Laksanakan Program Pertukaran Pelajar, Dorong Jurusan/Fakultas Lain untuk Menyelenggarakan Kelas Internasional

SELEKSI PERTUKARAN PELAJAR

Andi Arham Adam, ST, M.Sc., Ph.D saat memberikan pengarahan kepada para peserta program pertukaran pelajar (FOTO: Pujiati Sari/MT)

Internasional Office (IO) Universitas Tadulako (Untad) kembali menyelenggarakan seleksi pertukaran pelajar buat mahasiswa Untad untuk belajar di luar negeri.  Seleksi pertukaran pelajar dilaksanakan pada tanggal 5 s.d. 8 November 2013 di Gedung IO Untad. Tahun ini, sasaran kampus yang dijadikan  sebagai tempat menimba ilmu yaitu Asia Pasific University (APU) Thailand. Program berlangsung selama seminggu, mulai tanggal 24 s.d. 30 November 2013.

Jika pada tahun sebelumnya program pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh IO dapat diikuti oleh mahasiswa dari berbagai fakultas, lain halnya dengan tahun ini, dan kemungkinan berlaku juga untuk tahun ke depannya. Pada tahun ini ditetapkan bahwa yang boleh mengikuti kegiatan internasional seperti pertukaran pelajar/studi banding ke luar negeri yaitu hanya mahasiswa yang terdaftar dalam kelas internasional saja. Saat ini Untad hanya memiliki dua jurusan internasional yaitu jurusan Agribisnis fakultas pertanian, dan jurusan manajemen fakultas ekonomi. Olehnya itu, peserta pertukaran pelajar ke APU Thailand, semuanya merupakan mahasiswa jurusan agribisnis dan Manajemen.

Proses penyeleksian program pertukaran pelajar cukup ketat. Sebanyak 20 orang mahasiswa telah direkomendasikan dari jurusan agribisnis dan manajemen untuk mengikuti seleksi ini. Mereka kemudian mengikuti serangkaian tes, baik tes tertulis maupun wawancara. Tes tertulis berupa tes pilihan ganda berbahasa inggris sebanyak 40 nomor. Kemudian untuk tes wawancara, mereka diajukan beberapa pertanyaan berbahasa inggris. Penilaian tes wawancara berdasarkan pemahaman budaya, kemampuan berbahasa inggris baik aktif maupun pasif, dan kesiapan program. Tim penilai dalam proses seleksi ini yaitu staf IO Untad. Setelah dilaksanakan serangkaian tes, akhirnya terpilih delapan peserta terbaik. Mereka adalah Muhammad Rizal Faiz, Edi Utomo Putra, Wahyu Priyanto, Ayu Silviany Aprilia Umar, Muhammad Fardhal Pratama, Nyna Amaliah Sari, Tiara Ramadhani, dan Agus Boy H.

Ayu Silviany Aprilia Umar, salah satu peserta yang lolos seleksi mengatakan bahwa motivasi awal untuk mengikuti seleksi pertukaran ini yaitu karena terinspirasi oleh teman-teman asal Thailand yang telah mengikuti program summer school di Untad beberapa bulan yang lalu. “Saya sangat tertarik dengan negara Thailand setelah saya dapat gambaran tentang Thailand dari teman-teman yang mengikuti program summer school beberapa bulan yang lalu. Hal itulah yang mendorong saya untuk mengikuti seleksi program ini,” kata Ayu yang juga alumni program summer school di Faperta Untad.

Andi Arham Adam, ST, M.Sc., Ph.D selaku dosen pendamping program pertukaran pelajar ke APU Thailand mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya program pertukaran pelajar ini semoga dapat mendorong jurusan/fakultas lainnya untuk menyelenggarakan kelas internasional.

“Jurusan yang memiliki kelas internasional akan selalu dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan internasional pula yang diselenggarakan oleh IO. Contohnya kegiatan pertukaran pelajar ke APU Thailand ini, IO hanya melibatkan para mahasiswa dari jurusan Agribisnis dan Manajemen saja. Semoga terselenggaranya program ini dapat Mendorong jurusan/fakultas lain untuk menyelenggarakan kelas internasional,” Jelas Andi Arham. Hal ini juga sesuai dengan visi dan misi rektor Untad yang telah digembor-gemborkan sejak lama, yaitu menginternasionalkan Untad agar Untad ke depannya menjadi kampus yang maju. Pnq

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s