Seleksi ON MIPA-PT Tahap I Hasilkan 28 Peserta Terbaik

SELEKSI ON MIPA - PT (Foto 2)Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan Universitas Tadulako (Untad) menyelenggarakan seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tingkat Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tahap I, Sabtu (5/4). Berlangsung di Aula FMIPA, seleksi ON-MIPA diikuti oleh mahasiswa dari berbagai fakultas. Seleksi yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut menghasilkan 28 peserta terbaik dari 4 bidang seleksi.

Untuk bidang matematika yaitu Sukri, Destria Pitaloka, Faisal Susanto, Wahyu Listanto, Melati Putri, Miftha Huljannah, dan Ana Puji Lestari. Untuk bidang fisika yaitu Agung D. Wijaya, Muh.Sutrisno, Hardiyanti Buna, Galih Kurniawan, Fazri Mangendre, Abd.Basit Pateda, dan Sitti Hajrah. Untuk bidang kimia yaitu Arsyad, Harry Mara, Firmansyah, Christianto Pasunu, I Nengah J., Vivi Dia, dan Eka Lilis. Terakhir untuk bidang biologi yakni Putu Satya, Indri Pratiwi, Dhini Arwindah, Rifka, Nur Herjayanti, Listya Susmhita, dan Jumra Nadilla.

Ketua panitia, Moh. Dahlan Th.Musa, S.Si, M.Si. menuturkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti seleksi tahap I mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. “Jika dibanding dengan tahun 2013, tahun ini terjadi peningkatan sebanyak 30% pada jumlah pendaftar. Tahun sebelumnya berjumlah 496 peserta, sedangkan tahun ini berjumlah 638 peserta,” jelasnya. Menurutnya, peningkatan ini menandakan bahwa kecintaan mahasiswa terhadap matematika, fisika, kimia, dan biologi semakin meningkat. Selain itu, semangat berkompetisi di kalangan mahasiswa juga semakin meningkat.

28 peserta terbaik pada seleksi tingkat universitas (tahap I) akan diberangkatkan ke Makassar pada 21 s.d. 22 April 2014 untuk mengikuti seleksi tingkat regional (tahap II). Untuk tingkat regional, mahasiswa Untad akan bersaing dengan mahasiswa dari provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Kendari, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo yang tergabung dalam kopertis wilayah IX. Pada tahap II akan dipilih 50 peserta terbaik yang akan mengikuti seleksi tingkat nasional (tahap III), kemudian di tahap III tersebut akan tersaring 25 peserta terbaik se-Indonesia. Pelaksanaan tahap III ini akan berlangsung di Jakarta pada 25 s.d. 29 Mei 2014.

Saat pembukaan seleksi ON MIPA-PT tahap I, Asmadi Weri, SH, MH selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan berharap bahwa semoga 28 peserta terbaik dari seleksi tahap I bisa dibimbing dengan baik sebelum mengikuti seleksi tahap II. “Selain bekal ilmu, peserta juga harus menyiapkan mental dalam berkompetisi karena akan berhadapan dengan mahasiswa dari kampus ternama lainnya,” Ujarnya. Asmadi juga berharap semoga tahun ini ada peserta yang lolos hingga ke tahap nasional. pnq

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s