Balesan Email dari Guru Kehidupan

Sebelumnya, saya kirim email ke salah satu guru kehidupan saya. Alhamdulillah dibales cepat oleh beliau. Berikut ini saya forward isi email yang saya kirim, juga balesan dari Mas Ulza. Oh iya, sebelumnya saya perkenalkan dulu sedikit profil mas Ulza ini. Beliau merupakan putra daerah jambi. Saat ini S2 di Rusia. Awalnya, skor toefl beliau hanya 390an, namun setelah belajar di kampung inggris pare, skornya meningkat drastis hingga di atas 600. Masya Allah, menakjubkan bukan? Dari kisah perjuangannya dalam menaklukan TOEFL di kampung inggris, menjadikan saya terpacu untuk segera menuntaskan skripsi, dan berharap bisa juga bersemedi di pare sekitar 4-6 bulan. In shaa Allah saya masih menabung nih. Mohon doanya sob, moga terwujud🙂🙂🙂

Ini kisah inspiratif mas ulza: http://motivasibeasiswa.org/2014/01/20/emaridial-ulza-kertas-lusuh-kakekku-membawaku-ke-russia/ Kerennnnnnnnn sangat. Bikin merinding + + mewek. Hehe🙂🙂
Membaca kisah hidup mas Ulza, mengajarkan saya untuk tetap mempertahan mimpi, mengajarkan saya bahwa siapa yang sungguh-sungguh pasti berhasil. Lagi-lagi semangat man jadda wajada nih🙂 Membaca kisah beliau, tiada henti-hentinya saya meneteskan bulir-bulir bening yang keluar dari ujung mata saya😥😥 hiks hiks deh. Usai membaca kisahnya, pikir saya, “Jika mas Ulza bisa, saya juga pasti bisa” I will try, I will try, I will try. Bukan puji namanya, kalau cepat menyerah dan tidak mencoba. Gini nih tipe-tipe orang ambisius. Ada bagusnya, dan kadang ada yang anggap gak bagus. So, it  depended your think, bagus atau tidaknya :-p

Well, berikut ini isi email yang saya kirim ke Mas Ulza:

Assalamu’alaikum wr. wb.

Mas Ulza, saya Puji, mahasiswi tingkat akhir Universitas Tadulako, Palu (Sulteng). Sebelumnya saya sudah membaca tulisan mas di motivasibeasiswa.org, kunjungi blognya mas, dan juga nonton video yang di JekTV, semuanya sangat menginspirasi🙂

Sebenarnya sudah lama saya ingin bertanya, tapi belum ada kesempatan. Nah sekarang baru bisa ng-emailin mas Ulza.

Mas, saat ini saya terkendala di TOEFL, kalo tes TOEFL ITP, skor saya berkisar 420-450 saja. Terkadang saya berpikir, saya tidak mungkin bisa mendapat skor di atas 550. Sangat mustahil sepertinya. Nah, ketika saya membaca tulisan mas yang bisa mendapatkan skor setara 600an, itu sangat luar biasa. Hingga membulatkan tekad saya untuk ke pare juga kalo sudah sarjana (insya Allah sarjana Juni 2014). Ketika membaca tulisannya mas, semangat saya kembali membuncah. Pikir saya,
kalau mas Ulza bisa, saya yakin pasti bisa juga.

Mas Ulza, melalui email ini, ada beberapa hal yang ingin saya tanya kan.

1) Sy juga sudah membaca tulisan mas yg tentang kampung inggris, boleh kah di-share lembaga-lembaga kursus apa saja yang bagus untuk belajar TOEFL/IELTS? Saya berencana menghabiskan di Pare sekitar 4-5 bulan, dengan budget yang sangat hemat. Kalo dari Palu, saya boros diongkos transportasi sepertinya🙂
2) Metode belajar mas Ulza waktu di pare gimana? Adakah trik2 khusus dalam belajar toefl?
3) Waktu mas Ulza di Pare selama 5 bulan, program2 apa saja yang mas ambil? dan dimana saja?

