39 Proposal PKM Untad Didanai DIKTI

Sebanyak 39 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Tadulako (Untad) didanai DIKTI.  Dengan rincian yaitu 1 proposal PKM-K, 1 proposal PKM-KC, 17 proposal PKM-P, dan 20 proposal PKM-M. Hal itu sesuai surat keputusan yang dikeluarkan oleh DIKTI, Rabu (29/1). Keputusan yang ditetapkan merupakan rencana pendanaan buat PKM 5 bidang yakni PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-P (Penelitian), dan PKM-T (Penerapan Teknologi). Maksimal dana yang dihibahkan sebesar  Rp.12,5 juta per tim PKM. 

Tahun 2014 ini proposal PKM yang didanai mengalami peningkatan dibanding di tahun sebelumnya yang berjumlah 35 proposal. Menurut Pembina PKM Untad, Ir. H. Burhanuddin Nasir, M.P dengan meningkatnya jumlah proposal tahun ini, semoga semakin banyak yang bisa tembus ke tahap Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). “Saya berharap ada 5 tim yang bisa ikut PIMNAS. Semua ini tentunya untuk membawa nama baik Untad di kancah nasional,” tutur dosen pertanian ini. “Mengenai tempat PIMNAS ke-27 nanti, ada 2 tempat yang ditargetkan, yaitu di UPI Bandung atau di UNDIP Semarang,” tambahnya.

Pujiati Sari, salah satu alumni PIMNAS ke-25 memberikan kunci sukses agar bisa tembus PIMNAS. Menurutnya, semua proposal PKM yang didanai DIKTI mempunyai peluang yang sama untuk bisa tembus PIMNAS. Meski idenya terlihat sederhana dibanding dengan yang lain, itu tidak mengapa jika pelaksanaan programnya berjalan dengan baik. Menurutnya lagi, ada 3 hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pelaksanaan program telah dijalankan minimal 90% sebelum bulan Mei 2014 atau pelaksanaan MONEV. Jadi setelah MONEV sisa pembuatan laporan akhir PKM. Kedua, penyusunan laporan kemajuan PKM hendaknya dibuat selengkap dan sejelas mungkin khususnya pada hasil dan pembahasannya. Ketiga, hendaknya tampil maksimal saat presentasi pada MONEV, dengan menyertakan data/alat/prototype PKM yang dilaksanakan.

 

Selain PKM 5 bidang yang telah dipaparkan sebelumnya, ada juga PKM-KT (Karya Tulis). PKM-KT ini terdiri dari 2 jenis yaitu PKM-GT (Gagasan Tertulis) dan PKM-AI (Artikel Ilmiah). Kedua PKM tersebut seleksinya tidak bersamaan dengan PKM 5 bidang sebelumnya, mengingat bahwa PKM-AI dan PKM-GT tidak dijalankan menjadi sebuah program jangka panjang. Penulis hanya sekedar menuangkan gagasan kreatifnya saja tanpa menjalankan program. Untuk PKM-AI proses pemasukan proposalnya mulai tanggal 1 februari s.d. 27 Maret 2014, sedangkan untuk PKM-GT dibuka mulai tanggal 1 februari s.d. 31 Maret 2014. Pemasukan proposal dilakukan secara online pada Website Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SIM-LITABMAS) yaitu http://simlitabmas.dikti.go.id. Sebelum mengunggah file proposal hendaknya mahasiswa mendaftarkan dirinya terlebih dahulu ke pihak staf Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untad agar dapat memperoleh username dan password.

Untuk memperoleh informasi seputar PKM Untad dan melakukan diskusi dengan para alumninya, silahkan bergabung ke group facebook “PKM UNTAD” atau “PKM FKIP UNTAD”. Pnq

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s