Menangkan PHBD Rp50 Juta Lewat Pengembangan Rumah Pangan Lestari

Tahun ini mahasiswa Untad memenangkan Program Hibah Bina Desa (PHBD) senilai 50 juta rupiah. Dana tersebut dihibahkan oleh DIKTI untuk menjalankan program PHBD yang diusulkan. Setelah ditetapkan oleh DIKTI sebagai pemenang PHBD, selanjutnya pada Kamis (3/7) Ketua Tim PHBD asal Untad, Ahmad Hamdani Hamzah berkesempatan mempresentasikan programnya di Hotel Grand Imawan, Makassar. Saat itu Ahmad bersama 21 ketua tim PHBD lainnya yang tergabung dalam kelompok wilayah IV hadir memenuhi memenuhi undangan DIKTI.

 Judul program PHBD asal untad yang diusulkan yakni Pendampingan Masyarakat dalam Pengembangan Rumah Pangan Lestari untuk Menjamin Ketersediaan Pangan dan Meningkatkan Ketahanan Ekonomi bagi Masyarakat. Program ini diusulkan oleh satu tim kelompok yang beranggotakan 5 orang. Mereka adalah Ahmad Hamdani Hamzah, Edi Kurnianto, Rahmawati Rahman, Muliati, dan Dwi Eli Wulandari. Saat ini mereka tercatat sebagai mahasiswa Untad di jurusan Pertanian, dan sebahagian yang lain di jurusan kehutanan.

 Menurut Ahmad, Tim PHBD asal Untad akan melakukan pendampingan dalam pengembangan rumah pangan lestari (RPL) pada masyarakat Desa Bulo Pounta Jaya Kecamatan Sigi Biromaru. “Alasan kami memilih mereka sebagai masyarakat sasaran karena mereka masih kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan teknologi bidang pertanian, sedangkan potensi SDA daerah tersebut sangat banyak,” tutur Ahmad. “Rumah Pangan Lestari yang kami maksud adalah pemanfataan pekarangan rumah yang ramah lingkungan dan dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan. Jadi pekarangan tak sekedar dimanfaatkan sebagai tempat untuk menanam bunga, tapi juga untuk menanam berbagai sayuran juga,” tambahnya. Teknologi yang akan diterapkan yaitu pengembangan biopestisida dan pengembangan pupuk organik yang digunakan untuk penanaman dan pemeliharaan tanaman.

 Program yang dibimbing langsung oleh Ir. Hj. Sri Anjar Lasmini, M.P ini rencananya akan berlangsung selama 5 bulan ke depan. Ahmad sangat berharap agar tujuan dari program ini dapat tercapai. “Saya berharap dengan dilaksanakannya program ini, ketahanan pangan dan gizi masyarakat Desa Bulo Pounta Jaya dapat meningkat,” harapnya. Pnq

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s