TIPS MENDAPATKAN SKOR IELTS MIN. 6.5 dan TOEFL ITP > 550

Disclaimer: Trik ini hanya berhasil pada sebagian orang saja, jadi belum tentu COCOK untuk anda. Tapi semoga bisa jadi referensi 😀😀😀

Seperti yang sudah saya paparkan sebelumnya bahwa kesalahan terbesar saya adalah saya terlalu lama muter-muter belajar English for beginner, dan English conversation saja. Itu kesalahan besar! 😂😂😂
Rasanya saya ingin kembali ke semester 1 studi S1 dan sedikit demi sedikit menyicil academic English atau advanced level in English.

Oke kembali ke topik awal kita, gimana sih mendapatkan skor IELTS dan TOEFL ITP yang tinggi?😎

Well, mungkin teman-teman berpikir harus kursus supaya bisa jago di situ.Iya emang betul, tapi kalo gak punya cukup modal (baca: duit) gimana? Apalagi kursus IELTS itu cukup mahal. 😰

Yang menjadi kendala para pemburu beasiswa adalah syarat TOEFL/IELTS. Pas ngeliat informasi beasiswa yang ada syarat TOEFL/IELTSnya mungkin langsung ciut, gak jadi daftar. Hehe…Padahal scholarship hunter sejati itu seharusnya tidak menjadi pecundang seperti itu. Harus TAKLUKAN! Hingga titik darah penghabisan! Hehe

Beberapa hari terakhir ini saya mendapat beberapa curcol dan keluhan dari teman2 yang sudah bertahun2 belajar TOEFL ITP, dan sudah kursus ini dan itu. Berharap skor toeflnya bisa mencapai 550. Akan tetapi mulai give up dan pupus harapan ketika mendapati hasil skornya hanya berkisar 420an.
Apa yang salah dari cara belajarnya? Apa ada yang salah dari otaknya? (*hehe yg terakhir kidding. Saya percaya sih, semua orang bisa, tapi berbeda2 durasi belajarnya).
Ada juga teman yang gak pernah sentuh sedikit pun buku Toefl dan IELTS, eh skor toeflnya bisa 600 dan IELTSnya 7… Wow banget kan. 😍 Nah, emang dasar bhs inggris itu penting.

Kata mentor bhs inggris saya di Pare, belajar bahasa itu layaknya belajar budaya, yakni gak bisa instan. Jadi emang butuh waktu yang lama. Kalo pun ada orang lain yang bisa ngedapetin skor bagus hanya belajar < 3 bulan, itu bisa saja otaknya secerdas Einstein. Hehe…
Tapi saya sendiri menyimpulkan bahwa mereka yg bisa mendapatkan skor yang bagus dalam waktu singkat itu karena mereka sudah punya PENGETAHUAN DASAR bhs inggris yg bagus. Entah itu mreka dapatkan dari bangku sekolah, kursus bertahun2, atau mungkin keseharian mereka yang suka nonton movie/baca novel bhs inggris/main games berbahasa inggris.
Di sini sekali lagi saya menekankan bahwa belajar bahasa inggris itu TIDAK SEINSTAN masak Indomie. Hehe. Emang kudu membutuhkan waktu yang cukup lama, dan juga butuh kesabaran super malaikat. Hehe

Well, ini ada beberapa tips jitu yang sudah berhasil diterapkan oleh orang banyak, dan rata-rata TOEFL mereka di atas 550, bahkan 600…dan bisa mendapatkan IELTS minimal 6.5. (Buat para English beginner durasi diterapkannya minimal 1 tahun)

1⃣One day one English article. Baca BBC News, CNN atau Guardian. Satu artikel aja perhari dan konsisten, insya Allah it works. Metodenya, baca aja, trus dicek di kamus setiap kata yang tidak dipahami artinya. Dicatet kata-kata tersebut. Kalo bahasanya terlalu tinggi, mungkin buat para beginner bisa mencoba baca Jakarta Post, karena itu bahasanya lebih mudah.

