Dua Mahasiswa Untad akan Diberangkatkan ke London

ISIC LONDON

Delegasi ISIC 2013 asal Untad. Dari kiri ke kanan: Andi Rizky Hardiansyah, dan Pujiati Sari (Foto: Pujiati Sari/MT)

Dua mahasiswa Universitas Tadulako akan mengikuti kegiatan ISIC di London pada tanggal 9  s.d. 11 november 2013. Kedua mahasiswa tersebut yaitu Pujiati Sari, dan Andi Rizky Hardiansyah. Keduanya tercatat sebagai mahasiswa FKIP Prodi Pendidikan Matematika.

ISIC atau Indonesian Scholars International Convention 2013 merupakan konferensi tertua dan terbesar yang diadakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di UK (PPI-UK). Konferensi ini didukung penuh oleh KBRI London. Kegiatan tersebut nantinya akan dihadiri pelajar, peneliti dan kaum professional Indonesia untuk mengirimkan buah pikiran mereka untuk memajukan sumber daya manusia Indonesia.

ISIC 2013 tahun ini mengangkat tema “Emerging Indonesia: Unravelling the Nation’s Potential to Pursue a Dynamic and Innovative Development Regionally and Globally”. Tema yang membahas mengenai pengembangan sumber daya manusia ini dibahas melalui berbagai perspektif yaitu politik, ekonomi, bisnis, industri, perdagangan, pendidikan, budaya, sosiologi, ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembahasan menyeluruh ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi Indonesia agar menjadi negara yang maju.

Di kegiatan tersebut, delegasi dari Untad akan mempresentasikan karya tulis ilmiah di bidang pendidikan dan kebudayaan. Dengan judul karya yaitu “Educational game ‘Adventure of Yojo’ based Role Playing Game (RPG) as a creative solution to preserve the culture of Central Sulawesi”. Di sana mereka mempresentasikan aplikasi permainan yang berkonten kebudayaan Sulawesi tengah.

Saat ditemui MT, Andi Rizky Hardiansyah mengakui bahwa ia sangat senang bisa lolos seleksi hingga tahap akhir. “Saya sangat senang sekali dan tak menyangka KTI yang kami masukan ternyata dilirik oleh panitia ISIC untuk dipresentasikan di London,” kata Rizky. “Sungguh tak menyangka, karena setahu saya ada 900 abstrak KTI yang masuk ke meja panitia,” tambahnya.

Menurut Rizky, untuk terpilih sebagai peserta ISIC 2013, ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Tahapan tersebut yaitu adanya seleksi abstrak, first draft paper, dan full paper. Ada 900 abstrak KTI di seleksi awal, kemudian dipilih 80 abstrak terbaik. Tim yang masuk ke dalam 80 abstrak terbaik, diharuskan untuk memasukan gambaran sekilas karyanya (first draft paper). Selanjutnya pada seleksi akhir, dipilih 30 KTI terbaik untuk dipresentasikan di London. Pada tahap akhir tersebut, peserta diharuskan untuk mengirimkan karya lengkapnya (full paper).

Saat ditemui MT, Wakil rektor bidang kemahasiswaan, Asmadi Weri, SH.,MH., mengatakan sangat mendukung keikutsertaan mahasiswa Untad di kancah internasional. “Ini suatu prestasi yang luar biasa, dan harapan ke depannya, mahasiswa yang lainnya juga dapat mencontoh untuk berprestasi di tingkat internasional,” Kata Warek Bima. Pnq

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s