Ok mas, itu yang saya tanyakan. Maaf jika kebanyakan. Mhn dibales ya mas, jika ada waktu luang.

Sekian dan terima kasih.
Wassalam.

Kemudian, selang beberapa jam. Hmm berkisar 7 jam sepertinya. Mas Ulza membalas email saya. Wah girang sekali saya. Saya pun membaca penuh seksama isi emailnya yang begitu panjang. Isinya selain menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan sebelumnya, ternyata ia juga menyelipkan kalimat-kalimat motivasi. Wew paham betul yaaa. EMang saat ini semangat saya lagi naik-turun karena sibuk nyusun skripsi. Oughhh emang rada mumet sih -_-
Berikut ini isi email mas Ulza:

walaikum salam. wr.wb..
Salam kenal Puji. senang sekali bisa berkenalan dengan puji, dan semangat yang luar biasa. dan terima kasih juga sudah menyempatkan membaca kisah sederhana saya, Video, dan juga blog saya.. semoga bermanfaat..
yang namanya semangat kadang memang butuh energi lainnya, kadang  ada di fase level semangat paling bawah, dan kadang bergejolak, tergantung dari mana kita membangkitkan, mengisi energi tersebut, saya sangat bangga dan senang puji sukses mempertahankan tekadnya untuk meraih mimpi-mimpi berikutnya. karena memang fase mempertahankan itu memang fase yang sangat luar biasa, semua orang bisa bermimpi, berharap,ingin itu,  namun mereka menyerah karena ada halangan-halangan yang mereka hadapi,  nah mbak Puji sukses dengan fase itu, dan harus dipertahankan sampai halangan-halangan itulah yang menyerah dengan semangat, keinginan, mimpi yang kita punya. yang membuat kita sampai pada fase meraih mimpi dan mencoret mimpi tersebut.
Dengan pesan ini saya menebak mbak puji mempunyai skor Toefl yang fantastis (dalam hal pertama) bisa memperoleh skor 450, itu sudah bisa digunakan untuk melamar beasiswa pertukaran pelajar dari Kementrian Pemuda dan Olah raga,🙂. dan juga beberapa universitas-universitas di Korea selatan, dll. dasaranya mbak puji sudah ada, dan gampang untuk melanjutkan , sangat berbeda dengan saya yang memulai dari awal ,hehe (bahasa Inggris mata pelajaran/mata kuliah yang sangat tidak saya sukai). Saya yakin sekali jika mbak puji sudah menemukan cara yang tepat , maka halangan tersebut tentang Toefl teratasi dengan mudah. dan saya yakin akan jauh lebih baik dari saya.🙂
Terkait dengan pertanyaanya, saya coba untuk menjawab..:
1.Di pare saya sebenarnya sekitar  6 bulan (satu bulan libur penuh, terkait ramadhan) jadi satu bulan  mendekati akhir dipare saya belajar sendiri.Hampir semua kursusan yang terbaik dipare saya jelajahi, pertama Marvelous (sudah saya bahas di Blog). berikutnya, bulan 3, saya mengaambil kursusan full Kecuali minggu , minggu khusus untuk istirahat, saya kursus dari pagi jam 06 :30 WIB- 21:00 WIB. adapun kursusan yang saya ambil :
– Mr.BOB . di Mr. Bob ini saya melancarkan speaking saya kembali dan juga kemampuan berbicara didepan umum.  dan juga mengikuti program Grammarnya jam 14:00 WIB. saya lupa biayanya, kalau tidak salah 120 000/2 minggu
-Kresna,saya mengambil program Grammar 1 bulan, sebenarnya saya mengambil program Grammar FUll 2 bulan di Kresna ( (anak-anak tamatan Kresna yang belajar Grammar 2 Bulan biasa  akan menjadi teacher diberbagai kursusan  di pare, Grammarnya matang banget). perlu di Ingat.  Kresna termasuk kursusan murah saya hanya bayar 50000 /bulan, Kresna ini adik kakak dengan lembaga kursusan lainnya yang terbaik grammar di pare, SMart, Elfast,Oxford, itu adalah lembaga kursusan Grammar di pare tiada duanya,
