Delapan Mahasiswa Untad Mengikuti Program Pertukaran Pelajar di APU Thailand

SIAP KE THAILAND

Delapan peserta program pertukaran pelajar ke Asia Pasific University (APU) Thailand (FOTO: Pujiati Sari/MT)

Delapan mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) mengikuti  program pertukaran pelajar  di Asia Pasific University (APU) Thailand pada tanggal 24 s.d. 30 November 2013. Kedelapan mahasiswa tersebut terdiri dari lima mahasiswa jurusan Agribisnis FAPERTA dan tiga mahasiswa jurusan Manajemen FEKON. Secara berturut-turut mahasiswa tersebut yaitu Muhammad Rizal Faiz, Edi Utomo Putra, Wahyu Priyanto, Ayu Silviany Aprilia Umar, Muhammad Fardhal Pratama, Nyna Amaliah Sari, Tiara Ramadhani, dan Agus Boy H. Selama program, kedelapan mahasiswa ini didampingi oleh dosen Untad yang juga tercatat sebagai staf International Office (IO) yakni Andi Arham Adam, ST, M.Sc., Ph.D., dan Prof. Ir. Marsetyo, M.Sc.Ag., Ph.D.

Program pertukaran mahasiswa Untad ke APU merupakan salah satu bentuk kerjasama Untad dengan APU. Program ini ditangani oleh IO Untad yang dinahkodai oleh Prof. Mery Napitupulu, M.Sc., Ph.D. Pendanaan program tersebut sepenuhnya menggunakan dana Untad. Selama program, Untad akan menanggung biaya transportasi, akomodasi, dan uang saku para peserta.

Program pertukaran dikhususkan untuk para mahasiswa kelas internasional. Untuk saat ini, jurusan yang memiliki kelas internasional hanya ada dua yaitu jurusan Agribisnis FAPERTA dan jurusan Manajemen FEKON. Dengan demikian program ini hanya bisa diikuti oleh mahasiswa Agribisnis dan manajemen. Sebelumnya telah dilakukan proses penyeleksian yang ketat dalam program ini. Ada 20 mahasiswa yang direkomendasikan dari jurusan untuk mengikuti proses seleksi. Kemudian mahasiswa tersebut diberikan tes, baik tes tertulis maupun wawancara. Proses seleksi dilaksanakan pada tanggal 5 s.d. 8 November 2013 di IO Untad.

Menurut Andi Arham Adam, ST, M.Sc., Ph.D., salah satu tujuan diselenggarakannya program pertukaran pelajar ini yaitu untuk memperkenalkan suasana akademik maupun non akademik di Thailand. “Selama seminggu, pertama, peserta akan mengikuti proses perkuliahan berbahasa inggris yang sesuai jurusan mereka. Kedua, mereka mengikuti kegiatan kemahasiswaan (ekstra kurikuler). Ketiga, mereka akan diperkenalkan dengan fasilitas-fasilitas kampus,” kata Andi Arham. “Peserta juga nantinya akan memperkenalkan budaya Sulteng, lewat sebuah pertunjukan (performance) semacam kegiatan culture party,” tambahnya.

Salah satu peserta pertukaran pelajar, Edi Utomo Putra mengaku sangat senang bisa terpilih diprogram ini. “Saya senang bisa menjadi peserta pertukaran pelajar ke APU.  Saya akan manfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini. Di sana saya ingin belajar banyak hal. Diantaranya saya ingin merasakan secara langsung bagaimana atmosfer belajar di APU, bagaimana interaksi antara dosen dan mahasiswanya. Selain itu, saya juga ingin mengenal kebudayaan Thailand,” ungkap Edi, mahasiswa agribisnis angkatan 2011.

Sebelum keberangkatan, para peserta pertukaran pelajar diberikan pengarahan lebih lanjut mengenai program. Kegiatan pengarahan dilaksanakan di IO Untad, selasa (19/11). Pengarahan diberikan oleh Andi Arham Adam, ST, M.Sc., Ph.D, dan Prof Mery Napitupulu, M.Sc., Ph.D. Pengarahan berisi tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum keberangkatan, dan penjelasan aktivitas selama di APU. Pnq

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s