada tahun inilah Al-Fatih mendapat pertolongan dari Allah. Ia berhasil mewujudkan kabar baik (harapan masa depan) untuk menaklukan Konstantinopel setelah melewati 54 hari pertempuran dan 825 tahun penantian.

 Akhirnya, tak perlu lagi diragukan prestasi emas yang ada pada Muhammad Al-Fatih. Dia lah sosok pemuda tangguh, juga sekaligus sosok pemimpin hebat pada masanya. Generasi bangsa Indonesia perlu meneladani sosok hebat Al-Fatih. Dengan begitu, akan terwujudlah generasi berkarakter paripurna, yakni generasi yang beriman dan bertakwa. Tentunya dengan menjalankan perintah Allah SWT, dan menjauhi larangan-Nya. Juga tak lelah untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang yang diminati.

Dalam game edukasi, Muhammad Al-Fatih adalah tokoh utama dalam permainan ini. Betapa menyenangkannya belajar sejarah islam jika medianya melalui sebuah game edukasi. Hal ini karena si pembelajar dapat menjadi player, sesuai pola dari game edukasi yaitu Learning by doing. Dalam game ini, diceritakan kisah kehidupan Muhammad Al-Fatih sejak kecil hingga dewasa. Seperti halnya permainan kebanyakan, Game Edukasi “Perjalanan Hidup Muhammad Al-Fatih 1453 M” ini memuat pertarungan (battle) melawan musuh. Game tersebut tentu kaya dengan visualisasi yang menarik, beserta audio yang membuat permainan semakin menyenangkan untuk diselesaikan hingga akhir (end).

Aplikasi yang digunakan dalam menyusun game yaitu RPG Maker VX. Aplikasi ini dapat diperoleh secara gratis (open source) di berbagai situs internet. Pembuatan game dengan menggunakan aplikasi ini, memungkinkan terciptanya game edukasi yang sangat efektif dalam menyajikan permainan bermuatan cerita tentang Muhammad Al-Fatih 1453 M. Dengan begitu, hadirlah sebuah game edukasi yang sangat menarik dan menyenangkan.

Harapannya, game edukasi “Perjalanan Hidup Muhammad Al-Fatih 1453 M” dapat menjadi media pendidikan keteladanan. Melihat fenomena saat ini bahwa bangsa Indonesia seolah haus akan sosok keteladanan. Semoga game ini dapat bermanfaat bagi khalayak luas dan memberi perubahan yang signifikan bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

 Daftar Pustaka
Siauw, Felix Y. 2011. Muhammad Al-Fatih 1453 M. Jakarta :Khilafah Press

2 thoughts on “Esai 3; Pendidikan Keteladan Melalui Sebuah Game Edukasi “Perjalanan Hidup Muhammad Al-Fatih 1453 M”

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s