GPVC 1.19 Medan, Arasy Pulang Bawa Pesan Perdamaian

GLOBAL PEACE di Medan Muhammad Arasy Hairul, satu-satunya mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) yang berkesempatan untuk mengikuti Global Peace Volunter Camp (GPVC) 1.19 di Medan. Kegiatan yang bertema “young people making change” ini berlangsung selama 4 hari yaitu 3 s.d. 6 April 2014.

GPVC merupakan sebuah pelatihan pemuda dengan pokok bahasan menciptakan perdamaian dunia melalui kerukunan antar umat beragama, budaya kesukarelawanan, dan penguatan keluarga. Kegiatan ini bertujuan untuk mrmbangkitkan jiwa kepedulian para pemuda serta membawa perubahan sosial untuk membangun dunia yang damai dalam ruang lingkup satu keluarga yang berketuhanan Yang Maha Esa.

Tahun ini GPVC melibatkan 40 pemuda/i terbaik se-Indonesia yang diseleksi oleh Global Peace Foundation. Menurut Arasy, untuk terlibat di kegiatan itu, awalnya ia diwajibkan untuk mengirim CV dan esai kepada tim juri. Kemudian pada akhirnya, ia dinyatakan lolos seleksi sehingga berkesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Baginya, merupakan suatu kebanggaan tersendiri bisa belajar bersama 39 mahasiswa dari berbagai universitas se-Indonesia. Menurutnya juga, rincian kegiatan yang dirancang panitia pun begitu menarik. Kegiatan utamanya yaitu diskusi/dialog, sharing pengalaman, pelatihan kepemimpinan, studi tur, dan service project pada komunitas lokal.

Sekembalinya Arasy dari kegiatan GPVC, ia pun pulang membawa pesan-pesan perdamaian. Pesan-pesan tersebut ia sebarkan dan aplikasikan pada komunitas-komunitas yang diikutinya saat ini. Saat diwawancarai oleh awak MT, ia berpesan bahwa dalam menolong orang lain, jangan membeda-bedakan suku, budaya dan agamanya. Semua orang harus saling tolong-menolong, sebab kita satu keluarga yang berketuhanan (one family under god). “Berbuat baiklah kepada orang lain walau hanya sekecil apa pun. Sebab kenikmatan yang hakiki dalam hidup ini adalah ketika kita dapat menyatukan jiwa dengan cara membantu orang lain,” pesan mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris itu. pnq

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s