Untad Beri Keterampilan Usaha Pada Mahasiswa

Universitas Tadulako (Untad) menyelenggarakan kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa di Gedung Islamic Center Untad. Kegiatan berlangsung selama 7 hari mulai Selasa (1/7) sampai Senin (7/7). Kegiatan diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir dari berbagai fakultas di Untad.

Manfaat dilaksanakan pelatihan kewirausahaan yaitu sebagai bekal keterampilan bagi mahasiswa baik semasa kuliah maupun ketika lulus nanti. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Asmadi Weri, SH., MH ketika pembukaan kegiatan. Menurut Asmadi bahwa seorang sarjana jangan berpikir harus menjadi seorang pegawai negeri tetapi harus berani menjadi seorang pengusaha. “Banyak pengusaha di Palu yang memulai usahanya sejak semasa kuliah, dan sekarang telah meraih kesuksesan,” tutur Asmadi.

Pelatihan kewirausahaan menghadirkan dua pelatih (trainer) yang merupakan pengusaha sukses kota Palu. Mereka adalah Ir. Made (pengusaha souvenir kayu hitam), dan Henny (pengusaha rangkai bunga).

Ketika pelatihan Made mengajarkan kepada peserta bagaimana membuat souvenir cantik yang hanya memakan waktu singkat. “Tidak sampai 2 menit, 1 gantungan kunci selesai dibuat,” tutur alumni fakultas Pertanian Untad itu. Menurut Made bahwa setiap mahasiswa bisa menjalani usaha souvenir kayu hitam karena tidak membutuhkan modal yang besar. Modal yang dibutuhkan bisa diminimalisir sebab sebagian besar bahan dasar yang digunakan hanya menggunakan barang bekas.

Tak berbeda jauh dengan Ir. Made, Henny seorang pengusaha rangkai bunga memulai usahanya dengan modal yang sangat minim juga. Awal mula Henny menekuni usahanya sejak ia memenangkan perlombaan dalam merangkai bunga semasa 13 tahun silam. Saat pelatihan, Henny mengajarkan peserta bagaimana merangkai bunga mulai dari model rangkaian yang sederhana hingga yang rumit.

Setelah dilatih berhari-hari selama kegiatan, akhirnya peserta dapat membuat berbagai kreasi souvenir, seperti gantungan kunci, asbak, celengan, tempat pena/pensil, dan lain-lain. Begitu pula dengan pelatihan dalam merangkai bunga. Banyak peserta yang dapat menghasilkan berbagai model rangkaian bunga. Pnq

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s