Kuliah Umum Pendidikan Matematika, Prof. Widodo Anjurkan Mahasiswa Untad Harus Lebih Berkompetensi

Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad) sukses menyelenggarakan kuliah umum, Jum’at (25/4) di Auditorium Untad. Kegiatan yang diketuai oleh Dosen Pendidikan Matematika, Drs. Gandung Sugita, M.Si ini diikuti peserta sebanyak 430 orang yang berasal dari kalangan mahasiswa, guru, dan dosen.

Materi kuliah umum disampaikan secara langsung oleh Prof. Dr. rer. nat. Widodo, MS selaku ketua Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bidang Matematika (PPPPTK). Dosen yang tengah aktif mengajar di jurusan matematika Universitas Gajah Mada ini dengan penuh semangat menyampaikan materi yang berjudul “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013”.

Dalam pemaparan materi yang disampaikan Prof. Widodo, ia menjelaskan bahwa ke depannya calon pendidik dan pendidik matematika harus lebih berkompetensi. “Sesuai pasal 11, pendidik matematika diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya sehingga menjadi pendidik matematika yang profesional. Sedini mungkin mahasiswa Untad yang merupakan calon pendidik diharapkan dapat melaksanakan pengembangan diri, publikasi dan inovasi,” Jelas Prof. Widodo. Menurutnya lagi, ada 4 pengembangan diri yang harus dikembangkan secara terus-menerus yaitu kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. “Diperkirakan tahun 2016 nanti untuk menjadi seorang guru tidak perlu memegang ijazah sarjana pendidikan. Ini berarti akan terbuka lebar peluang bagi sarjana non kependidikan untuk menjadi guru. Hal itu berarti semakin kompetitif bagi seseorang untuk menajdi guru,” tambahnya. Olehnya itu, prof. Widodo selalu menganjurkan kepada peserta agar senantiasa mengembangkan keterampilannya dalam mengajar matematika.

Prof.Widodo menganjurkan pula agar guru lebih kreatif dalam membuat soal matematika. “Hendaknya guru membuat soal yang mana soal tersebut dapat dikerjakan oleh siswa dengan berbagai cara sehingga siswa bisa dapat berpikir lebih kritis,” ungkapnya. Selama ini siswa Indonesia dihadapkan dengan soal matematika yang sederhana sehingga ketika mereka dihadapkan pada soal-soal yang lebih kompleks mereka kalah bersaing dengan siswa dari negara lain, misalnya pada ajang PISA, dan TIMS. Olehnya itu, mulai saat ini guru matematika harus menerapkan kurikulum 2013 agar siswa lebih aktif dan kreatif lagi. “Saat ini, ada beberapa buku pelajaran berstandar kurikulum 2013 yang telah dibuat oleh DIKTI,” tambahnya.

Selanjutnya, ada beberapa pesan penting yang disampaikan oleh Prof.Widodo saat pemaran materi kuliah umum. Pertama, untuk menjadi guru matematika profesional itu butuh proses. “Jangan instan. Cintai prosesnya,” ungkapnya. Kedua, ketika seseorang memutuskan untuk menjadi seorang guru, hendaknya ia totalitas menjadi guru yang jujur dan baik. “Pilih jadi guru yang baik, atau tidak usah menjadi guru. Jangan setengah-setengah!” Katanya. Ketiga, Hendaknya senantiasa mengajarkan pendidikan karakter secara ikhlas.

Saat kuliah umum, Prof.Widodo juga mengajarkan kepada peserta bagaimana cara menerapkan kurikulum 2013 pada pelajaran matematika. Dosen yang pernah mengenyam pendidikan di luar negeri ini juga sempat memutarkan sebuah video menarik yang berkonten cara memberikan pemahaman kepada siswa tentang konsep barisan dan deret.

Sebelumnya, kuliah umum dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaaan FKIP Untad, Drs. Jamaludin,M.Si. Kegiatan yang dimulai pukul 13.30 WITA ini pun berakhir pada pukul 16.30 WITA. Penutupan kegiatan ditandai dengan sesi penyerahan cendra mata dari ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr. Dasa Ismaimuza. M.Si kepada pemateri kuliah umum. Pnq

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s