Wujudkan Tri Dharma PT, HMPD FKIK Untad Laksanakan Bakti Sosial

Sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Tadulako (Untad) melaksanakan Bakti sosial. Bakti sosial berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 31 Oktober s.d. 1 September 2013. Kegiatan tersebut dilaksanakan di TK Dharma Wanita, Desa Tulo, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.

Bakti sosial yang mengusung tema “Melalui bakti sosial kita tingkatkan solidaritas demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat” ini dibuka secara resmi oleh Camat Dolo. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa serta dosen yang telah melaksanakan bakti sosial.

“Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini, kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin tinggi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya,” papar Camat Dolo.

Hadir pula, dr. Ketut Suarayasa, M.Kes selaku Wakil Dekan bidang akademik. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa tujuan dilaksanakannya bakti sosial tersebut yaitu sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menurutnya, seorang calon dokter harus memiliki kompetensi. Kompetensi merupakan seperangkat tindakan cerdas penuh tanggung jawab.

“Di bakti sosial inilah, mahasiswa kedokteran mendedikasikan ilmunya kepada masyarakat,” ucap dr. Ketut.

Dalam bakti sosial yang HMPD laksanakan, ada beberapa jenis kegiatan di dalamnya yaitu sunatan masal, penyuluhan kesehatan, dan pengobatan gratis. Menurut Panitia Kegiatan, Rizki Naldi, sebanyak 11 desa yang turut berpartisipasi dalam bakti sosial tersebut. Selain itu, ada 120 anak-anak yang mengikuti sunatan masal, sedangkan masyarakat dewasa mengikuti penyululuhan kesehatan dan  pengobatan gratis.

Rizki Naldi mengaku sangat senang kegiatan bakti sosial dapat terselenggara dengan baik. Pelaksanaan kegiatan tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat.

“Kami senang karena masyarakat sangat mendukung dan berpartisipasi aktif pada bakti sosial yang kami laksanakan ini,” Kata Rizki. “Kami mengharapkan, masyarakat dolo untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatannya agar derajat kesehatannya dapat meningkat. Kami ingin merubah pola pikir mereka yang takut berobat ke dokter, dan lebih memilih berobat ke dukun. Di sini juga kami menganjurkan kepada masyarakat Dolo agar sering berobat ke dokter agar kesehatan mereka tetap terjaga,” tambahnya. Pnq

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s