Ngintip Aktivitas Peserta Program Sekolah Musim Panas, Yuk!

Ngintip Aktivitas Peserta Program Sekolah Musim Panas, Yuk!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sahabat Media, tahun ini  untuk pertama kalinya Fakultas Pertanian Universitas Tadulako dapat menyelenggarakan kegiatan program sekolah musim panas (Summer school Program).  Kegiatan ini melibatkan peserta dari berbagai negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Jerman, dan Austria. Perwakilan dari Indonesia, dalam hal ini tentunya melibatkan para mahasiswa Untad. Berhubung tema summer school kali ini berkaitan dengan cokelat dan kelapa sawit, olehnya itu kegiatan tersebut sebagian besar melibatkan mahasiswa dari jurusan pertanian.

Kegiatan summer school ini telah menarik perhatian para mahasiswa dari berbagai negara. Hal ini terbukti dengan banyaknya berkas pendaftar yang masuk. Adapun berkas yang harus dimasukan oleh pelamar program ini yaitu surat motivasi (motivation letter), surat rekomendasi (recommendation letter), dan Curriculum Vitae (CV). Dari tiga berkas tersebut selanjutnya diseleksi oleh koordinator program yaitu Dr. Aiyen. Setelah melakukan penyeleksian yang cukup ketat, akhirnya terpilih peserta dari luar negeri sebanyak 11 orang, dan dalam negeri sebanyak 12 orang.

Selama tiga minggu (2-22/9), peserta summer school mempelajari lebih dalam tentang cokelat dan kelapa sawit di Sulawesi Tengah. Hal yang menarik dalam program ini, semua peserta bisa terjun langsung melihat proses pembibitan, penanaman, serta pengolahan cokelat dan kelapa sawit. Misalnya mereka dapat berkunjung ke kebun cokelat yang ada di Palolo. Selain itu mereka berkesempatan ke Morowali untuk melihat langsung tanaman kelapa sawit di sana. Tak kalah menariknya lagi, mereka juga mengunjungi “Banua Cokelat” yaitu salah satu tempat pengolahan cokelat yang siap dikonsumsi.

Program summer school ini, tak sekedar belajar tentang cokelat dan kelapa sawit, di program ini juga peserta saling belajar dan berbagi kebudayaan antar negara. Selain itu, sebagai bentuk pengenalan kampus Untad serta pengenalan kebudayaan Sulawesi tengah kepada mahasiswa asing. Di tengah kesibukan, mereka juga mengunjungi berbagai tempat yang menarik yang ada di Sulteng, seperti pegunungan mantantimali, danau poso, pantai talise, tanjung karang, dan lainnya.

Ketika summer school berakhir, setiap peserta nantinya akan mendapatkan setifikat dari Untad. Sertifikat tersebut diakui seluruh dunia, sehingga nilainya menjadi credit yang bisa ditransfer ke nilai mata kuliah mereka. Nilai dalam sertifikat tersebut merupakan akumulasi dari penilaian selama program berlangsung, diantaranya yaitu berdasarkan makalah, poster, dan presentasi  kelompok. Pnq

Nama Lengkap            : Eric John D. Florida
Nama Panggilan          : Eric
Status                          : Mahasiswa S2  jurusan Pertanian dan kehutanan,  Mindanao State University, Filipina
Kesan/pesan                : “Senang rasanya bisa menjadi peserta dalam program summer school. Bagi saya ini adalah sebuah petualangan yang menarik bisa bersahabat dengan mahasiswa dari berbagai negara. Jika program ini selesai, nantinya saya akan berbagi informasi tentang cokelat dan kelapa sawit kepada berbagai  pihak perusahaan di negara saya.”

 

Nama Lengkap            : Nur Ainun
Nama Panggilan          : Ain
Status                          : Mahasiswa S1 jurusan Agroteknologi Pertanian, Universitas Tadulako
Kesan/pesan                : “Di program ini, saya dapat merasakan bagaimana menariknya dapat bekerja sama dalam kelompok bersama teman-teman dari luar negeri. Selain itu bagi saya 3 minggu ini adalah waktu yang cukup banyak untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris saya. Ke depannya saya berharap Untad dapat melaksanakan lebih banyak lagi kegiatan internasional seperti ini.”

 

Nama Lengkap            : Russel Andy Immit
Nama Panggilan          : Andy
Status                          : Mahasiswa PhD jurusan kehutanan, Universiti Malaysia Sabah, Malaysia
Kesan/pesan                : “Saya sangat menikmati program summer school ini. Di sini kami dapat langsung turun ke lapangan untuk melihat langsung bagaimana proses dan fermentasi cokelat. Kami juga dapat mengunjungi perkebunan kelapa sawit secara langsung. Tak hanya diajarkan tentang penanaman, namun juga perawatan tanaman, agar supaya tanaman tersebut terhindar dari penyakit. Untuk ke depannya, saya berharap program ini dapat diikuti lebih banyak lagi mahasiswa dari berbagai negara, seperti Australia, Jepang, korea agar pembelajaran di kelas lebih meluas wawasannya.”

 

Nama Lengkap            :Ratchaneekorn K.
Nama Panggilan          : Rosa
Status                          : Mahasiswa S2 jurusan ilmu perkebunan, Prince of Songkla University, Thailand
Kesan/pesan    : “Hal yang menarik dalam program summer school yaitu saya bisa mendapatkan teman baru, dan dapat menjalin persahabatan dengan mereka.”

Nama Lengkap            : Kaspar Y. Moywend
Nama Panggilan          : Kaspar
Status                          : Mahasiswa S1 jurusan Agroteknologi, Universitas Tadulako
Kesan/pesan                : “Di sini saya tak sekedar belajar tentang cokelat dan kelapa sawit, namun lebih termaknai pada persahabatan yang telah terjalin selama 3 minggu ini. Tentunya juga di kegiatan internasional seperti ini, saya betul-betul memanfaatkankannya untuk menambah relasi, karena memiliki sahabat dari berbagai negara adalah hal yang sangat berarti buat saya. Saya berharap kegiatan seperti ini, dapat sering terlaksana sehingga Untad dapat dikenal di tingkat internasional.”

 Nama Lengkap            : Lena Maria Kern
Nama Panggilan          : Lina
Status                          : Mahasiswa S2 jurusan manajemen sumberdaya hayati dan lingkungan, University of Soil Culture (BOKU), Austria
Pesan/Kesan                : “Saya sangat senang sekali bisa mengikuti program ini. Pelayanan dan fasilitasnya sangat bagus. Saya pun berharap semoga suatu saat nanti saya bisa kembali ke kota ini dan melakukan penelitian mengenai cokelat dan kelapa sawit”

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s