Oiya, kalau teman-teman saya yang mendapatkan skor toefl 600 rata-rata mereka suka baca English Novel sejak SD/SMP. Nah bisa juga tuh diterapin. Beli aja novel-novel bekas. Hehe

2⃣Nonton English Movie, Vlog, Lecture atau TED Talk di Youtube. Tapi lebih recommended TED Talk coz durasinya gak begitu panjang dan lebih ke level advanced. Lecture juga bagus, coz bisa disesuaikan dengan jurusan kita. Tapi lebih bagus lagi dengerin sesuatu yg preferable menurut kita. Beda2 loh yaa setiap orang, tapi saran sebaiknya lebih sering denger yg level advanced coz target kita kan ielts/toefl ibt. Hehe…

Metodenya, nonton tanpa subtitle, dan selanjutnya pake subtitle. Atau sebaliknya, pake subtitle dulu, setelah itu jangan pake subtitle. Saya lebih sering pakai metode yang pertama, tapi akhir-akhir ini pake yang kedua.
Dulu, sebelum menerapkan listening kayak gini, kemampuan listening saya Cuma berkisar 40% daya tangkapnya, nah sekarang Alhamdulillah sekitar >80% untuk ACADEMIC english.

3⃣Kalo mau belajar grammar, enaknya menulis 1 paragraf dulu, dan setelah itu sambil belajar grammar, kenapa begini dan begitu. Itu untuk IELTS, tapi kalo untuk TOEFL ITP, sebaiknya mempelajari buku Grammar Betty Azhar. Itu lengkap banget.

Oiya, untuk belajar nulis, bisa pakai website TESTBIG.COM atau ESSAYFORUM.COM. Di dua web itu banyak para master yang bisa ngoreksi tulisan-tulisan kita. Ada yang berbayar dan ada yang gratis.
Metodenya: Setelah kalian baca Artikel di BBC News, kalian buat kesimpulan dengan menggunakan kalimat sendiri dengan beberapa input advanced vocabularies di tulisan kalian. Atau setelah dengerin short story/TED Talk langsung buat kesimpulan melalui tulisan. Tulis aja semampu yang kita bisa. Setelah itu minta orang lain untuk jadi proof reader..

4⃣Nah gimana untuk ningkatin speaking? Selain gabung di English club, kalian bisa speak up sendiri di depan cermin atau langsung direkam selama 2 menit pakai HP. Metodenya, setelah dengerin TED Talk atau English short story, kalian tell to other friends, atau direkam selama 2 menit. Gunakan beberapa vocab baru yang didapat saat listening.

5⃣ Poin 1-4 sebaiknya dilakukan minimal selama 3 bulan berturut-turut tiap hari belajar minimal 2 jam, setelah itu lanjut belajar IELTS atau TOEFL.
Atau mungkin sekali mendayung, 2 atau 3 pulau terlampaui…
Saat belajar buku toefl/ielts, bisa selingi dengan metode itu biar gak boring.
Banyak kasus loh yang stres belajar IELTS karena belum punya dasar yang bagus dlm bahasa inggris, dan mreka2 ini malah langsung menyemplungkan diri belajar advanced english setara ielts/toel ibt. Nah, gimana tidak stress berat coba? Makanya sebagian besar saya SARANKAN ke teman2 saya untuk memperbaiki foundation in englishnya dulu sebelum mempelajari kitab2 ielts/toefl.
Setelah tau dasar, nah baru pelajari trik2 jitu utk tes ielts/toefl.

Saya pribadi sih sepakat dengan Pendiri Sekolah TOEFL, Mas Budi Waluyo, untuk menguasai bahasa inggris itu Kuncinya cuma ada 2:
1) Punya banyak vocabulary
2) Paham structure/grammar. Gak harus belajar dan hafal beragam rumus pakai buku grammar. Dengan membaca artikel/novel, dengan sendirinya ter-set di otak kita bagaimana struktur bahasa inggris yang baik dan benar.

Nah itu aja. Makanya harus dibiasakan point 1-4 sebelum mengetahui strategi/trik menaklukan toefl/ielts. 😀😀😀 karena biar bagaimana pun terkadang trik itu jauh lebih byk dipakai ketika tes ielts/toefl.

Semoga bermanfaat, temans 😀

#we_share_bcoz_we_care
#Motivahijaber
#SahabatBeasiswaPalu
#StudentFiisabilillah

Iklan

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s