-Peace, saya belajar pada jam 13:00 WiB, disini saya mengambil speaking juga, level 5  kelasnya penuh dengan bahasa Inggris tanpa bahasa Indonesia di Kelas. Kelas ini banyak debatnya.
-berikutnya Global english,  saya mengambil kelas Toefl pada Jam 17:00 wib , trik mengisi Jawaban.
, dan waktu lainnya adalah, jadwal Kursusan di Asrama saya Zeal, asrama/camp zeal selama sya tinggal di pare adalah yang terbaik dari semuanya. zeal adalah satu-satunya yang menerapkan bahasa inggris Full di di camp, beda dengan asrama lain yang hanya embel-embelnya saja,. bahkan jika ketahuan menggunakan bahasa lainnya selain bahasa Inggris  3 kali ,kita akan di Do dari asrama terssebut.,, pengecualian telepon -teleponan.
bulan 4, masih dengan program yang sama dengan kursusan di Elfast, smart,, 
 beriktunya saya memberanikan masuk TEST( lembaga kursusan paling mahal di pare dan murah jika dibandingkan denganlembaga kursusan diluar pare ) di test mereka berani menjamin skor toefl akan meningkat, dan tercapai sesuai target,merekea menggransi program mreka, dengan uang kembali jika gagal. saya membayar kalau tidak salah 2  juta/2 bulan.
 namun saya di  bulan ini sudah sibuk-sibuknya dengan kegiatan beasiswa,  saya  hanya belajar lebih kurang 2 minggu di test dan memutuskan keluar, dan BELAJAR SENDIRI.  mengingat saya harus bolak balik kejakarta  (2 minggu saya sekali wajib kejakarta),karena saya dipercaya sebagai salah satu asisten anggota DPR RI , dan juga persiapan bahan beasiswa yang begitu banyak, mulai dari translate ijazah,pasport, dll, 
jadi Intinya, khusus TOEFl saya kebanyak belajar sendiri melalui buku Toefl yang saya beli di pare, saya praktekkan sendiri, namun tidak saya pungkiri trik writing saya sedikit banyak saya peroleh dari Test..
Kesimpulannya :
Saya menyarankan mbak puji  pertama masuk di Kresna aja dulu, (karena mbak puji sudah ada dasar), ambil program yang satu bulan dulu, dan nantinya saya yakin setelah berada di pare, mbak puji sudah bisa memilih dan tahu lembaga kursusan yang sesuai dengan visi dan misinya,,🙂
sebenarnya tulisan ini akan saya jabarkan di blog, namun karena mbak puji bertanya dengan penuh semangat, maka saya juga harus bersamangat..
akhir kata,, semoga berkah,, semoga Mimpi itu bisa segera tercapai, dan saya Tunggu di Eropa..🙂
salam bangga saya,,
Kesimpulan akhir saya:
Segera tuntaskan skripsi, lalu  tinggalkan Palu, dan menuju kampung inggris Pare🙂
Bersambung….

2 thoughts on “Balesan Email dari Guru Kehidupan

    • Hi salam kenal juga mbak🙂
      Hehe sengajaku gak publish lagi cz menuai kontroversi :-p Tulisan itu juga cuma kopas dari blog org, bkn tulisanku sndiri. Jadi masih ragu mau dilanjutin publishnya.
      Btw knpa berita tentang kode babi/es magnum itu sekarang jadi booming lagi? padahal berita itu udah setahun yang lalu boomingnya. Loh kok tiba2 jadi booming? tau gak mba knp? itu kemarin yg komen tulisan yg q publish kemarin smpe 40an orang. Ada yg sepakat dan setuju dgn tulisan itu. Q juga belum tahu perkembangan terbaru atau yg benarnya tentang kasus itu. Jadinya yaaa terpaksa di unpublish tulisannya. Gituuuu mbak😀

Mari berceloteh :)

