Peringatan Isra Mi’raj 1435H, FOSMA Untad Ajak Mahasiswa Renungi Nilai-nilai dalam Shalat

Forum silaturrahim mahasiswa (FOSMA) Universitas Tadulako mengadakan peringatan isra mi’raj 1435 Hijriyah, Jum’at (6/6). Peringatan hari besar islam ini diikuti oleh mahasiswa penerima bidikmisi Untad. Kegiatan secara resmi dibuka oleh Rosmawati, S.Sos., M.Si selaku Pembina FOSMA yang juga merupakan dosen FISIP Untad. Tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu “dengan kegiatan isra mi’raj kita wujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam shalat”.

Peringatan Isra Mi’raj berlangsung secara khidmat di Aula Asrama Ipmil Raya Tondo. Terlebih ketika Ustadz Ardan menyampaikan ceramah tentang pentingnya peringatan Isra Mi’raj dan nilai-nilai yang terkandung dalam shalat. Kala itu semua peserta mendengarkan dengan cermat isi ceramah yang berdurasi sekitar sejam tersebut.

Pertama-tama Ustadz Ardan menjelaskan perbedaan antara peringatan dan perayaan. Menurutnya, istilah peringatan tidak sama dengan perayaan. Definisi perayaan lebih ke arah seremonial dan cenderung bersifat hura-hura, sedangkan peringatan artinya lebih pada perenungan dan pembelajaran. Jadi, lebih tepatnya menggunakan istilah peringatan isra mi’raj.

Selanjutnya penceramah memaparkan kisah perjalanan rasul, Muhammad SAW ketika bernegosiasi pada Allah SWT dalam hal jumlah rakaat shalat lima waktu. Kisah yang mungkin banyak orang tak mempercayainya, namun bagi seorang muslim yang beriman kepada Allah SWT maka kita wajib meyakini hal itu.

Lanjutnya, kisah isra mi’raj mengajarkan kepada umat muslim untuk bersyukur dan rajin dalam menunaikan shalat lima waktu. Umat muslim harus bersyukur, karena adanya keringanan pada jumlah rakaat shalat yaitu menjadi 17 rakaat per harinya.

Menurut ketua FOSMA, Idris Ibnu Abdillah, tujuan dilaksanakannya peringatan isra mi’raj yaitu selain untuk memperingati hari besar islam juga untuk mempererat silaturrahim antar sesama mahasiswa bidikmisi jebolan training ESQ. “Jadi, organisasi FOSMA ini cetusan dari para alumni kegiatan training ESQ yang mana training tersebut pernah dilaksanakan beberapa bulan lalu,” ucap mahasiswa fakultas hukum angkatan 2011 itu. Pnq

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s